Menghitung Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi Untuk Buka Usaha

  • Whatsapp

Memulai bisnis warkop atau warung kopi memang sangat menjanjikan pendapatan perbulannya. Sebab banyak sekali para pemuda yang menghabiskan waktunya di tempat-tempat tongkrongan seperti itu. Apalagi kalau dipasangkan juga internet gratis, maka akan lebih menarik minat orang untuk mendatanginya. Namun, apa saja rincian modal bisnis warung kopi free wifi? Berikut penjelasannya:

Modal Bisnis Warung Kopi Free Wifi

1. Biaya Menyewa Tempat Berdagang

Rincian modal bisnis warung kopi free wifi yang pertama adalah memilih lokasi. Sebaiknya carilah tempat strategis dan banyak pemukiman. Sebab, akan jauh lebih aman serta banyak lalu lalang orang-orang di jalanan tersebut. Untuk lokasinya sendiri tidaklah harus luas, cukup dengan ukuran 4 x 5 meter sudah bisa dijadikan tempat berjualan.

Ketika menyewa lokasi yang dekat dengan keramaian, maka harus merogoh kocek sedikit mahal. Biasanya akan dipatok harga sewa 8 juta/tahun. Namun, apabila mempunyai tempat tinggal di pinggiran jalan besar, maka bisa langsung menggunakannya tanpa harus menyewa ruko atau semacamnya. Hal tersebut justru lebih menghemat pengeluaran dan biaya transportasi lainnya.

2. Biaya Peralatan Dapur dan Stok Kopinya

Hal utama yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum membuka warung kopi adalah peralatan dapurnya. Misalnya saja harus menyiapkan kompor, gelas, sendok, piring kecil, teko tahan panas, termos dan semacamnya. Biasanya biaya pembelian peralatannya mencapai kurang lebih 3,5 jutaan.

Berikutnya harus siap sedia bahannya seperti kopi dalam berbagai jenis varian. Untuk lebih menarik minatnya lagi harus menyediakan pula makanan ringan lainnya, misalnya sedia mie goreng, kuah, jajan, roti dan semacamnya. Dengan demikian para pembeli bisa berlama-lama menikmati kopi sekaligus snacknya.

3. Biaya Penambahan Fasilitas Lainnya

Salah satu hal yang dicari kebanyakan orang adalah internet gratis. Oleh karena itu agar warung kopi bisa menarik perhatian mereka, maka harus disediakan fasilitas free wifi. Hal tersebut menjadikan para konsumen dapat menikmati kopi sekaligus menonton youtube atau browsing hal penting lainnya.

Memang penggunaan fasilitas internet gratis bisa menarik minat pelanggan, bahkan mereka akan berlama-lama di tempat tersebut. Setelah merasakan kenyamanan, maka kemungkinan besar konsumen datang kembali. Kemudian besarnya modal pemasangan fasilitasnya bisa mencapai kisaran 8 juta.

4. Biaya Gaji Pegawai

Ketika membuka warung kopi tentu saja tidak akan mampu bila dinyalakan hanya seorang diri. Sebab, pengunjung setiap harinya akan semakin banyak dan membutuhkan pelayanan cepat. Oleh karena itulah, perekrutan pegawai harus dilakukan, agar dapat mempermudah dalam pelayanannya.

Namun, dalam mencari pegawai haruslah melihat kompetensi mereka ketika berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya akan merekrut 1 karyawan, maka memberikan gaji sebanyak 1 juta sesuai kesepakatan awalnya.  Namun, dana penggajian tersebut akan bertambah seiring banyaknya jumlah pegawainya.

5. Biaya Melakukan Promosi

Pada zaman modern ini, mempromosikan dagangan tidak perlu susah-susah lagi. Kebanyak orang lebih aktif menjelajari di internet. Biasanya lebih mengikuti perkembangan medsos seperti whatsApp, facebook, instagram dan semacamnya. 

Berbagai media sosial online tersebut bisa menjadi sarana promosi warung kopi free wifi kepada masyarakat luas. Jadi, semakin banyak orang mengetahui, maka pengunjung akan mencoba tempat warung kopi tersebut. 

Bila merasakan kenyamanan, maka keesokan harinya pasti datang kembali. Hanya bermodalkan paketan seharga 40 ribu dapat digunakan mempromosikan dagangan ke seluruh media sosial online. Tanpa ribet hanya menggunakan smartphone saja.

6. Biaya Membeli Meja dan Kursi Pelanggan

Ketika ingin membuka warung, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah menyiapkan peralatan meja dan kursi. Sebab, para pelanggan akan berlama – lama menikmati kopi sambil mengobrol dengan teman – temannya atau sekedar ingin menggunakan wifi gratisan. Namun, pastikan kursi dan mejanya tersebut berkualitas baik dan nyaman saat di buat nongkrong.

Memang banyak sekali produsen mebel yang melayani pembuatan berbagai aneka model kursi dan juga meja. Harganya juga bervariasi tergantung dari kualitas dan model yang ditawarkan. Misalnya saja bahan dari multipleks 12 mm dengan panjang minimalis bisa mencapai harga sejutaan/set. Harga segitu sudah mendapatkan 1 meja panjang dan 2 kursi panjang.

7. Biaya Pembelian Lampu Hiasan

Membuka warung kopi tidak hanya mendesain eksterior dengan bagus dan keren. Namun juga pada bagian interiornya juga harus diperhatikan agar pelanggan menjadi nyaman dan minat untuk datang kembali. Salah satunya adalah dengan membeli berbagai ornamen seperti lampu hias yang kerlap kerlip.

Untuk dapat membeli lampu hias tersebut dapat dibeli di berbagai toko online melalui aplikasi olshop di HP. Harganya juga sangat terjangkau yakni berkisar 150 ribuan berbentuk jaring 3 x 2 meter. Ini sangat cocok sekali untuk dijadikan hiasan dinding di kedai kopi

Demikian tadi beberapa ulasan tentang beberapa rincian modal bisnis warung kopi free wifi. Dengan patokan seperti di atas tadi bisa bertambah ketika penggunaan fasilitas lebih modern. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan besaran dananya.

Related posts