Kenali Beberapa Manfaat Minyak Esensial Untuk Kesehatan Kulit 

  • Whatsapp
Minyak Esensial

Sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia banyak menghasilkan minyak esensial. Salah satunya adalah Tamanu oil yang terbuat dari tanaman tamanu. Salah satu produk minyak Tamanu terbaik adalah dari tamanu oil falabelle. Keunggulan produk minyak yang dihasilkannya tersebut memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengobati Jerawat 

Manfaat yang pertama dari minyak esensial yang terbuat dari tanaman tamanu ini, cukup efektif untuk Mengobati jerawat. Cara pemakaiannya pun cukup mudah yaitu dengan hanya mengoleskan jerawat dengan minyak tamanu. Jerawat pun akan hilang dengan seketika. 

Walaupun demikian, tidak semua jenis jerawat bisa diobati dengan minyak tersebut. Misalnya pada jerawat yang telah meradang dan bernanah. Kulit yang alergi terhadap kacang-kacangan pun sebaiknya untuk tidak menggunakan minyak tamanu ini. Pasalnya reaksi alergi kulit setiap orang berbeda-beda pada jenis zat tertentu. 

2. Memudarkan Bekas Luka Jerawat 

Bekas jerawat kerap mengganggu, seperti meninggalkan bekas noda hitam di wajah. Hal tersebut tentunya akan sangat merusak penampilan. Jangan khawatir, cukup dengan mengoleskan minyak tamanu pada wajah, maka bekas jerawat pun bisa pudar hanya dalam hitungan minggu. Termasuk diantaranya, bekas jerawat yang meninggalkan bekas parut di wajah. 

Walaupun cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu namun beberapa orang mengalami reaksi yang berbeda-beda terhadap kandungan minyak tamanu tersebut. Sebagian orang ada yang merasakan gatal-gatal setelah diolesi minyak tamanu tersebut. Bisa saja hal tersebut dikarenakan reaksi alergi kulit pada minyak tamanu. 

3. Mengobati Eksim

Manfaat lainnya dari minyak esensial yang terbuat dari tanaman tamanu ini, cukup efektif untuk mengobati gangguan kulit seperti eksim. Khususnya untuk penderita eksim kering. Eksim pun bisa lekas memudar jika dioleskan minyak tamanu ini. Namun untuk waktu penyembuhannya tergantung pada tingkat keparahan eksim tersebut, serta reaksi kulit seseorang yang berbeda-beda. 

Eksim terdiri dari dua jenis, yaitu jenis eksim basah dan jenis eksim kering. Sangat disarankan apabila menggunakan minyak tamanu ini, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis eksim yang diderita. Pasalnya, minyak tamanu tidak efektif bila digunakan untuk mengobati jenis eksim basah. Dengan demikian, sebaiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

4. Memudarkan Bekas Luka Lama 

Kulit terkadang terdapat bekas luka lama, seperti bekas luka karena knalpot, bekas luka karena terjatuh, yang membuatnya meninggalkan bekas luka menahun. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu karena bekas luka lama cukup sulit untuk dihilangkan. Namun tidak dengan mengolesi minyak tamanu pada bekas luka lama tersebut, bekas luka akan berangsur memudar hanya dalam hitungan minggu. 

Minyak tamanu dapat meregenerasi sel kulit dengan cepat. Dengan demikian, kulit bekas luka tersebut bisa pudar dengan sendirinya. Termasuk diantaranya, bekas stretch marks, setelah melahirkan dapat dihilangkan dengan minyak tamanu ini. Hanya dengan mengoleskan saja pada bagian bekas luka tersebut. 

5. Melembabkan Kulit 

Manfaat lainnya dari minyak esensial yang terbuat dari tanaman tamanu ini dapat Melembabkan Kulit yang kering. Sebagaimana kita ketahui, kulit terdiri dari 3 jenis, yaitu kulit berminyak, kulit kering dan kulit normal. Kulit yang cenderung kering kerap dehidrasi karena kurangnya cairan yang terdapat pada kulit tersebut. Namun jika diolesi minyak tamanu ini, kadar cairan dalam kulit bisa lebih seimbang. 

Baca juga: Tips Memilih Cream Pemutih Wajah yang Aman Bagi Kulit Berjerawat dan Berminyak

6. Mencegah Kerutan 

Kerutan merupakan salah satu proses penuaan yang alami terjadi pada setiap orang. Walaupun demikian, kerutan akan sangat mengganggu penampilan. Khususnya untuk para wanita. Namun jangan khawatir, kerutan pun bisa dicegah dengan mengoleskan minyak tamanu ini pada wajah setiap hari. Dengan demikian, wajah pun bisa awet muda. 

Itulah beberapa manfaat minyak esensial yang terbuat dari tanaman tamanu yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Walaupun terdapat banyak manfaat lainnya, seperti untuk rambut, kuku, dan juga mata. Namun di Indonesia sendiri banyak yang menggunakannya untuk kesehatan kulit, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Related posts