Daftar Nama Mobil Listrik Di Indonesia Yang Bisa Dijumpai

  • Whatsapp
Mobil Listrik Di Indonesia

Belakangan pihak dari pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan dorongan agar pemakaian mobil tenaga listrik. Bahkan target yang digagas mengenai mobil listrik di Indonesia tersebut mencapai 20 persen dari total kendaraan di tahun 2025 mendatang.

Keseriusan yang dilakukan pemerintah dapat dilihat dari undang-undang yang telah dibentuk. Dimana undang-undang tersebut terletak pada Peraturan Presiden yang berada di nomor 55 tahun 2019 mengenai mobil listrik.

Intinya aturan tersebut membicarakan terkait target dari pemakaian mobil yang menggunakan bahan bakar listrik supaya dikembangkan hingga mencapai angka 2.200 unit di tahun 2025. Selain jenis mobil listrik terdapat kendaraan lain yaitu 711.000 unit hybrid serta sepeda motor sebanyak 2,1 juta. Berikut pembahasan tentang jajaran mobil listrik yang bisa dijumpai di Indonesia:

1. DFSK Glory E3

Jenis mobil listrik di Indonesia merupakan hasil perkenalan perusahaan bernama PT Sokonindo Automobile atau bisa juga disebut DFSK Motors. Adapun daya yang dimiliki sebesar 52,56 kWh menurut penuturan Ricky H.S, selaku salah satu Deputy di perusahaan tersebut. Tidak heran jika mobil ini diakui sebagai mobil yang tergolong hemat.

Berdasarkan kapasitas baterai yang diutarakan sebelumnya, Glory E3 mampu melakukan jarak tempuh sampai dengan 405 km. Ricky juga menambahkan apabila pembelian token listrik seharga 100 ribu rupiah bisa mendapatkan 66 kWh. Itu artinya dengan jumlah uang tersebut bisa digunakan untuk melakukan pengisian baterai hingga penuh.

2. Nissan Leaf

Mobil hasil dari pabrikan negara Jepang ini mempunyai kemungkinan untuk meluncurkan jenis mobil dalam harga terjangkau. Mobil listrik asal negeri matahari terbit tersebut jika di Indonesia dipasarkan oleh PT Nissan yang diketahui mempunyai sebuah komitmen.

Dimana Komitmen tersebut menyangkut keinginan menghadirkan sebuah kendaraan yang ramah terhadap lingkungan di Indonesia. Bahkan di tahun 2020 perusahaan terbit menghadirkan 2 jenis kendaraan sekaligus. Salah satunya berupa full elektrik yaitu Nissan Leaf.

3. Tesla Model 3

Jika sebelumnya hadir dari negara Jepang, sekarang mobil listrik di Indonesia juga menghadirkan dari pabrikan Amerika bernama Tesla. Sebenarnya mobil yang menggunakan tenaga listrik milik perusahaan Tesla tersedia dalam beberapa model. Akan tetapi jenis model 3 ini mempunyai harga yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan model Tesla lainnya.

Namun tidak perlu khawatir pengguna tetap bisa melakukan Pilihan karena mobil ini hadir di Indonesia dengan 3 macam varian. Pertama ada Standard Range Plus, kedua Kong Range dan yang terakhir ada performance. Ditambah dengan setiap varian hadir dengan pilihan warna yang cukup menarik.

4. Tesla Model S

Telah diketahui jika pabrikan dari Tesla memiliki beberapa model yang berjenis mobil listrik. Setelah sebelumnya model tiga, kini ada juga model S dan dipasarkan melalui perusahaan Prestige Motor. Tampilan yang cukup memukau tidak heran jika jenis mobil ini cocok bagi pengguna yang mencari tunggangan berkelas.

Untuk kapasitas baterai yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan sebesar 100 kWh. Dengan angka tersebut sehingga menghasilkan sebuah tenaga gabungan sebesar 680 dk serta torsi mencapai 1.073 Nm. Apabila baterai yang dimiliki dalam keadaan full, maka kemungkinan jarak yang mampu ditempuh sejauh 506 km.

5. Tesla Model X

Pilihan mobil listrik di Indonesia selanjutnya masih berasal dari perusahaan Tesla. Adapun perusahaan yang menjual mobil ini juga masih dari Prestige Motor. Tunggangan ini tergolong salah satu dari jenis SUV, dengan berbekal dua buah motor listrik serta dilengkapi baterai berkapasitas 72,4 kWh.

Membuat mobil jenis ini memiliki kemampuan tenaga sebesar 329 dk serta torsi 525 Nm. Adapun jarak tempuh yang mampu dilakukan ketika baterai dalam keadaan full adalah sejauh 355 km. Untuk pengisian daya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, yakni sekitar 40 menit dalam level fast. Akan tetapi jika pengisian secara normal sekitar 5 jam lebih 15 menit.

6. BMW i3S

Karakter lincah serta praktis digunakan cukup mencerminkan kendaraan yang satu ini. Hadir Dengan tampilan yang lumayan mungil sehingga tidak memakan banyak tempat. Untuk warga perkotaan semacam ibu kota yang sering macet, mobil listrik di Indonesia ini bisa dijadikan kendaraan yang cukup ideal.

Jika dilihat lewat spesifikasi yang ditawarkan, alat transportasi ini dilengkapi motor listrik beserta baterai berkapasitas 42,2 kWh. Untuk itu tenaga yang dihasilkan 184 dk dan torsi mencapai 270 Nm.

7. Hyundai Ioniq

Bentuk yang rancangan mobil listrik pabrikan Korea Selatan ini tergolong dalam jenis sedan. Keberadaannya di pasar Indonesia memang cukup termasuk baru. Namun dalam hal spesifikasi yang ditawarkan cukup terbilang baik. Yakni hadir dengan motor listrik dan dipadukan bersama baterai berdaya sebesar 38,3 kWh. Untuk tenaga yang dihasilkan sendiri 134 dk serta tidak lupa torsi 295 Nm.

Itu tadi sekilas pembahasan terkait daftar mobil listrik di Indonesia yang bisa dijumpai. Harga setiap produk kendaraan juga bervariasi. Ada yang berkisar ratusan juta hingga milyaran rupiah. Semua tergantung dari spesifikasi, pabrikan serta pendukung lainnya. Agaknya untuk segi harga mobil listrik terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil berbahan bakar minyak pada umumnya.

Related posts