Berbagai Manfaat Teh Hijau yang Bisa Dirasakan

  • Whatsapp

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat. Teh hijau umumnya tidak hanya diolah sebagai minuman, tetapi juga sebagai bahan atau bumbu masakan. Ternyata minuman yang sering dianggap sebagai minuman kekinian ini mengandung banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Teh hijau mengandung banyak sekali antioksidan yang bermanfaat untuk pencegahan penyakit jantung. Dari berbagai penelitian disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih kecil. Teh hijau membantu tubuh untuk menghilangkan kolesterol jahat sebagai penyebab penyakit jantung yang menumpuk di dalam arteri darah.

Kolesterol jahat yang menumpuk dalam arteri darah akan membuat aliran darah dalam pembuluh darah menjadi terganggu. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, kolesterol jahat tersebut bisa disingkirkan dan digantikan dengan kolesterol baik. Kolesterol baik ini membantu meningkatkan fungsi pembuluh arteri dalam tubuh dan dapat mencegah terkena penyakit jantung.

2. Mengurangi Inflamasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa teh hijau mengandung banyak sekali antioksidan. Antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh memiliki manfaat yang sangat baik dalam kesehatan manusia. Salah satunya adalah untuk mencegah inflamasi atau peradangan yang terjadi dalam tubuh manusia.

Inflamasi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh sering dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit. Di antaranya ada kanker, diabetes, hingga penyakit jantung merupakan jenis-jenis penyakit yang sering dikaitkan dengan inflamasi atau peradangan. Teh hijau yang mengandung banyak antioksidan dapat membantu tubuh untuk memberikan respon dan mencegah terjadinya inflamasi.

3. Membantu Mencegah Diabetes dan Obesitas

Teh hijau yang kaya akan kandungan antioksidan ini juga dapat digunakan sebagai pencegah diabetes. Sifat diuretik dan antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau akan membantu mempercepat pembentukan urin. Urin merupakan media untuk mengeluarkan berbagai zat, seperti gula, dari dalam tubuh.

Seperti yang dilansir dari rancahpost.com, mengonsumsi teh hijau secara rutin pada pagi hari dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Selain itu, teh hijau yang dikonsumsi secara rutin juga bisa membantu dalam proses diet untuk menurunkan berat badan. Secara tidak langsung, teh hijau juga dapat membantu menurunkan risiko terkena obesitas.

4. Mempercantik Kulit Wajah

Antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau juga bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah. Antioksidan berguna untuk menghilangkan racun-racun serta noda yang terdapat di dalam kulit. Dengan menghilangkan racun serta noda dari dalam kulit, maka kulit menjadi lebih sehat, lebih cerah, dan tentu saja akan terlihat lebih cantik.

Selain itu, teh hijau juga mengandung katekin yang cukup banyak. Katekin merupakan sebuah zat yang bersifat anti bakteri dan dapat membantu mengobati jerawat pada wajah. Katekin juga membantu tubuh untuk menstabilkan hormon agar kembali seimbang dan mencegah munculnya jerawat pada wajah.

5. Mencegah Penuaan

Antioksidan juga dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas yang ada dalam kulit manusia. Radikal bebas ini menyebabkan kulit, terutama kulit wajah, menjadi tampak kusam dan memunculkan keriput-keriput yang menyebabkan wajah lebih tua. Kandungan antioksidan dan polifenol yang terdapat pada teh hijau dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan pada wajah.

Banyak sekali manfaat dari teh hijau yang bisa dirasakan. Mengonsumsi teh hijau secara rutin pada pagi hari terbukti mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes. Selain itu, teh hijau yang kaya kandungan antioksidan juga dapat membantu menyehatkan kulit dan membuat wajah tampak lebih sehat dan segar.

Related posts