Mengintip Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian

  • Whatsapp

Salah satu hal yang banyak membuat siswa SMA kelas 3 bingung yaitu saat dihadapkan harus menentukan jurusan kuliah.

Ada memang yang sejak awal masuk sekolah sudah memiliki perguruan tinggi dan jurusan dambaan nya, namun tidak sedikit juga diantara para siswa yang masih merasa kebingungan. 

Read More

Nah pada kesempatan ini akan dikupas secara tuntas tentang salah satu jurusan kuliah yakni Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri).

Jurusan yang satu ini mungkin belum begitu familiar di antara siswa SMA. Oleh karena itu mengintip profil hingga prospek kerja dari jurusan ini adalah langkah awal yang tepat untuk bisa berkenalan lebih jauh.

Silahkan disimak sampai selesai, siapa tahu jurusan inilah yang ternyata selama ini dicari-cari.

Apa Itu Jurusan Teknologi Industri Pertanian?

Sebagian orang pasti bertanya-tanya terkait jurusan yang satu ini. Maklum saja, jurusan ini tidak sepopuler jurusan kedokteran, hukum, Teknik, atau pun jurusan yang lainnya.

Nah bagi yang masih belum tahu, jurusan Teknologi Industri Pertanian atau Agroindustri merupakan salah satu jurusan yang berfokus pada pengembangan produk hasil pertanian.

Walaupun ada kata-kata ‘pertanian’ nya, namun di jurusan ini tidak akan dipelajari bagaimana cara bercocok tanam, cara mencangkul, dan lain sebagainya.

Jurusan yang satu ini lebih diarahkan untuk memberikan nilai lebih pada hasil pertanian agar lebih bermutu dan berkualitas tinggi.

Hal ini bertujuan agar hasil panen tidak dijual dalam bentuk mentahan nya saja, melainkan sudah diolah sedemikian rupa sehingga harga nya juga menjadi lebih tinggi.

Dengan pemanfaatan teknologi yang sudah semakin canggih, hasil-hasil pertanian yang didapatkan sebisa mungkin harus berdaya jual tinggi agar bisa masuk dunia Industri.

Bagaimana caranya? Nah itu akan dipelajari oleh mahasiswa-mahasiswa yang masuk di jurusan yang satu ini. Intinya jurusan yang satu ini lebih menitik beratkan pada pada proses pasca panen dari suatu pertanian.

Apa Latar Belakang Berdirinya Jurusan Agroteknologi Ini?

Berikut ini latar belakang berdirinya jurusan ini yang penting diketahui agar bisa memperkuat pendirian jika memang menginginkan untuk masuk ke jurusan Agroindustri.

1. Indonesia Merupakan Negara yang Kaya Sumber Daya Alam, Termasuk Hasil Pertanian

Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Salah satu yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia juga yaitu pertanian.

Berbagai produk pertanian sangat melimpah tumbuh di Indonesia. Bahkan walaupun tidak mengimpor sayuran dan buah-buahan, rasanya Indonesia masih sanggup untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

2. Kesejahteraan Petani Tidak Sebanding Dengan Hasil panen yang Didapatkan

Melimpahnya hasil pertanian nampaknya masih belum berbanding lurus dengan kesejahteraan yang dimiliki para petani. Hal ini dibuktikan bahwa masih banyak para petani yang berada di bawah garis kemiskinan.

Padahal kalau mau dilihat lebih jauh produk pertanian ini adalah kebutuhan primer yang pasti dibutuhkan setiap saatnya, tapi kenapa para petani sampai saat ini masih belum banyak yang sejahtera?

3. Dibutuhkan Orang-orang yang Mampu Membuat Produk Pertanian Menjadi Berdaya Jual Tinggi

Salah satu alasan rendahnya penghasilan petani adalah karena hasil panen nya masih dijual dalam bentuk mentah. Tidak banyak ide kreatif dan pengolahan yang membuatnya menjadi lebih bernilai tinggi.

Oleh karena itu, bagi siapa saja yang memiliki cita-cita untuk membantu para petani terlepas dari garis kemiskinan maka sangat cocok untuk masuk jurusan yang satu ini.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian?

Berbicara mengenai prospek lulusan nya, jurusan yang satu ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. Berikut adalah beberapa profesi yang bisa dipilih oleh para lulusan nya.

1. Pengusaha atau Entrepreneur

Para lulusan jurusan Agroteknologi memang lebih diarahkan untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur di bidang pertanian. Hal ini supaya kualitas dari hasil panen yang dihasilkan petani menjadi lebih tinggi sehingga daya jual nya pun meningkat.

2. Manajer Produksi Industri

Selain itu, bisa juga untuk menjadi manajer produksi industri bagi yang tertarik untuk terjun di dunia industri. Seorang lulusan Agro industri memiliki kesempatan yang besar untuk bisa menempati posisi yang satu ini.

3. Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan

Berbekal ilmu pertanian yang dipadukan dengan teknologi, maka para lulusan dari program studi yang satu ini pun sangat bisa untuk menjadi peneliti. Bahkan jika kurang tertarik menjadi peneliti bisa juga untuk menjadi seorang ahli teknologi pangan.

4. Ahli Teknik Pertanian

Lulus dari jurusan yang satu ini juga bisa membawa seseorang menjadi seorang ahli teknik pertanian. Hal ini dikarenakan selain dibekali ilmu teknik, para mahasiswa yang belajar di program studi ini akan diajari juga mengenai ilmu teknik.

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Dipelajari Jika Masuk Jurusan Ini?

Mengetahui mata kuliah apa saja yang akan dipelajari dalam di jurusan ini sangat penting sekali. Hal ini akan memberikan gambaran terkait ilmu apa saja yang akan didapatkan saat nantinya belajar di jurusan Agroindustri.

Nah berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan didapatkan saat memutuskan untuk menekuni jurusan yang satu ini.

  • Pengantar Agroindustri
  • Pengantar Bioteknologi
  • Analisis Bahan Hasil Pertanian
  • Biokimia
  • Ekonomi Teknik
  • Teknologi Pengolahan
  • Dan ilmu terkait lainnya

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kecil kecilan yang Cocok Di Masa Pandemi

Kampus Mana Saja yang Membuka Jurusan Teknologi Industri Pertanian?

Jika tertarik untuk masuk pada jurusan yang satu ini, maka ada beberapa kampus di Indonesia yang membuka jurusan Agroteknologi. Berikut ini adalah beberapa daftar kampus beserta dengan akreditasi yang dimilikinya.

  • Universitas Gadjah Mada (Akreditasi A)
  • Universitas Udayana (Akreditasi A)
  • Institut Pertanian Bogor (Akreditasi A)
  • Universitas Brawijaya (Akreditasi A)
  • Universitas Jember (Akreditasi A)

Itulah informasi seputar profil hingga prospek kerja dari lulusan Teknologi Industri Pertanian. Kalau memang jurusan ini adalah jurusan yang selama ini dicari-cari, segera persiapkan diri sebaik mungkin dari sekarang agar bisa masuk di kampus favorit yang menyediakan jurusan ini.

Related posts