Mengenal Apa Itu Pengertian Teknologi Digital dan Berbagai Kelebihan yang Dimilikinya

  • Whatsapp

Teknologi digital mungkin sudah tidak asing dengan di telinga sebagian orang. Hanya saja bagi sebagian yang lain mungkin istilah yang satu ini cukup asing dan kurang begitu familiar.

Padahal jika ditelusuri lebih jauh, teknologi digital ini sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian teknologi digital dan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Read More

Namun sebelum dibahas lebih lanjut ke arah sana. Penting untuk diketahui dulu bahwa sebelum kemunculan teknologi digital ini ada beberapa teknologi lainnya yang muncul di dunia ini.

Setidaknya ada dua teknologi yang lebih dulu muncul daripada teknologi digital, yaitu teknologi mekanis dan juga teknologi analog.

Apa Perbedaan Antara Teknologi Mekanis, Teknologi Analog, dan juga Teknologi Digital?

Sebelum mengetahui apa itu pengertian teknologi digital, mari kenali terlebih dahulu perbedaannya dengan dua teknologi sebelumnya yang lebih dulu muncul.

Dengan mengetahui hal ini maka akan diketahui bahwa hadirnya teknologi digital di dunia ini memiliki dampak atau pengaruh yang begitu besar.

1. Teknologi Mekanis

Sebelum muncul teknologi analog dan digital, teknologi mekanis merupakan satu-satunya teknologi yang digunakan di dunia ini untuk berbagai keperluan.

Sesuai namanya, teknologi yang satu ini lebih mengedepankan sistem manual atau mekanis. Jadi pada teknologi ini tidak membutuhkan komputer dan juga mikroprosesor untuk menjalankannya.

Hal ini dikarenakan sudah tersedia sistem mekanikal terstruktur di dalamnya untuk dapat mengoperasikan sesuatu. Contohnya bisa dilihat pada jam tangan jaman dulu yang begitu banyak komponennya.

Kekurangan dari teknologi mekanis ini yaitu pengaturan nya sangat terbatas serta banyaknya komponen yang memerlukan perawatan khusus.

2. Teknologi Analog

Teknologi kedua yang muncul setelah teknologi mekanis adalah teknologi digital, teknologi yang satu ini bisa dikatakan sebagai teknologi yang memperantarai perpindahan dari teknologi mekanis menuju teknologi digital.

Contoh nyata penerapan teknologi analog dalam kehidupan sehari-hari adalah jam tangan manual ataupun handphone jadul yang bukan smartphone.

Tidak seperti jam tangan dahulu yang komponennya sangat banyak, jam tangan analog hanya memerlukan perawatan nya beberapa tahun sekali untuk mengganti batu jam.

3. Teknologi Digital

Nah teknologi terakhir yang saat ini sudah banyak ditemukan pada kehidupan sehari-hari adalah teknologi digital. Teknologi yang satu ini merupakan penyempurna dari kedua teknologi sebelumnya dan sudah semakin canggih dan juga anti ribet.

Hampir semua produk elektronik saat ini sudah menggunakan teknologi digital. Salah satu contoh yang mudah ditemui adalah jam tangan digital.

Selain berfungsi sebagai penunjuk waktu, jam-jam digital yang saat ini ada di pasaran memiliki beragam fungsi mulai dari sensor gerakan, pendeteksi suhu, dan lain sebagainya.

Terus Bagaimana Pengertian Teknologi Digital yang Sesungguhnya?

Setelah memahami perbedaan antara teknologi mekanis, analog, dan juga digital, maka kini saatnya untuk mengetahui pengertian dari teknologi digital itu sendiri.

Jika dilihat dari definisi nya, teknologi digital merupakan sebuah teknologi yang memiliki kemampuan menghitung sangat cepat. Caranya yaitu dengan memproses informasi yang berupa kode digital dalam bentuk angka.

Jika dilihat dari asal katanya, teknologi digital ini berasal dari kata digit. Hal ini sendiri memiliki arti bahwa sesuatu apapun yang menggunakan teknologi ini pasti akan diterjemahkan dengan dua digit angka yakni 0 dan juga 1.

Kedua digit angka bernama nama biner tersebut akan membentuk sebuah sinyal dalam bentuk nilai-nilai numerik yang selanjutnya akan terlihat menjadi suatu data, gambar, dan yang lainnya di layar komputer.

Apa Saja Kelebihan yang Dimiliki Oleh Teknologi Digital?

Teknologi digital ternyata mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan kedua teknologi sebelumnya. Nah setelah mengetahui pengertian teknologi digital itu sendiri, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimilikinya.

1. Sistem Komunikasi Menjadi Lebih Fleksibel

Salah satu contoh lainnya tentang penerapan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari adalah ponsel pintar atau smartphone. Berbeda dengan ponsel jaman dulu yang menggunakan teknologi analog, ponsel pintar ini sudah menggunakan teknologi digital.

Nah penggunaan teknologi digital pada handphone ini menjadikan komunikasi menjadi lebih mudah daripada sebelumnya. Jika sebelumnya hanya bisa berkomunikasi melalui SMS dan telepon, saat ini sudah bisa menggunakan berbagai aplikasi sosial media yang terhubung dengan internet.

2. Menjamin Keutuhan Data Saat Proses Transmisi Berlangsung

Salah satu kelebihan lainnya dari teknologi digital yaitu mampu menjaga keutuhan data Ketika proses transmisi sedang berlangsung. Jadi data-data yang dikirimkan melalui teknologi digital tidak akan terganggu dengan berbagai noise yang ada. Baik jarak tempuh, cuaca, ataupun yang lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya repeater station yang berfungsi untuk meregenerasi sinyal. Jadi sinyal-sinyal yang sudah rusak akan dengan cepat diganti oleh sinyal-sinyal yang baru. Dengan begitu maka keutuhan data pun bisa sangat terjaga tanpa ada yang hilang hingga sampai di penerima.

Baca Juga: Contoh Slogan Pendidikan Untuk Motivasi Dalam Belajar

3. Biaya juga Menjadi Lebih Hemat dan Efisien

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh teknologi digital adalah lebih hemat dan juga efisien. Jika teknologi sebelumnya membutuhkan banyak komponen serta biaya perawatan nya yang tidak sedikit, maka hal tersebut sangat berbeda dengan teknologi digital.

Pada teknologi digital ada sebuah komponen yang bernama chips atau nama lainnya adalah Integrated Circuit (IC).

Walaupun ukurannya kecil, namun komponen yang satu ini memiliki fungsi yang luar biasa. Oleh karena itu alat-alat yang dibutuhkan pada teknologi digital sangat praktis dan juga stabil sehingga tidak butuh banyak biaya perawatan.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian teknologi digital serta berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Mudah-mudahan informasi ini dapat menjelaskan bahwa keberadaan teknologi digital yang saat ini erat hubungannya dengan manusia begitu mempermudah berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh manusia.

Related posts