Komunikasi Bisnis Adalah Salah Satu Hal Terpenting Dalam Proses Bisnis

  • Whatsapp

Komunikasi bisnis adalah hal yang paling penting saat menjalankan perusahaan atau bisnis. Dalam hal ini komunikasi yang dimaksud adalah bisa verbal maupun non-verbal.

Komunikasi bisnis juga mengandung ide, gagasan, pendapat, serta informasi. Supaya lebih memahami seluk beluk komunikasi bisnis, di bawah ini akan dijelaskan secara lebih terperinci.

Read More

Pengertian Komunikasi Bisnis

Secara sederhana pengertian komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang dalam dan orang luar dalam lingkup bisnis.

Komunikasi bisnis bisa dikatakan efektif jika cara karyawan dan manajemen berkomunikasi akhirnya mampu mencapai tujuan bisnis. Para ahli juga punya beberapa pendapat berbeda tentang komunikasi bisnis yaitu :

1. Philip Kotler

Philip Kotler punya pendapat simple tentang komunikasi bisnis. Menurutnya komunikasi bisnis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan manusia dalam upaya untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan. Kegiatan tersebut dilakukan manusia melalui proses pertukaran.

2. William Albig

Sementara William Albig punya pendapat berbeda tentang komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis menurutnya melibatkan beberapa unsur.

Dalam komunikasi bisnis ada pertukaran informasi, pendapat, serta instruksi tertentu. Semua unsur tersebut disajikan secara impersional dan personal dengan lambang atau sinyal-sinyal.

3. Djoko Purwanto

Djoko Purwanto menilai bahwa komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang dipergunakan dalam dunia bisnis. Baik itu dalam bentuk komunikasi verbal maupun non verbal sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

4. Rosenblatt

Rosenblatt ini punya pendapat yang sedikit mirip dengan William Albig tentang komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis merupakan sebuah pertukaran informasi, ide, instruksi, dan lain-lain. Semuanya disampaikan secara personal dan impersonal, dengan harapan untuk mencapai tujuan perusahaan.

5. Katz

Katz juga punya pendapat lain tentang komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis menurutnya adalah sebuah aktivitas pertukaran ide pesan-pesan dan konsep. Di mana aktivitas tersebut punya keterkaitan erat dengan pencapaian target komersil.

Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

Jika dalam aktivitas komunikasi dikenal adanya 5 unsur. Diantaranya adalah komunikator, media, pesan, komunikan, serta efek.

Namun dalam komunikasi bisnis, setidaknya dikenal 6 unsur. Jadi unsur-unsur dalam komunikasi bisnis adalah

1. Terdapat Tujuan

Dalam komunikasi bisnis pasti harus ada unsur tujuan yang jelas. Tujuan tersebut sebelumnya sudah ditentukan. Paling penting, tujuan tersebut juga tidak menyimpang dari tujuan organisasi.

2. Adanya Pertukaran

Sama dengan unsur komunikasi biasa, dalam komunikasi bisnis juga perlu adanya unsur pertukaran. Setidaknya dalam komunikasi bisnis melibatkan 2 orang atau bisa lebih. Artinya salah satu pihak ada yang menjadi komunikator, dan lainnya menjadi komunikan.

3. Berisi Opini, Gagasan, Serta Instruksi

Unsur unsur tersebut bisa dikategorikan sebagai isi pesan dari suatu komunikasi bisnis. Pesan ini bisa bermacam-macam bentuknya. Masing-masing bergantung situasi, kondisi, serta tujuannya.

4. Memanfaatkan Saluran Impersonal Dan Personal

Aktivitas komunikasi bisnis bisa dilakukan dengan tatap muka. Selain itu juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan media khusus. Jika melibatkan banyak orang bisa, menggunakan media massa.

5. Mempergunakan Simbol Atau Sinyal

Simbol dan sinyal di sini maksudnya adalah alat atau metode yang dipakai untuk melakukan komunikasi bisnis. Dengan memanfaatkan alat-alat tersebut, harapannya semua bisa dimengerti oleh para penerima pesan.

6. Pencapaian Target Atau Tujuan Organisasi

Bisnis atau perusahaan tentu punya target sendiri-sendiri. Target ini bisa dikatakan merupakan tujuan dari bisnis tersebut. Baik target dan tujuan organisasi ini sebelumnya sudah ditentukan lebih dulu oleh manajemen.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis dilakukan bukan tanpa tujuan. Setidaknya komunikasi bisnis memiliki 3 tujuan utama.

Masing-masing adalah tujuan informasi, persuasi, serta melakukan proses kolaborasi. Supaya semakin paham, berikut penjelasan selengkapnya :

Komunikasi Bisnis Bertujuan Untuk Memberikan Informasi

Memberikan informasi tentang dunia bisnis kepada pihak lain bisa dikatakan merupakan tujuan utama komunikasi bisnis.

Misalnya seperti seorang petinggi perusahaan berusaha mencari manager keuangan untuk ditempatkan di beberapa cabang perusahaannya. Untuk itu ia akhirnya memasang lowongan ke berbagai media.

Mulai dari surat kabar, iklan radio, bahkan di  internet. Namun, harus diingat jika beberapa pilihan media tersebut pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Manajer punya kewenangan untuk memilih menggunakan media yang mana. Caranya dengan mempertimbangkan kemampuan internal dari perusahaan.

Komunikasi Bisnis Untuk Melakukan Persuasi

Tujuan selanjutnya dari komunikasi bisnis adalah untuk melakukan persuasi yaitu untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Proses persuasi dalam komunikasi bisnis seperti dalam pemasaran. Dalam proses pemasaran produk dilakukan upaya agar orang lain mau membeli produk bisnis.

Proses komunikasi bisnis juga terjadi saat memberikan konfirmasi pada konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan.

Komunikasi bisnis dengan tujuan persuasi juga terjadi saat proses negosiasi di mana pasti melibatkan seseorang dengan orang lain dalam bisnis. Hasil negosiasi yang optimal bisa diperoleh jika masing-masing pihak memahami dengan benar konsep win-win solution.

Baca Juga: Jenis Bisnis Untuk Pemula Sebagai Bahan Inspirasi Untuk Awal Berbisnis

Komunikasi Bisnis Dengan Tujuan Melakukan Kolaborasi

Komunikasi bisnis juga dapat bertujuan untuk melakukan kolaborasi bisnis. Kolaborasi bisnis ini menyangkut juga tentang kerjasama bisnis antara seseorang dengan orang lain.

Dengan adanya komunikasi bisnis yang terjalin, seseorang pasti sangat mudah melakukan kerjasama bisnis. Baik itu kerjasama antar perusahaan domestik, maupun dengan perusahaan asing.

Sudah banyak diketahui bahwa proses kerjasama perusahaan dalam negeri dengan perusahaan asing dapat terjalin dengan baik saat ini. Hal tersebut tidak bisa lepas dari peran teknologi komunikasi yang makin maju pesat. Bahkan saat ini ada banyak sekali pilihan media teknologi komunikasi yang bisa dipakai.

Mulai dari telepon biasa, HP, Fax, telekonferensi, email, hingga internet. Semua teknologi komunikasi inilah yang memegang peranan penting dalam mempererat kerjasama dalam dunia bisnis masa kini. Tinggal perusahaan ingin menggunakan teknologi komunikasi yang mana sebagai media untuk memperlancar proses kerjasama.

Pada intinya komunikasi bisnis adalah bagian yang cukup penting terutama dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan tentunya perlu memiliki strategi komunikasi bisnis yang efektif. Dengan begitu tujuan perusahaan akan dapat tercapai dengan mudah.

Related posts