Kata Mutiara Pendidikan Inspiratif dari Tokoh Dunia

  • Whatsapp

Kata-kata mutiara sangat berguna, terutama di dunia pendidikan, mengingat pendidikan sangat artinya bagi kehidupan manusia.

Dengan berbagai kata mutiara pendidikan bermanfaat untuk meningkatkan semangat dan motivasi untuk terus belajar, tanpa menyerah, agar dapat menggapai cita-cita.

Read More

Dirangkum Oleh Qlapa.com Berikut ini ada beberapa kata-kata mutiara pendidikan yang dapat meningkatkan motivasi belajar kalian

1. Kata Mutiara dari Nelson Mandela

“Pendidikan adalah senjata di dunia yang sangat mematikan. Karena Anda dapat mengubah dunia dengan pendidikan.” Nelson Mandela (1918-2013)

Nelson Mandela, seorang tokoh pergerakan yang sangat terkenal dan menginspirasi seluruh dunia juga menaruh perhatian pada pendidikan. Bagi seorang Nelson Mandela, adanya pendidikan dapat menjadi senjata untuk mengubah dunia.

Tokoh yang meninggal pada tahun 2013 lalu ini menekankan betapa pentingnya pendidikan bagi siapa saja.

Nelson Mandela adalah seorang tokoh yang menginspirasi dengan pergerakannya yang mendobrak tatanan politik Apartheid pada waktu itu.

Nelson Mandela terus belajar hingga mampu belajar tentang hukum di sebuah universitas. Dari sanalah kemudian beliau memulai pergerakan-pergerakannya yang akhirnya membuat sistem politik Apartheid yang memandang rendah ras kulit hitam dihapuskan.

2. Kata Mutiara dari Mahatma Gandhi

“Hidup seakan engkau akan mati esok dan belajarlah seakan engkau hidup seterusnya.” (Mahatma Gandhi)

Mahatma Gandhi merupakan seorang tokoh politik yang sangat dikagumi di India berkat pergerakan-pergerakannya yang menentang diskriminasi. Pergerakan politiknya ini sangat dijunjung tinggi bahkan menjadi inspirasi bagi tokoh lain, termasuk Nelson Mandela.

Kehidupan seorang Gandhi di awal hidupnya sangat sengsara, tetapi ia bisa bangkit karena giat belajar tentang hukum. Salah satu kata mutiara yang pernah disampaikan Gandhi adalah tentang pendidikan.

Kata mutiara pendidikan dari Gandhi bermakna sangat dalam yang berarti agar manusia sebaiknya tidak pernah berhenti untuk belajar hingga usianya habis. Hal ini menyiratkan bahwa betapa pentingnya belajar dan pendidikan dalam kehidupan manusia.

3. Kata Mutiara dari Malcolm X

“Pendidikan merupakan sebuah tiket untuk masa depan. Hari esok akan diraih oleh orang-orang yang bersiap diri dengan baik sejak hari ini.” (Malcolm X)

Mungkin tidak banyak tokoh berkulit hitam yang berasal dari Amerika Serikat, dan Malcolm X adalah salah satunya.

Ia merupakan seorang Muslim asal Amerika Serikat yang giat menyuarakan tentang hak-hak asasi manusia.

Malcolm juga menyerukan tentang persamaan hak-hak dan memperjuangkan setiap hak bagi warga berkulit hitam di Amerika Serikat.

Ia juga menaruh perhatian yang sangat besar pada dunia pendidikan. Baginya, pendidikan adalah sebuah bekal yang sangat penting untuk mengarungi kehidupan di masa depan.

Lewat kata mutiara pendidikan yang disampaikannya, ia menginspirasi semua orang untuk mempersiapkan diri agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik melalui pendidikan.

4. Kata Mutiara dari Henry Ford

“Meski masih remaja, bila ia berhenti belajar maka ia adalah orang yang lanjut usia. Namun, bila tidak pernah berhenti untuk belajar, maka ia akan menjadi pemuda selamanya.” (Henry Ford)

Henry Ford adalah seorang insinyur sekaligus pebisnis yang sangat kaya pada masanya. Sebagai seorang insinyur, beliau tentu selalu memegang teguh dan tidak bisa dilepaskan dari pendidikan.

Ia memang sangat menyukai belajar. Terbukti ia mempelajari tentang sistem uap untuk mengembangkan sesuatu yang kelak dikenal sebagai mobil.

Salah satu kata mutiara pendidikan yang pernah diutarakannya sangat menarik.

Ia meyakini bahwa seseorang yang tidak pernah belajar, meski masih muda, akan tampak seperti orang tua karena kepikunannya. Sebaliknya seseorang yang meski sudah berusia lanjut yang tak pernah berhenti belajar akan seperti anak muda yang penuh semangat.

5. Kata Mutiara William Butler Yeats

“Pendidikan bukan sebuah proses untuk mengisi wadah yang kosong, melainkan sebuah proses untuk menyalakan api dalam pikiran.” (William Butler Yeats)

Seorang peraih nobel di bidang sastra, William Butler Yeats atau yang biasa dikenal dengan W.B. Yeats juga tak ketinggalan untuk memperhatikan dunia pendidikan.

Baginya, pendidikan dan belajar adalah hal yang sangat penting agar manusia tidak tumpul. Dengan belajar, seseorang dapat terus berpikir kritis dan menjadi berkembang.

Dalam kata mutiara yang diucapkannya itu, ia menganggap bahwa belajar tidak sebatas memberikan asupan pengetahuan pada otak. Namun lebih dari itu, dengan belajar, seseorang akan terus hidup dan terus berpikir. Karena berpikir adalah hal yang membuat manusia dapat meningkatkan kemampuannya dan tidak tersisih dari persaingan.

6. Kata Mutiara Mario Teguh

“Orang yang berhenti belajar adalah orang yang hidup dalam masa lalu, sementara yang tak pernah berhenti belajar akan memiliki masa depan.” (Mario Teguh)

Mario Teguh, seorang motivator ulung dari Indonesia juga turut menyampaikan kata mutiara tentang pendidikan. Menurut beliau, orang-orang yang berhenti belajar hanya akan tersisih oleh perkembangan zaman dan hanya bisa hidup di masa lalu.

Sementara, bagi orang yang terus belajar, akan senantiasa berkembang mengikuti perkembangan zaman dan hidup di masa depan.

Menurut Mario Teguh, masa depan yang gemilang sangat ditentukan oleh bagaimana seseorang mempersiapkan dirinya. Untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan hanya bisa dilakukan dengan terus belajar.

Oleh sebab itu, beliau menekankan pada semua untuk terus belajar agar bisa menciptakan masa yang akan datang yang indah dan cemerlang.

Kata mutiara pendidikan dari para tokoh di atas menyiratkan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia.

Pendidikan menjadi senjata utama bagi manusia untuk terus hidup dan berkembang hingga di masa yang akan datang. Manusia yang terus belajar akan dapat memberikan perubahan kehidupan yang lebih baik.

Related posts