Kimin Tanoto, Mengembangkan Bisnis yang Berkontribusi terhadap Masyarakat dan Kelestarian Lingkungan

  • Whatsapp
Kimin Tanoto

Kimin Tanoto bukan hanya seorang pebisnis yang sukses di bidang industri besi dan baja, ia juga menjadi sosok yang memberikan sejumlah terobosan bisnis di Indonesia.

Diangkat sebagai salah satu dewan komisaris di PT Gunung Raja Paksi pada tahun 2019. Pria berusia 47 tahun ini berhasil menggiring perusahaan tersebut untuk bertransformasi. Dari sebuah perusahaan keluarga menjadi perusahaan baja terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara.

Alumni Industry Engineering dari Cornell University Amerika Serikat ini telah mengambil bagian sebagai pengelola komunikasi di antara para pemangku kepentingan sejak tahun 1995.

Ia pun terlibat dalam menjembatani brainstorming untuk regulasi masa depan antara pemerintah dan pelaku industri, serta memimpin transformasi perusahaan Gunung Raja Paksi menuju profesionalisme.

Salah satu pencapaian terbesar dalam kontribusi Kimin Tanoto di industri baja dalam negeri adalah ketika beliau ditunjuk sebagai wakil ketua dari Indonesian Iron and Steel Association (IISIA). Jabatan ini membuatnya semakin yakin untuk membawa sejumlah terobosan di masyarakat.

Terlahir dari keluarga konglomerat asal Sumatera Utara, tidak menjadikan Kimin sebagai pribadi yang angkuh di tengah masyarakat. Ia tak luput dalam mengambil peran di berbagai aktivitas sosial di masyarakat, terutama di masa pandemi coronavirus.

Ia memberikan sejumlah bantuan kemanusiaan kepada para karyawan dan masyarakat yang kurang mampu yang tengah dilanda berbagai kesusahan selama masa pandemi.

Tidak hanya mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk memperhatikan anggota-anggota timnya, beliau juga turut memperhatikan keluarga mereka. Ia bertekad agar anggotanya dapat sukses bersamanya.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Kimin menjadikan program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai prioritas perusahaan. Ia pun selalu mencari berbagai peluang untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Beliau bahkan dengan sukarela menyediakan waktunya untuk turun tangan secara langsung melakukan hal-hal mulia dan menginspirasi.

Tidak hanya dalam aktivitas sosial. Ia pun turut terlibat dalam hal kepedulian lingkungan.  Menurutnya, perusahaan yang bergerak di bidang industri perlu mengambil peran dan tanggung jawab penting dalam pelestarian lingkungan.

Kimin Tanoto pun mengajak sejumlah perusahaan untuk bersama-sama mencapai ‘Net Zero’ emisi. Dengan mencanangkan sejumlah regulasi, ia bertekad agar proses manufaktur tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Tidak ingin sukses seorang diri, Kimin Tanoto juga turut memberikan kontribusi dalam pengembangan perusahaan kecil dan menengah. Ia memberikan pendampingan dan investasi kepada para pengusaha lain agar semakin berkembang.

Ia berperan penting dalam menjembatani kesenjangan antara pengusaha dan impian-impiannya. Berada di posisi tersebut, Kimin mampu mengembangkan koneksi bisnisnya di dalam maupun luar negeri.

Dengan menggunakan pengalamannya di bidang industri, Kimin memimpin organisasi untuk membantu para pengusaha agar paham hukum dan investasi sehingga mampu bersaing di pasar Indonesia.

Di sisi lain, untuk mengembangkan perusahaannya sendiri, ia mulai merebut kesempatan-kesempatan untuk berinvestasi di Asia sejumlah negara lainnya di dunia. Secara perlahan, perusahaan yang dipimpinnya pun mampu bertransisi dan mengembangkan bidang investasi.

Pandangan bisnis yang visioner serta keahlian dalam operasional yang dimiliki oleh Kimin Tanoto membuatnya mampu menjalin kerjasama dengan perusahaan baja dan semen kelas dunia. Sekaligus bekerjasama dengan lembaga keuangan dan pasar modal papan atas.

Selain menjadi seseorang dengan kesuksesan yang luar biasa, Kimin Tanoto adalah pribadi yang tetap tenang dan stabil. Beliau sangat bersyukur atas keluarganya yang terus mendukung di masa-masa sulit.

Kimin adalah pribadi yang menyenangkan dan bisa diandalkan. Sejumlah rekan bisnisnya menjadi teman baik dan mempercayakan keputusan-keputusan bisnis kepadanya selama bertahun-tahun.

Kimin percaya bahwa seseorang dapat memiliki kemampuan untuk bangkit dari tantangan dan menjadi pribadi yang lebih tangguh.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa beliau mendukung dan menyediakan sumber daya tanpa batas kepada para pegawainya untuk mendukung mereka melakukan yang lebih baik.

Related posts