Pengembangan Teknologi Pertanian Modern di Indonesia

  • Whatsapp
teknologi pertanian modern di indonesia

Teknologi pertanian modern di Indonesia adalah salah satu inovasi di bidang pertanian dengan tingkat lebih lanjut dari segala aspek, mulai dari mesin, pengendalian hama penyakit, kegiatan panen, hingga pasca panen. Berbeda dengan pertanian tradisional, cara perawatan dan budidaya dalam pertanian modern cenderung lebih praktis dan menggunakan teknologi yang canggih. 

Pertanian modern yang sedang berjalan ini memberikan dampak positif bagi sektor pertanian di Indonesia, loh! Pada dasarnya, pertanian modern di Indonesia ini didukung oleh beberapa faktor, seperti benih berkualitas, sumber daya manusia, teknologi canggih, dan hasil pertanian yang berkualitas. 

Tujuan Pertanian Modern di Indonesia

Pengembangan teknologi pertanian modern di Indonesia tentunya memiliki tujuan tersendiri. Pada intinya, segala kegiatan pembangunan atau perbaikan dilakukan demi masa depan dan kemajuan bangsa. Berikut ini adalah beberapa tujuan pertanian modern di Indonesia : 

1. Membawa Indonesia Menuju Keberhasilan Modernitas

Pertama, pertanian modern di Indonesia diterapkan dengan tujuan untuk membawa Indonesia menuju ke modernisasi. Bila hasil panen suatu negara semakin banyak, maka negara tersebut akan dianggap maju. Di Indonesia, penggunaan pestisida dan pupuk kimia menjadi salah satu bagian dari revolusi hijau, yakni sebuah proyek untuk mendukung hasil produksi pertanian dengan memanfaatkan teknologi modern bibit unggul. 

2. Mengoptimalkan Hasil Pertanian

Tak hanya membahas usaha penambahan spesies pertanian atau pemenuhan kebutuhan pangan, konsep pertanian modern juga mengarah pada cara mengoptimalkan usaha pertanian. Optimalisasi usaha tani ini bertujuan untuk menghasilkan spesies pertanian yang banyak dan juga berkualitas tinggi. Tujuan yang kedua ini lebih menaruh fokus pada kualitas dan kuantitas hasil panen.

3. Menggabungkan Semua Konsep Pertanian

Terakhir, teknologi pertanian modern juga bertujuan untuk menggabungkan segala konsep pertanian yang sudah ada. Diharapkan dengan adanya peningkatan teknologi, sektor pertanian akan berjalan lebih efisien dan efektif daripada sebelumnya. Saat ini, konsep pertanian yang digunakan adalah penggabungan dua konsep awal yang mulanya berjalan sendiri-sendiri. 

Contoh Pertanian Modern di Indonesia

Saat ini, ada banyak sekali teknologi pertanian modern yang terdapat di Indonesia. Banyak petani yang sudah berevolusi dan memanfaatkan berbagai teknologi canggih untuk memajukan sektor pertanian. Ingin tahu apa saja contoh pengembangan pertanian modern di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Hortikultura

Hortikultura adalah salah satu cabang ilmu agronomi yang dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Berbeda dengan agronomi, hortikultura lebih menaruh fokus pada budidaya tanaman bunga, tanaman buah, tanaman sayuran, tanaman herbal, atau taman. Hortikultura ini sebenarnya merupakan perpaduan dari ilmu, seni, ekonomi, dan teknologi. Semua produk hortikultura memiliki ciri khas perisabel atau mudah rusak. 

2. Hidroponik

Beberapa tahun belakangan ini, hidroponik mulai populer di Indonesia. Konsep dasar dari hidroponik ini awalnya hanya digunakan oleh para ilmuwan untuk melakukan penelitian terhadap tanaman dengan acuan air. Namun, saat ini pertanian hidroponik sudah tidak asing lagi dan dapat digunakan oleh semua orang. Budidaya tanaman hidroponik dilakukan dengan cara mengganti media tanam dari tanah menjadi air untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas sama atau lebih baik.

3. UAV Agriculture

Pada pertanian modern UAV (Unmaned Aerial Vehicle), ada dua peranan penting yang dilakukan, yaitu :

  • Inspeksi kesehatan tanaman : dapat dilakukan dengan menggunakan UAV secara otomatis dengan tambahan lensa kamera. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para petani modern dalam pengalokasian pupuk serta melakukan perencanaan yang lebih baik
  • Sprayer cairan pestisida dan herbisida : pengembangan UAV sprayer sangat diminati oleh berbagai perusahaan yang bergerak di sektor pertanian modern. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pertanian dan menggantikan tenaga manusia dalam melakukan perawatan tanaman atau pemupukan.

Nah, itulah beberapa tujuan dan contoh teknologi pertanian modern di Indonesia. Perkembangan teknologi yang pesat memang sangat memudahkan berbagai kegiatan di segala bidang kehidupan, termasuk dalam sektor pertanian. Dengan adanya berbagai teknologi canggih ini, pertanian Indonesia dapat semakin berkembang dan bertambah baik lagi.

Related posts