Mengenal Jenis & Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia

  • Whatsapp

Pendidikan adalah salah satu cara untuk membuat sebuah negara menjadi maju. Oleh karena itu, setiap penduduk Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan baik dari negara maupun secara mandiri.

Sebelum menentukan jenis Pendidikan yang ingin diambil, maka ada baiknya mengetahui apa itu Pendidikan dan sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.

Read More

Mengapa setiap orang butuh Pendidikan setinggi mungkin? Karena dengan Pendidikan yang tinggi, maka ilmu yang didapatkan juga akan bertambah. Hal inilah yang dibutuhkan sebuah negara agar semakin maju dan bersaing di dunia internasional.

Namun, untuk mendapatkan Pendidikan yang tinggi, juga dibutuhkan biaya yang tinggi pula. Saat ini Pemerintah mengadakan program wajib sembilan tahun dimana anak-anak Indonesia dianjurkan sekolah sampai sekolah menengah pertama.

Selanjutnya, pemerintah menyediakan bantuan, namun tidak dibiayai full seperti sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Jenjang & Tujuan Pendidikan Nasional di Indonesia

Saat ini, Indonesia menganut sistem Pendidikan nasional, dimana sebagian besar sekolah di Indonesia juga menerapkan sistem tersebut.

Pendidikan nasional adalah sistem yang mengajarkan pelajaran berdasarkan Pancasila serta Undang-undang Negara Republic Indonesia 1945. Sehingga Pendidikan ini diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai agama dan kebudayaan kepada muridnya.

Pada sistem ini, jenjang Pendidikan dibagi menjadi tiga jenjang yaitu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Jenjang ini harus menyediakan program wajib belajar 9 tahun untuk mendukung hal tersebut.

Harapannya, dengan menempuh Pendidikan minimal 9 tahun, anak-anak menjadi lebih semangat dalam menempuh Pendidikan dan melanjutkan ke tahap lebih tinggi.

Dengan dilaksanakannya Pendidikan nasional di Indonesia, pemerintah berharap dapat mengembangkan potensi para peserta didiknya.

Selain menjadi manusia yang memiliki dasar agama, para murid diharapkan bisa menjadi sosok yang kreatif dan mandiri. Sehingga nantinya dapat membantu perkembangan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Jenis Pendidikan di Indonesia

Setiap orang berhak mendapatkan Pendidikan baik yang formal maupun non-formal. Namun, sebelumnya perlu diketahui jenis Pendidikan yang ada di Indonesia.

Saat ini, jalur pendidikan di Indonesia ada tiga macam yaitu jalur Pendidikan formal seperti sekolah, non-formal dan informal.

Pendidikan formal adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh swasta atau pemerintah yang berjenjang mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Sebagian besar tempat pendidikan formal di Indonesia menggunakan sistem pendidikan nasional sebagai dasar kegiatan mengajar.

Untuk mengikuti pendidikan formal, dibutuhkan beberapa persyaratan seperti telah memenuhi jenjang sebelumnya serta harus memenuhi usia tertentu.

Pada umumnya, materi pembelajaran dalam pendidikan formal bersifat akademis. Sehingga akan ada ujian formal untuk menentukan kelulusan seperti ujian akhir atau UNAS.

Jadi, jika tidak lolos jenjang tertentu, murid harus mengulangi jenjang tersebut Kembali untuk melanjutkan pendidikan formal.

Selanjutnya adalah pendidikan non-formal yaitu berstruktur dan berjenjang. Biasanya pendidikan ini digunakan untuk mendukung pendidikan formal.

Namun, pendidikan-formal lebih terbuka dan tidak terikat dengan aturan tertentu. Jika pendidikan formal sifatnya wajib, maka berbeda dengan pendidikan non-formal. Pendidikan ini juga tidak memiliki syarat khusus seperti pendidikan non-formal.

Terakhir adalah pendidikan informal yang merupakan pendidikan tidak terikat dan dapat dilakukan kapan-dimana saja.

Pendidikan ini lebih mengarah pada pendidikan yang berasal dari keluarga dan lingkungan sekitar. Sehingga dengan kata lain, pendidikan bisa didapatkan dimana saja.

Kekurangan & Kelebihan Sistem Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan Nasional yang diterapkan di Indonesia saat ini banyak menuai kritikan dari masyarakat. Banyak yang menyatakan bahwa sistem pendidikan di Indonesia masih tertinggal dengan negara lain. Sehingga menghasilkan lulusan yang kurang bisa bersaing dengan lulusan luar negeri.

1. Kualitas Guru

Salah satu kekurangan dari dunia pendidikan di Indonesia adalah kualitas guru yang tidak merata.

Untuk menghasilkan murid yang cerdas dan berkualitas, dibutuhkan seorang guru yang sama juga. Namun, sayangnya saat ini Indonesia masih kekurangan guru dengan kualitas serta kemampuan mengajar yang tepat.

2. Fasilitas yang Kurang Menunjang

Banyak sekolah di Indonesia yang tidak memiliki fasilitas layak untuk menunjang sistem pendidikan di Indonesia.  Hal ini dapat dilihat dari sekolah-sekolah yang ada di daerah.

Masih banyak sekolah yang tidak bisa mendapatkan akses buku layak atau fasilitas lainnya untuk sekolah. Hal ini perlu diperbaiki agar fasilitas dapat dinikmati oleh semua murid di Indonesia.

3. Jam Belajar yang Cukup Panjang

Dengan menerapkan sistem pendidikan nasional, pemerintah berharap bahwa siswa dapat menjadi murid yang berwawasan luas.

Oleh karena itu, kurikulum yang digunakan dalam pendidikan di Indonesia cukup berat dengan jam belajar yang cukup Panjang. Hal ini seringkali menyebabkan siswa menjadi jenuh dan mudah Lelah.

4. Ujian untuk Menentukan Hasil Akhir

Indonesia dikenal memiliki banyak ujian dari ujian awal, tengah semester hingga ujian akhir.

Jenis ujian dan waktunya ditentukan dari sekolah masing-masing, namun Sebagian sekolah menentukan kelulusan muridnya dari ujian akhir. Jika tidak lulus, maka siswa harus mengulang level atau kelas tersebut selama periode tertentu.

Tujuan diadakannya ujian adalah untuk mengevaluasi dan menguji seberapa jauh pemahaman siswa. Tujuannya cukup bagus, namun ada baiknya jika ujian bukan dijadikan hasil akhir.

Seperti di beberapa negara, ujian tetap diadakan namun bobotnya dibagi dengan syarat lain. Sehingga, kelulusan murid tidak hanya dinilai dari ujian.

Baca Juga: Inilah Kompetensi Dan Tujuan Pendidikan Pancasila Wajib Diketahui

5. Pelajaran yang Beragam

Jumlah pelajaran yang diajarkan di Indonesia termasuk cukup banyak. Hal ini cukup menjadi beban untuk sebagian besar murid terutama untuk yang berada di sekolah dasar.

Namun, di sisi lain hal ini juga memberikan dampak positif kepada murid karena dapat menambah wawasan di berbagai bidang. Semakin banyak yang dipelajari, maka semakin luas pengetahuan yang didapatkan.

Jadi, itulah sedikit gambaran mengenai pentingnya dan sistem pendidikan nasional di Indonesia saat ini. Walaupun ada beberapa kekurangan dalam sistem pendidikan di Indonesia, namun masih banyak hal yang dapat dibanggakan dari pendidikan di Indonesia.

Salah satu contohnya ada program gratis pendidikan dari pemerintah. Dengan program tersebut, diharapkan semakin banyak masyarakat yang beredukasi.

Related posts