Mari Mengenal Pendidikan Profesi Guru

  • Whatsapp

Pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana sangatlah beragam.

Terutama bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan skill dan juga mempersiapkan diri untuk menjadi seorang guru, maka pendidikan profesi guru menjadi pilihan tepat.

Read More

Jenis pendidikan satu ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 1 – 2 tahun. Peserta didik yang menempuh pendidikan juga akan diberikan gelar Gr di belakang nama.

Bisa dibilang, program yang dilakukan pemerintah ini berguna untuk menyiapkan guru-guru profesional yang ditandai dengan penguasaan ilmu pendidikan yang kompeten.

Sehingga akan tercipta guru profesional dan kompeten di bidang keilmuannya. Dengan begitu, tujuan pendidikan nasional pun bisa terwujud dan terealisasikan dengan baik.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai program tersebut, yuk simak ulasan lengkapnya berikut.

Mengenal Apa Itu Pendidikan Profesi Guru?

Pendidikan Profesi Guru atau yang lebih dikenal dengan nama lain PPG merupakan sebuah program pendidikan yang mempersiapkan lulusan S1 dengan penguasaan kompetensi guru sesuai standar nasional Pendidikan.

Hal ini diperuntukkan bagi calon guru pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan juga pendidikan untuk sekolah menengah.

PPG diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi terpilih, serta bisa berlaku baik dari fakultas pendidikan maupun non pendidikan.

Program satu ini digadang-gadang bisa menghasilkan guru-guru profesional yang unggul dalam bidang keilmuannya dan juga mampu menghadapi perkembangan zaman.

Masa pendidikan selama 2 semester akan memberikan bekal yang cukup bagi calon guru yang ingin meningkatkan skillnya.

Persyaratan Mengikuti PPG

Meskipun bisa diikuti oleh lulusan dari berbagai fakultas di luar Pendidikan, namun program pemerintah satu ini menerapkan beberapa syarat penting yang harus dimiliki loh.

Bahkan hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang, yaitu Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 pasal 4. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program PPG, antara lain:

  • Peserta harus memenuhi kualifikasi akademik berupa gelar Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV). Jika S1 Pendidikan sesuai program yang diambil serumpun, maka bisa menempuh materikulasi. Apabila tidak, maka harus menempuh materikulasi mata kuliah akademik pendidikan terlebih dahulu.
  • Guru harus dalam jabatan ataupun telah diangkat menjadi pegawai negeri sipil dengan tugas mengajar.
  • Guru juga harus mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  • Persyaratan lainnya yaitu telah terdaftar dalam pangkalan Data Pokok Pendidikan di Kemendikbud.

Keuntungan Mengikuti Program Pendidikan

Program Pendidikan Profesi Guru memang secara efektif memberikan bimbingan kepada guru-guru Indonesia untuk lebih profesional, kompeten dan juga memberikan keuntungan lainnya. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Mendapatkan Gelar Guru Profesional

Setiap guru yang telah menyelesaikan program pendidikan profesi guru satu ini akan mendapatkan gelar guru profesional atau bergelar Gr.

Dengan adanya gelar Gr di belakang nama, maka seorang pendidik bisa dikatakan telah memenuhi standar nasional pendidikan.

Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah pembeda bagi guru yang sudah mengikuti program PPG atau yang belum mengikutinya.

2. Memperoleh Sertifikat Pendidik

Tidak hanya mendapatkan gelar guru profesional, namun keuntungan lainnya mengikuti program PPG adalah memperoleh sertifikat pendidik atau sertifikasi.

Guru yang memiliki sertifikat atau sertifikasi ini pun berhak mendapatkan tunjangan gaji yang akan diberikan tiap 3 bulan. Bukan hanya untuk guru yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil saja, namun guru honorer dengan NUPTK juga berhak menerima.

3. Meningkatkan Kemampuan Guru

Dengan mengikuti program ini, para guru dipastikan akan memiliki skill dan juga kemampuan yang meningkat pula.

Pasalnya materi dan metode pengajaran yang diberikan telah berstandar tinggi. Serta, tenaga pengajar profesional yang memang ahli di bidangnya akan mengajarkan secara khusus pada peserta.

Dalam mengikuti program pendidikan profesi untuk guru ini, peserta harus bersedia mengikuti pembelajaran, berkutat dengan penyusunan media hingga penelitian tindakan kelas.

Dimana hal tersebut nantinya akan berhubungan dengan praktik lapangan yang harus dilakukan selama 6 hingga 12 bulan di Sekolah.

4. Menambah Pengalaman Tentang Proses Pembelajaran Di Sekolah.

Melalui program yang diperuntukkan untuk mewujudkan guru profesional ini, para peserta bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga dan tidak bisa didapatkan di tempat manapun.

Mulai dari bagaimana proses pembelajaran di sekolah hingga penyusunan materi, media pembelajaran dan lain sebagainya. Dijamin akan lebih terbiasa ketika terjun secara langsung di sekolah.

5. Berpeluang Mendapatkan Pekerjaan Menjanjikan

Tidak hanya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih menjanjikan.

Prospek lapangan kerja jadi semakin luas dan tidak berkutat sebagai guru honorer saja. Sehingga gaji atau tunjangan yang didapatkan akan semakin besar dan menjanjikan pula.

Baca Juga: Pengertian Dan 4 Landasan Pendidikan Pancasila yang Wajib Diketahui

6. Bisa Mengikuti Program Pengabdian Guru Garis Depan

Keuntungan terakhir yang diperoleh jika mengikuti program pendidikan profesi adalah bisa mendaftarkan diri sebagai Guru Garis Depan (GGD). Program pengabdian masyarakat di bidang pendidikan ini sangat menarik dan memberikan pengalaman berharga yang tidak ternilai harganya.

Dengan adanya program pendidikan tersebut, diharapkan pula dapat bermanfaat bagi para guru dalam meningkatkan skill dan kualitas pembelajaran jadi lebih baik.

Sedangkan untuk warga masyarakat, program ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan wawasan bahwa pelayanan di dunia pendidikan kini semakin memuaskan.

Itulah sedikit informasi mengenai Pendidikan Profesi Guru dan keuntungan mengikutinya. Tentunya program ini sangat harus diikuti oleh calon guru profesional agar bisa memberikan ilmu yang berkualitas nantinya.

Dijamin kualitas pendidikan akan semakin meningkat dan juga mensejahterakan para pendidik dengan sertifikasi yang ada. Tertarik untuk mengikuti program ini? Semoga bermanfaat dan membantu ya!

Related posts