Masker Wajah Alami Sebelum Tidur Agar Kulit Cerah

  • Whatsapp
Masker Wajah Alami Sebelum Tidur

Merawat kulit wajah sebelum tidur, sangat penting dilakukan untuk menjaga kecerahan kulit. Apalagi, jika menggunakan bahan alami. Dilansir dari halaman Falabelle Official, salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk masker wajah adalah saffron. Namun, masih banyak masker wajah alami sebelum tidur yang juga mudah didapat dan diterapkan.

1. Masker Bengkoang

Semua tentu mengetahui manfaat bengkoang bagi kulit, khususnya untuk bagian wajah. Bengkuang juga dapat digunakan sebagai masker wajah alami sebelum tidur, karena kandungan vitamin yang mencerahkan kulit wajah. Ekstrak buah ini banyak digunakan sebagai bahan campuran pada skin care atau lotion. Artinya, bengkuang memang sudah terbukti memberikan manfaat untuk kulit.

Menerapkan masker bengkoang pada wajah, dapat dilakukan dengan cara menumbuk sebagian bengkuang sesuai kebutuhan. Setelah agak halus, oleskan merata pada bagian kulit wajah, seperti halnya ketika menggunakan masker. Dalam waktu sekitar 15 hingga 20 menit, wajah dapat langsung dibilas dengan air bersih, dan rasakan manfaat kesegarannya pada kulit.

2. Masker Kopi

Menikmati kopi ternyata bukan hanya dengan diseduh saja. Bahan alami ini juga dapat memberikan manfaat jika digunakan sebagai masker wajah. Salah satu manfaat pada kopi yang sudah sangat dikenal adalah antioksidan, yang bisa membantu meremajakan kulit yang rusak akibat terpapar radikal bebas. Namun, pastikan menggunakan bubuk kopi hitam bebas gula.

Bubuk kopi umumnya digunakan sebagai masker bersamaan dengan minyak zaitun. Sekitar dua sampai tiga sendok teh serbuk kopi yang dicampur dengan minyak zaitun, diaduk sampai menjadi seperti pasta dan dioleskan di wajah sambil diberi sedikit pijatan. Dalam beberapa menit, jika wajah sudah terasa agak basah, segera bersihkan menggunakan air.

3. Masker Air Beras

Salah satu perawatan wajah yang alami adalah menggunakan air cucian beras. Para orang tua sering sekali menyarankan untuk menyimpan air cucian beras, dan memanfaatkannya untuk merawat kulit wajah. Cara ini juga sering direkomendasikan oleh gerai jual produk kecantikan lokal, karena manfaat enzim yang baik bagi kecerahan kulit.

Menggunakan bahan alami ini untuk merawat wajah juga sangat mudah dilakukan. Air cucian beras dapat dioleskan menggunakan kapas, atau digunakan begitu saja untuk mencuci muka. Setelah agak kering dan kesat, bilas wajah dengan air. Penggunaan rutin dari bahan alami ini akan membantu wajah kembali cerah.

4. Masker Tomat

Bahan alami lainnya adalah irisan tomat. Vitamin A pada tomat bukan hanya bermanfaat untuk mata, namun juga memberikan nutrisi untuk kulit. Gunakan masker tomat secara rutin sebelum tidur, maka kulit akan semakin terasa lembut meskipun seharian beraktivitas di luar rumah. Selain itu, kelebihan minyak pun akan terserap oleh masker tomat.

Mengaplikasikan tomat sebagai masker, caranya adalah dengan menumbuk tomat sampai halus, lalu mencampurkan dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Ratakan di seluruh wajah, lalu bilas sampai bersih setelah beberapa menit. Selain cara itu, tomat juga dapat diterapkan dalam irisan tipis-tipis lalu menempelkannya di wajah.

5. Masker Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya pasti sangat mudah ditemukan. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak kegunaan, termasuk untuk masker wajah sebelum tidur. Gel pada lidah buaya akan mengurangi efek kusam pada wajah, sehingga kulit semakin terlihat kencang dan awet muda.

Menerapkan masker wajah alami sebelum tidur, tentu perlu dilakukan secara rutin. Beragam manfaat yang ada pada bahan-bahan tersebut, tidak akan memberikan efek yang signifikan pada wajah jika hanya digunakan satu atau dua kali saja.

Related posts