7 Peluang Pekerjaan Jurusan Multimedia, Anak Multimedia Wajib Baca!

  • Whatsapp

Jauh setelah muncul jurusan multimedia, banyak para orang tua yang masih berpikir panjang tentang peluang pekerjaan jurusan multimedia untuk masa depan. Sehingga, banyak pula yang memandang sebelah mata seorang yang menekuni jurusan ini. Stigma tersebut tentu sangat disayangkan, padahal seiring perkembangan teknologi justru multimedia lah yang paling berpengaruh.

Pekerjaan Jurusan Multimedia

Stigma tersebut muncul sebab pekerjaan multimedia tidak begitu nampak secara mata, berbeda dengan pekerjaan yang familiar seperti guru, dokter, polisi, dan sebagainya yang memang jelas terlihat di mana-mana. Bagi yang menekuni jurusan multimedia, jangan berkecil hati, sebab di sini akan dijabarkan 7 peluang pekerjaan jurusan multimedia yang wajib diketahui.

1. Illustrator

Dunia tanpa ilustrasi bagaikan sayur tanpa garam. Ya, hambar betul. Apalagi, minat seseorang terhadap gaya visual semakin menjadi-jadi, masyarakat lebih mengutamakan gambar dibandingkan tulisan. Nah, disinilah prospek unggul bagi yang menggeluti jurusan multimedia, menjadi seorang Illustrator. Illustrator merupakan seorang yang menyediakan gambar ilustrasi pada berbagai media, seperti buku, website, majalah, dll.

2. Animator

Pekerjaan jurusan multimedia yang tak kalah kerennya adalah menjadi animator. Mungkin pernah melihat semua film animasi yang bergerak di tv? Nah, jarang yang mengetahui bahwa dibalik gambar yang bergerak tersebut ada seorang animator yang bekerja keras di balik layar. Gaji seorang animator pun tak tanggung-tanggung, yang pastinya akan melebihi gaji UMR.

Seiring majunya teknologi, produk animasi pun mulai beragam, ada yang dua dimensi, tiga dimensi, bahkan lebih dari itu. Produk animasi pun akan gencar tayang di berbagai media seperti film, iklan TV, game, dan lainnya. Menjadi animator saat ini cukup menjanjikan, karena semakin hari industri kreatif sering bermunculan dan pastinya membutuhkan seorang animator di dalamnya.

3. Desainer

Tak banyak disadari, bahwa setiap bangun tidur sampai tidur kembali, seseorang akan berhadapan dengan produk-produk hasil desainer. Mulai dari desain produk, kemasan, iklan, fashion, sampai interior rumahan. Bahkan, alat yang dipakai untuk membaca tulisan ini pun hasil dari rancangan seorang desainer.

Menjadi seorang desainer tentu tak perlu lagi risau dengan masa depan, pasalnya sudah sangat jelas akan dibutuhkan baik di industri mana pun. Tak hanya dibutuhkan di berbagai industri, seorang desainer juga bisa membuka usaha sendiri, seperti biro jasa desain spanduk, kartu nama, dan lain sebagainya.

Sebagai biro desain, juga bisa bekerja sama dengan biro periklanan atau percetakan yang ada. Selain merintis usaha sendiri, tak ayal seorang desainer juga bisa mengikuti berbagai kontes yang ada, seperti sayembara pembuatan logo, dll. Dan tentunya akan mendapatkan uang yang sangat menggiurkan.

4. Fotografer

Menjadi seorang multimedia yang juga hobi memotret gambar merupakan perpaduan yang pas untuk menjadi seorang fotografer. Senang bisa mengekspresikan ide, senang bekerja, serta senang mendapatkan gaji. Tak jarang banyak yang menjadikan fotografer menjadi sebuah hobi pekerjaan.

Ada banyak pekerjaan buat yang memilih menjadi seorang fotografer, seperti dokumentasi pernikahan, pesta, jurnalistik, model, atau bahkan dokumentasi produk. Selain itu, saat ini fotografer juga bisa menjual karya-karyanya di berbagai media seperti shutterstock dan sebagainya. Masalah harga? Dijamin menggiurkan.

Seiring perkembangan teknologi profesi ini juga sangat mudah mendapatkan keuntungan. Bisa mempromosikan diri di media sosial, situs freelancer, atau bahkan membuka jasa fotografer sendiri dengan offline maupun online seperti membuat website. Sangat banyak yang membutuhkan tenaga fotografer saat ini, apalagi semua pekerjaan sudah menggunakan teknik visual.

5. Komikus

Sama halnya dengan illustrator, seorang yang bergelut di multimedia juga bisa menjadi seorang komikus. Apa itu komikus? Seseorang yang bertugas untuk membuat komik dengan berbagai kreativitas cerita yang kompleks, berbeda dengan seorang ilustrator yang hanya menggambarkan sebuah kejadian tertentu dan sebagai gambar pelengkap.

Saat ini dunia komik juga banyak dinikmati oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat banyaknya terbitan buku komik lokal maupun non lokal yang beredar di toko buku. Pangsa pasar menjadi seorang komikus tidak hanya di dalam negeri saja, bahkan seluruh penjuru dunia membutuhkan komikus untuk mewarnai industrinya.

6. Interactive Media Designer

Bekerja sebagai Interactive Media Designer memiliki tanggung jawab untuk membuat sebuah desain yang interaktif yang di dalamnya melibatkan sebuah teks, data, grafis, animasi, serta efek visual lainnya. Pekerjaan seorang interactive media designer sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website, game ataupun media pembelajaran online.

7. Film Maker

Pekerjaan jurusan multimedia selanjutnya yaitu menjadi filmmaker. Saat ini industri perfilman sudah sangat marak. Setiap bulan pasti akan ada film-film berkualitas yang bermunculan, dan hal itu pasti membutuhkan seorang filmmaker di dalamnya.

Dalam jurusan multimedia terdapat sebuah sub jurusan yang mengarah ke ranah perfilman. Disinilah para pelajar bisa mempelajari bagaimana cara mengatur kamera, jenis-jenis kamera yang baik apa saja, bagaimana cara mendapatkan angle yang baik, color grading yang memukau dan sebagainya. Bahkan, filmmaker juga bisa memproduksi filmnya sendiri untuk ditayangkan di Youtube channel sendiri.

Nah, begitulah 7 peluang pekerjaan jurusan multimedia yang cukup keren. Bagaimana? Masih ragu untuk masuk jurusan ini? jadi, jangan lagi anggap multimedia tidak punya karir, ya!

Related posts