Awas Jangan Salah Pilih, Inilah Jenis Monstera Paling Mahal Hingga Termurah!

  • Whatsapp

Beberapa hari ke belakang, sebagian besar masyarakat Indonesia cukup antusias terhadap tanaman hias. Salah satunya tanaman hias Monstera atau lebih dikenal dengan sebutan janda bolong. Banyak pula yang menyengajakan diri membeli jenis tanaman hias ini. Namun, hati-hati jangan sampai pilih, terdapat jenis Monstera paling mahal hingga harganya yang murah terjangkau. Oleh karena itu, pahami betul jenis Monstera sehingga terhindar dari tipuan.

Jenis Monstera Paling Mahal

Tanaman hias Monstera memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Hal ini menjadi salah satu pendukung banyaknya peminat tanaman janda bolong. Dalam memilih Monstera dibutuhkan pengetahuan yang luas agar terhindar dari penipuan. Harganya pun beragam bergantung pada jenis dan keunikannya. Berikut ini akan diulas jenis Monstera paling mahal hingga harganya yang murah. Yuk simak informasinya!

Sekilas Tentang Tanaman Hias Monstera

Tanaman yang dikenal dengan istilah janda bolong ini merupakan salah satu anggota suku Araceae. Dalam ilmu Biologi, suku Araceae merupakan jenis talas-talasan bermarga Monstera. Tanaman ini berasal dari Amerika yang merupakan daerah tropis.

Ciri khas dari tanaman Monstera yaitu memiliki daun yang bolong disertai bentuk berpola unik dan cantik. Hal inilah yang menjadikan Monstera dikenal sebagai tanaman janda bolong. Akhir-akhir ini, tanamn hias jenis Monstera cukup mencuri banyak perhatian. Tidak heran, harganya pun dibanderol cukup tinggi.  

Adapun jenis Monstera paling mahal yaitu jenis Monstera Obliqua. Harganya dikabarkan bisa mencapai ratusan juta. Karakternya yang unik dan khas menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menjualnya dengan harga yang tinggi, Monstera tentunya harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin. Harga pun akan disesuaikan dengan kualitas tanaman hias yang disajikan.

Jenis Monstera Paling Mahal Hingga yang Termurah

Untuk para pecinta tanaman hias, perlu diingat dalam memilih Monstera yang bagus. Berikut ini terdapat informasi terkait jenis-jenis Monstera yang bisa dipilih. Setiap jenisnya memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Selain itu, kualitasnya pun menentukan harga jual Monstera. Adapun deretan jenis Monstera paling mahal hingga termurah yakni sebagai berikut.

1.   Monstera Obliqua  

Jenis Obligia, disebut-sebut sebagai jenis Monstera paling mahal. Hal ini berdasar pada ciri khas dan keunikan yang dimiliki Monstera jenis Obliqua. Harganya disebut-sebut bisa mencapai 120 juta. Harga yang fantastis untuk sebuah tanaman hias jenis Monstera. Obliqua merupakan jenis Monstera langka yang memiliki karakteristik daun kecil dan  tipis serta motif bolong yang lebih banyak dibanding Monstera lainnya.

2.   Monstera Adansonii

Selanjutnya, terdapat jenis Monstera Adansonii. Memiliki daun berlubang di bagian tengahnya saja, dihiasi dengan warna hijau tua yang bergradasi dengan hijau mudah. Tampilannya pun terlihat menawan dan indah. Keindahannya dihargai sekitar 45 juta, tidak heran disebut-sebut sebagai jenis Monstera paling mahal setelah Obliqua.

3.   Monstera Deliciosa  

Jenis lainnya yaitu Monstera Deliciosa yang harganya dipatok hingga 11 juta rupiah. Monstera yang satu ini cukup mudah ditemukan dengan karakteristik daun yang besar dan warnanya lebih gelap. Terdapat lubang di permukaan daun yang menciptakan model daun unik dan menawan. Dapat tumbuh di dalam ruangan bersuhu 20 hingga derajat celcius.

4.   Monstera Varriegata

Jenis Variegata ini memiliki daun yang hijau disertai putih kekuningan tak beraturan. Ukuran daunnya lebih kecil dibanding jenis Deliciosa. Jenis Monstera ini masih jarang ditemukan di pasaran, tidak heran harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah.

5.   Monstera Pinnatipartita

Pilihan lainnya yakni Monstera Pinnatipartite. Jenis Monstera yang berasal dari hutan hujan di Amerika Serikat. Monstera Pinnatipartite sulit untuk ditemukan, tidak heran harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Keunikan yang dimiliki Pinnatipartite masih belum banyak diketahui, karena keberadaannya pun masih sulit ditemukan.

6.   Monstera Dubia

Untuk Monstera jenis Dubia, setiap helai daunnya tidak berubah dan tetap utuh. Ukurannya pun lebih kecil dan bundar mengerucut di salah satu ujungnya. Tulang daunnya yang tampak ke permukaan menjadikan Dubia terlihat lebih memesona. Paduan warna hijau dan putihnya menciptakan Dubia terlihat lebih indah.

7.   Monstera Siltepecana

Jenis lainnya yaitu Monstera Siltepecana yang memiliki ciri-ciri hampir sama dengan Monstera Dubia. Perbedaannya terlihat dari bentuknya yang oval dengan ujung mengerucut. Bunga ini dihiasi dengan warna perak di bagian tengah daun, sehingga terlihat begitu elegan. Siltepecana merupakan jenis Monstera yang dapat tumbuh secara merambat.

8.   Monstera Borsigiana

Pilihan lainnya yakni Monstera Borsigniana yang dipatok dengan harga sekitar 700 ribu-an. Monstera yang satu ini memiliki ukuran daun lebih kecil serta batangnya tumbuh menjuntai. Selain itu, lubangnya pun memiliki jarak yang membentuk pola indah dan menawan.

9.   Monstera Adansonii Full

Ada pula Monstera jenis Adansoni Full yakni janda bolong yang memiliki daun hijau yang keberadaannya mudah ditemukan. Motif bolong yang terdapat pada Monstera jenis ini tidak terlalu banyak yang bagian ujungnya pun tidak terputus. Tumbuh merambat serta berdaun rimbun, sehingga banyak dijadikan hiasan gantung di depan rumah. Harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu saja.

Nah, itulah Jenis Monstera paling mahal hingga yang termurah yang bisa dipilih. Setiap jenis Monstera akan memiliki harga yang tinggi bergantung pada kualitas tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, jika tertarik untuk membudidayakan Monstera, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Related posts