Macam-macam Ukuran Kasur Busa untuk Kepentingan Rumah Tangga 

  • Whatsapp
Macam-macam Ukuran Kasur Busa

Kasur merupakan salah satu kebutuhan peralatan rumah tangga yang tidak kalah pentingnya dengan peralatan rumah tangga yang lain. Sebagaimana jenis kasur pada umumnya, terdapat macam-macam ukuran kasur busa, yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan rumah tangga pada masing-masing keluarga.

Macam-macam Ukuran Kasur Busa 

Hal yang sangat penting untuk mengetahui macam-macam ukuran kasur busa sebelum membelinya. Hal tersebut selain mempertimbangkan unsur kenyamanan juga untuk tetap mempertimbangkan nilai estetikanya. Oleh sebab itu, pentingnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai ukuran kasur busa tersebut. Berikut ini macam-macam ukurannya:

1. Ukuran King Size 

Kasur busa yang berukuran king size adalah kasur busa dengan ukuran super panjang, super lebar, dan super tebal. Ukuran kasur busa tersebut 200 cm X 200 cm, dan tebalnya bisa mencapai 25 cm. Kasur ini lebih empuk dan bisa memuat 4 orang dewasa. Namun pada umumnya, banyak digunakan oleh pasangan suami istri. 

Disebut King Size karena sebagaimana ukuran kasur yang banyak digunakan oleh para raja. Ukuran tersebut cukup besar, panjang dan lebar, serta ketebalannya di atas kasur busa pada umumnya. Ukuran kasur busa tersebut sangat cocok bila digunakan di dalam kamar tidur yang berukuran besar serta ditunjang dengan dipan yang berukuran besar. 

2. Ukuran No. 1

Lebih Kecil dari ukuran king size adalah ukuran kasur busa No. 1. Ukuran kasur busa ini 180 cm dan 200 cm. Dengan ukuran tersebut, bisa memuat hingga 2 orang dewasa. Maka dari itu, banyak pasangan suami istri yang menggunakan ukuran kasur busa ini sebagai alas tidurnya. Menggunakan ukuran ini pun harus diperuntukan untuk kamar yang berukuran luas. 

Ukuran ini banyak dipilih karena lebih luas dibandingkan ukuran lainnya, namun lebih rendah dibandingkan dengan ukuran king size. Dengan demikian ukuran tersebut dianggap sesuai untuk kebutuhan peralatan rumah tangga. Khususnya bila digunakan untuk kamar tidur suami istri. 

3. Ukuran No. 2 

Salah satu ukuran kasur busa yang dapat dijadikan alternatif pilihan yaitu ukuran no. 2. Spesifikasi ukurannya yaitu 200 cm X 160 cm. Walaupun lebih kecil dari ukuran no. 1, namun ukuran no. 2 pun muat untuk ukuran 2 orang dewasa. Dengan demikian, ukuran ini pun sangat cocok digunakan untuk kamar tidur yang berukuran sedang. 

Ukuran ini pun banyak digunakan untuk menunjang peralatan rumah tangga untuk alas tidur pasangan suami istri yang tinggal di rumah ukuran sederhana. Dengan demikian, kasur tersebut bisa menampilkan harmoni di dalam ruangan di kamar tidur, tanpa mengesampingkan nilai fungsionalnya, sebagai alas tidur yang nyaman untuk pasangan suami Istri. 

4. Ukuran No. 3 

Salah satu ukuran yang digunakan untuk kamar tidur untuk satu orang dewasa adalah ukuran No. 3. Adapun spesifikasi ukuran kasur busa tersebut yaitu 145 cm X 200 cm. Dengan demikian, kasur busa dengan ukuran tersebut banyak digunakan untuk satu orang dewasa atau kamar anak remaja yang telah beranjak dewasa. 

Ukuran kasur ini banyak digunakan untuk hotel dengan tipe double suit.  Dengan demikian, ukuran tersebut pun lebih cocok digunakan untuk kamar anak yang telah beranjak remaja hingga dewasa karena hanya cukup untuk satu orang dewasa. Tentunya ditempatkan pada kamar yang lebih kecil dari ukuran kasur busa lainnya. 

5. Ukuran No. 4 

Salah satu ukuran kasur busa yang lebih kecil dan cocok digunakan untuk kamar anak-anak adalah ukuran No. 4, dengan spesifikasi ukuran yaitu 120 cm X 200 cm. Dengan demikian, ukuran tersebut banyak digunakan untuk kamar anak-anak. Khususnya untuk anak-anak yang berusia sekolah dasar. 

Agar tetap memperhatikan nilai estetikanya, kasur busa dengan ukuran tersebut biasa ditempatkan dalam kamar tidur yang dapat memuat dua ukuran kasur sekaligus. Maka dari itu, ukuran kasur tersebut biasa digunakan untuk keluarga yang memiliki dua orang anak.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Agar Dingin dan Umurnya Awet 

Pentingnya Memilih Ukuran Kasur Busa yang Sesuai 

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, ada macam-macam ukuran kasur busa. Dengan mengetahui berbagai macam ukuran tersebut sangat penting karena dapat membuat dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat keputusan yang sesuai dengan peruntukannya. Misalnya untuk dua orang atau satu orang. 

Disamping itu, dengan mengenali macam-macam ukuran kasur busa dapat disesuaikan dengan kapasitas ruangan tidur dan peruntukannya. Misalnya untuk kasur busa yang tipis, biasanya berukuran 5 cm dan banyak digunakan sebagai kasur lantai. Sementara kasur busa yang digunakan untuk tidur harus memiliki ketebalan yang lebih tebal, misalnya di atas 20 cm, agar empuk dan dapat menopang beban tubuh. 

Dengan mengetahui macam-macam ukuran kasur busa, bisa disesuaikan dengan kapasitas ruangan atau dipan. Dengan demikian, ukuran kasur busa tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk kamar tidur. Kasur busa memiliki nilai fungsional sebagaimana biasanya dan tetap menampilkan nilai estetikanya. 

Sebelum melakukan pembelian kasur busa, alangkah baiknya jika mengetahui macam-macam ukuran kasur busa terlebih dahulu. Khususnya untuk kasur busa yang akan digunakan untuk kepentingan rumah tangga. Dengan demikian, bisa memberikan kenyamanan kepada seluruh anggota keluarga dan tetap memperhatikan nilai estetikanya. 

Related posts