Daftar Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Menjanjikan Terupdate

  • Whatsapp
Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja

Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, namun bingung dalam menentukan perguruan incaran atau jurusan paling berpeluang? Sebaiknya ikuti ulasan yang dihadirkan berikut ini dengan seksama agar menemukan referensi perkuliahan paling tepat. Karena, di sini telah dirangkum beberapa jurusan kuliah dan prospek kerja paling menjanjikan di masa depan, antara lain: 

1. Kedokteran 

Rekomendasi pertama yang masuk dalam daftar jurusan kuliah dan prospek kerja paling menjanjikan adalah jurusan ilmu kedokteran. Tidak lain karena, lulusan sarjana kedokteran  sangat diperlukan keberadaannya, terutama dalam hal penjaminan di bidang kesehatan masyarakat. Tanpa adanya tenaga ahli ini, maka bisa dipastikan kualitas kesehatan di suatu kawasan tidak mendapat jaminan.  

Berkaitan dengan prospek kerjanya, di samping menjadi dokter instansi swasta maupun pemerintahan, maka masih banyak peluang lain. Seperti menjadi seorang pendidik baik guru maupun dosen di lembaga pendidikan  berbasis kesehatan. Atau juga bisa menekuni bidang yang lain seperti menjadi peneliti, penulis buku kesehatan, wirausahawan, maupun aneka profesi lain yang relevan. 

Jika tertarik dengan jurusan kedokteran ini, maka tidak terlalu sulit mencarinya karena ada banyak kampus negeri yang menyediakan. Untuk kampus negeri yang direkomendasikan ada UI Jakarta, UNPAD Jabar, UGM Yogyakarta, dan Universitas Brawijaya Malang Jatim. Sedangkan untuk kampus swastanya ada UII, UPH, UKI Atma Jaya Jakarta, dan juga Universitas Tarumanegara. 

2. Sastra Inggris 

Lanjut ke rekomendasi jurusan kuliah dan prospek kerja paling menjanjikan kedua ada Sastra Inggris. Salah satu alasan yang menyebabkan jurusan ini populer adalah citra bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang telah dipergunakan di banyak negara. Utamanya, hal ini kemudian memberikan peluang-peluang kerja baru yang tidak dijumpai pada bidang studi lain. 

Misalnya peluang menjadi seorang tour guide yang bekerja sama dengan dinas pariwisata untuk mengarahkan pelancong mancanegara. Bisa juga, menjadi penerjemah berbagai macam dokumen penting, mulai surat menyurat, perizinan, karya sastra seperti novel, puisi, cerita pendek dan sebagainya. Atau, bisa juga profesi lain yang memerlukan kecakapan bahasa Inggris dalam mengampu tugasnya. 

Bila menaruh minat pada jurusan inipun, tidak akan sulit untuk menemukannya karena ada di banyak universitas. Yakni Unair, Unesa, Universitas Negeri Makassar, Undip dan banyak perguruan tinggi negeri yang lain. Namun bila gagal masuk seleksi, tenang saja karena banyak universitas swasta yang tidak kalah keren laiknya Universitas Gunadarma dan Binus.  

3. Teknologi Informatika 

Kehadiran teknologi berbasis komputer menjadi sebuah hal penting dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia modern sekarang ini. Menjadikan, jurusan teknologi informatika berprospek tinggi mulai dari usaha mandiri maupun kerja di instansi. Contohnya, usaha reparasi, jasa instalasi jaringan, teknisi perusahaan, administrasi perkantoran, operator pada industri, atau bidang lain yang relevan dengan keilmuannya. 

Soal kampus tujuan pun tidak sulit untuk mencarinya karena hampir di setiap provinsi selalu ada. Tentu saja, ini tidak terlepas dari urgensi yang membuat jurusan ini begitu diminati. Lebih lanjut lagi, jika berbicara kampus favorit maka ada beberapa rekomendasi seperti ITS, UNPAD, ITB,, dan berbagai perguruan negeri maupun swasta  lainnya. 

4. Kimia Murni 

Keempat, ada Kimia murni yang masuk dalam daftar jurusan kuliah dan prospek kerja paling menjanjikan berikutnya. Lantaran jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas dan dibutuhkan kehadirannya oleh banyak instansi. Sebut saja misalnya sejumlah bidang kerja seperti analisis laboratorium, RnD, dan lain sebagainya yang membuat lulusan ini mudah mendapat kerja. 

Lain daripada itu, menyoal pilihan perguruan tinggi rujukan pun sangat banyak, mulai dari yang negeri hingga kampus swasta. Misalnya untuk negeri  yang memiliki kualitas juara ada Universitas Indonesia, UI, ITB, dan ITS Surabaya. Sedang untuk kampus swastanya pun tidak kalah bagus ada Unimus, UII, Universitas Tribuana Tunggadewi, dan lain sebagainya. 

5. Ilmu Komunikasi 

Terakhir, namun tidak pernah terlewatkan dalam kategori jurusan incaran adalah Ilmu Komunikasi. Utamanya karena jurusan ini membuat seorang mahasiswa mahir dalam berbagai macam bidang di layanan publik. Hingga menjadikannya bisa berkiprah dalam berbagai profesi penting seperti news anchor, host atau co host tv,  penyiar, wartawan, atau bidang-bidang lain yang diunggulkan. 

Tentang kampus yang menyediakan jurusannya pun tinggal pilih saja, mau yang negeri atau swasta semua ada. Tergantung dari minat dan kemampuan saja untuk mengikuti serangkaian seleksi sebagaimana mestinya. Semisal beberapa  di antaranya Unpad, Unsoed, Universitas Muhammadiyah  Malang, Universitas Pancasila dan banyak perguruan tinggi lain yang tersebar pada setiap provinsi Indonesia. 

Itulah tadi sejumlah informasi penting yang dapat disajikan mengenai daftar jurusan kuliah dan prospek kerja paling menjanjikan, beserta kampus terbaik di bidangnya. Bagaimana? Adakah salah satu dari rekomendasi di atas yang berkesan? Jika ada, maka segera bekali diri dengan kecakapan yang diperlukan agar siap mengikuti seleksi saat pendaftaran dibuka nanti. 

Related posts