Manfaat Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Kemajuan Masyarakat

  • Whatsapp

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan dua aspek yang berbeda. Meski pada praktiknya antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi tidak dapat dipisahkan.

Perbedaan kedua teknologi ini terletak pada prinsip pemanfaatan alat bantu serta tujuannya. Oleh sebab itu, penting memahami konsep keduanya agar tidak salah paham.

Read More

Teknologi informasi meliputi hal-hal yang berkaitan pengelolaan informasi, mulai dari alat yang digunakan, proses yang dijalankan, hingga aktivitas pengelolaannya. Sedangkan, teknologi komunikasi berfokus pada penggunaan alat untuk memproses dan saling bertukar informasi.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah kegiatan atau proses yang berhubungan dengan pengelolaan informasi dan perpindahannya.

Dampak Positif Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami perkembangan hingga bisa secanggih seperti sekarang. Dulu manusia bertukar informasi melalui bahasa isyarat karena belum mengenal bahasa.

Kemudian mulai menggunakan tulisan lewat simbol-simbol, lalu berkomunikasi jarak jauh dengan telepon, hingga saat ini bisa terkoneksi dengan siapa pun dan di mana pun.

Itu hanyalah satu dari sekian manfaat perkembangan teknologi dan inovasi-inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Masih ada keuntungan lainnya dari kemajuan teknologi di bidang ini.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dirasakan di berbagai aspek kehidupan masyarakat:

1. Menghubungi Seseorang Lebih Mudah dan Cepat

Jaman sekarang menghubungi seseorang semudah menjentikkan jari. Sebab hanya butuh jaringan internet untuk bisa tersambung dengan orang di tempat lain selama mereka memiliki koneksi internet juga.

Tidak peduli apakah siang atau malam, serta satu kota atau lain negara, teknologi memudahkan orang untuk terhubung satu sama lain.

Tak hanya itu, komunikasi pun bisa dilakukan dengan cepat. Dulu seseorang harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan balasan surat. Kini dengan kemajuan teknologi tidak perlu menanti berhari-hari sebab balasannya bisa didapat dalam hitungan detik.

2. Memudahkan Kegiatan Bisnis

Dunia bisnis merupakan salah satu ranah yang paling diuntungkan dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi informasi. Bisa dilihat dari jumlah e-commerce yang banyak, belum lagi toko-toko online yang terus bertambah.

Tanpa memandang siapa pemilik dan produk apa yang dijual, teknologi ini mampu memberikan laba lebih besar serta efisiensi biaya, contohnya biaya sewa toko.

Selain itu, penjual juga semakin mudah untuk menawarkan barang atau jasanya. Kalau dulu kegiatan promosi terbatas oleh wilayah dan membutuhkan dana yang cukup besar.

Kini promo bisa dilakukan dengan zero budget namun mampu menggapai calon pembeli, baik di dalam maupun luar negeri. Jadi jaman sekarang sangat mudah untuk terjun ke persaingan bisnis internasional.

3. Akses Belajar Semakin Terbuka

Saat ini tidak ada alasan untuk tidak bisa ini-itu. Semua ilmu bisa dipelajari dengan mudah, tinggal cek seberapa besar tekad untuk memulai dan menekuninya.

Dengan adanya internet membuat orang bisa mengakses ilmu apapun dan dari mana pun. Kalau nyaman belajar dengan cara membaca bisa mengunduh e-book. Buat yang malas membaca, tinggal akses video tutorial atau menonton penjelasan para mentor.

Ilmu bukan lagi sesuatu yang sulit didapat dan bersifat eksklusif. Maka dari itu, kini ada metode pembelajaran e-learning, yakni sebuah kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Tujuannya selain agar ilmu bisa diakses oleh seseorang dari jarak jauh, ini pun memudahkan bagi mereka yang tidak bisa belajar di dalam kelas dan membutuhkan fleksibilitas waktu.

4. Membuka Lapangan Pekerjaan

Sadarkah jika saat ini semakin banyak jenis-jenis profesi baru? Misalnya, SEO content writer, social media admin, digital marketer, dan lainnya. Ini adalah pekerjaan-pekerjaan baru akibat adanya kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi.

Profesi yang semakin beragam membuat lowongan-lowongan baru tercipta sehingga lapangan pekerjaan pun semakin banyak.

Tak hanya itu, manfaat dari kemajuan di bidang ini juga memudahkan siapa saja untuk mendapatkan pekerjaan. Melamar pekerjaan tidak lagi perlu datang dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Cukup mencari posisi yang sesuai dan diinginkan, kemudian kirimkan CV dan surat lamaran melalui e-mail. Beberapa perusahaan yang responsif akan langsung memberikan jawaban apabila menemukan calon kandidat yang tepat.

5. Fleksibilitas dalam Bertransaksi

Manfaat kemajuan di bidang ini pun dirasakan di ranah perbankan. Mungkin dulu bertransaksi menggunakan credit card sudah dianggap cepat, ringkas, dan modern.

Tapi kini credit card hanya sebagai salah satu metode pembayaran saja. Ada banyak metode-metode pembayaran baru yang bermunculan, contohnya adalah tukar poin.

Di samping itu, saat ini pun dikenal juga dengan dompet digital. Ini adalah sebuah inovasi berupa aplikasi elektronik yang berguna untuk bertransaksi secara online, seperti transfer uang, pembayaran, hingga menyimpan uang untuk jangka waktu tertentu.

Kemunculan dompet online mengubah pola transaksi masyarakat menjadi cashless, artinya orang-orang tidak butuh membawa uang tunai terlalu banyak. Sebab aplikasi-aplikasi dompet digital kini telah terintegrasi dengan beberapa pihak (merchant).

Baca Juga: Institut Teknologi Bandung, Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

6. Perbaikan di Dunia Kesehatan

Satu lagi, kemajuan di bidang ini pun berjasa untuk dunia kesehatan. Contoh yang paling mudah ditemui adalah perbaikan di ranah manajemen. Dulu pencatatan riwayat pasien dalam sebuah berkas yang harus ditulis tangan.

Namun kini seorang perawat dan dokter tinggal mengetiknya di komputer dan data-data tersebut bisa diakses oleh dokter lain jika membutuhkan pemeriksaan lanjutan.

Contoh lainnya adalah proses administrasi yang lebih cepat. Pendaftaran tidak harus datang langsung dan mengantri di rumah sakit atau klinik.

Adanya pendaftaran online melalui website atau aplikasi menghemat waktu pasien untuk berobat. Di saat yang bersamaan, pihak rumah sakit pun lebih mudah mengatur alur pemeriksaan karena data-data calon pasien telah masuk secara otomatis.

Manfaat dari Perkembangan teknologi informasi bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh siapa pun. Itulah sebabnya mengapa banyak pihak yang berlomba-lomba melakukan inovasi di bidang ini.

Selain memang menjadi ladang bisnis yang menjanjikan, asas kebermanfaatan tidak bisa dilepaskan dari penemuan-penemuan terbaru. Maka jika dimaksimalkan dengan baik, dampaknya pun sangat menguntungkan bagi masyarakat.

Related posts