Jenis Media Promosi Pemasaran Online yang Ampuh dan Efektif

  • Whatsapp
Media Promosi Pemasaran Online

Berkembangnya dunia teknologi dan internet, membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu jenis pekerjaan yang mendapatkan efek positif dari perkembangan ini adalah dunia pemasaran. Saat ini terdapat banyak media promosi pemasaran online yang bisa menginformasikan sebuah pesan dengan cepat dan tepat.

Promosi Online sebagai Bentuk Pemasaran

Kegiatan pemasaran merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah usaha. Usaha tidak akan bisa berjalan apabila tidak ada yang mengenalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah kegiatan untuk menginformasikan dan memperkenalkan usaha tersebut ke masyarakat.

Dengan berkembangnya dunia digital saat ini, para pengusaha juga diharuskan mengembangkan cara promosinya selain secara offline. Untuk bisa memperkenalkan produk atau usahanya ke masyarakat luas, maka para pengusaha harus mempelajari mengenai pemasaran online.

Media Promosi Pemasaran Online yang Menjadi Tren

Salah satu keuntungan dari pemasaran adalah banyaknya media promo yang tersedia untuk memasarkan sebuah usaha. Bagi para pengusaha yang sedang mencari media promosi pemasaran online bisa mencoba beberapa sebagai berikut:

1. Instagram

Salah satu media promosi pemasaran online yang saat ini banyak digunakan di kalangan muda adalah media sosial. Dan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif adalah Instagram. Instagram memiliki fitur dimana para pengguna bisa memilih untuk membuat akun pribadi atau akun untuk bisnis.

Bagi yang memiliki sebuah usaha dan ingin mempromosikannya ke kalangan muda dapat menggunakan media ini. Selain memiliki banyak pengguna, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat menganalisa kegiatan promosi.

Salah satu cara untuk melakukan promosi online adalah dengan memposting foto dan gambar-gambar pada akun Instagram. Untuk membuat tampilan dan posting tampak lebih menarik, buatlah tema tertentu untuk akun tersebut. Contohnya, untuk setiap foto yang akan diposting, berikan sentuhan warna pastel agar tampak lebih cantik.

Cara lain untuk menggunakan Instagram sebagai media promosi online adalah dengan membuat akun bisnis. Dengan akun ini para user dapat melakukan promosi berbayar dengan mengiklankan produk atau usahanya. Selain itu, akun bisnis memiliki fitur dimana para usernya bisa melihat jumlah pengunjungnya setiap harinya. Dengan data tersebut, para user bisa menganalisa apakah media tersebut efektif atau tidak.

2. Facebook

Media sosial lain yang juga banyak digunakan untuk promosi online adalah Facebook. Sama seperti Instagram, Facebook memiliki pengguna aktif hingga jutaan orang di seluruh dunia hingga saat ini. Jadi, dengan membuat posting terbuka di Facebook, maka ada peluang jutaan orang akan melihatnya.

Salah satu kelebihan dari media sosial ini adalah dapat terhubung dengan media sosial lainnya seperti Instagram. Jadi, ketika melakukan update kegiatan promosi di Facebook, sambungkan juga ke Instagram dengan konten yang sama.

Sama seperti Instagram, Facebook memiliki fitur dimana para user bisa melakukan promosi berbayar agar dapat dilihat oleh orang lain. Namun, pada media ini, para user dapat memilih target konsumen yang diinginkan. Jadi, iklan tidak akan tayang pada seluruh pengguna Facebook, melainkan target yang telah ditentukan.

3. Marketplace

Marketplace merupakan salah satu media promosi yang sangat membantu dalam pemasaran. Disini, para pengusaha bisa mengiklankan produk atau usahanya dengan peluang besar dilihat oleh para penggunanya.

Apabila ingin memasarkan usahanya dengan lebih mudah, maka bukalah akun di marketplace. Saat ini, penggunaan marketplace meningkat pesat, terutama dengan anjuran di rumah saja. Dengan marketplace, para konsumen dapat membeli apa saja hanya dengan membuka ponselnya.

4. Website

Sebuah usaha yang besar biasanya memiliki website tersendiri untuk menginformasikan dan mempromosikan usahanya. Dengan adanya website, konsumen dapat melihat produk dan jasa yang tersedia tanpa harus berkunjung langsung ke outletnya. Hal ini tentu sangat membantu untuk para konsumen yang membutuhkan informasi.

Jika masih menggunakan promosi media offline, seperti kartu nama dan brosur, jangan lupa untuk mencantumkan media promosi yang digunakan. Contohnya, apabila sebuah usaha memiliki website jangan lupa untuk mencantumkan nama websitenya dalam brosur.

5. YouTube

Media promosi yang saat ini juga sedang menjadi tren adalah YouTube. Para pengusaha dapat memasang iklan pada video YouTube sehingga akan selalu muncul sesuai dengan ketentuan yang disetujui. Cara ini cukup efektif karena sebagian pengguna YouTube akan melihat iklan tersebut sebelum melihat video yang dipilih.

Cara lain untuk mempromosikan sebuah produk atau usaha dengan YouTube adalah membuat video yang kemudian diunggah. Jadi unggahlah sebuah video yang membahas mengenai kelebihan produk atau usaha dibandingkan dengan yang lain.

Baca juga: Contoh Surat Bisnis yang Bisa Diterapkan Dalam Memperlancar Komunikasi Bisnis

6. Blog

Cara lainnya yang juga efektif untuk berpromosi adalah blog. Sekilas, cara kerja blog seperti website namun biasanya blog adalah milik orang lain. Namun, sebuah perusahaan dapat mengembangkan blognya sendiri untuk mendatangkan pembaca yang berpeluang juga pada konsumennya.

Salah satu cara untuk membuat blog menarik adalah dengan menyediakan berbagai macam artikel yang berhubungan dengan usaha yang dijalankan. Contohnya, apabila usaha yang dijalankan berhubungan dengan kecantikan, maka tulislah artikel mengenai kecantikan.

Dengan banyaknya media promosi pemasaran online, kegiatan promosi menjadi lebih mudah dan terarah. Namun, pilihlah media promosi yang sesuai dengan target usaha pasar karena jenisnya dapat menentukan keberhasilan kegiatan.  Jenis promosi online biasanya lebih untuk menargetkan konsumen muda, sedangkan media offline biasanya ditujukan untuk konsumen yang lebih tua.

Related posts