Jenis Jenis Asuransi dan Pengertiannya

  • Whatsapp

Asuransi adalah semacam tabungan, atau dapat dikatakan sebagai salah satu sarana tabungan untuk masa depan. Meskipun di Indonesia saat ini sudah banyak jenis jenis asuransi, namun tidak semuanya sepenuhnya berguna bagi anda.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas beberapa jenis asuransi yang bisa dikatakan penting dan pasti berguna di masa depan.

Read More

Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian asuransi, juga poin utamanya adalah membahas jenis asuransi.

Tentunya, hal ini berguna untuk menambah wawasan para pembaca sekalian. Berikut dibawah ini adalah berbagai penjelasan mengenai pengertian asuransi juga jenis jenis asuransi.

Pengertian Asuransi

Menurut Kitab UU Hukum Dagang, asuransi adalah sebuah perjanjian dimana seseorang mengikatkan diri pada sebuah lembaga. Selanjutnya, orang itu memiliki tanggung jawab untuk membayar sejumlah uang kepada lembaga asuransi tersebut.

Kemudian, selanjutnya pada saat penanggung jawab ini mengalami kerugian, maka tugas lembaga asuransi ini adalah memberikan ganti rugi sesuai kesepakatan. Kasus kerugian itu tersebut dapat berupa kehilangan, kerusakan maupun hal lainnya yang menyebabkan kerugian materi.

Selanjutnya, secara sederhana asuransi dapat disimpulkan sebagai perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama berkewajiban untuk melakukan pembayaran premi. Kemudian pihak kedua berkewajiban untuk membayar kerugian yang dialami oleh pihak pertama.

Tentunya hal-hal yang dikatakan kerugian tersebut harus sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Perjanjian tersebut harus dibuat di awal, dan juga harus ditandatangani dan disetujui secara langsung oleh kedua pihak.

Nominal yang dibayarkan pihak pertama kepada pihak kedua disebut dengan premi. Dana tersebut dibayarkan oleh pihak pertama selama jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui.

Maka, dapat disimpulkan juga bila nominal besar, maka biaya ganti rugi ketika kerugian juga akan besar. Sehingga, untuk hal yang sudah pasti dibutuhkan di masa depan, maka tidak perlu ragu untuk menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar jumlah premi.

Jenis Jenis Asuransi Yang Akan Berguna Di Masa Depan

Di dunia ini banyak sekali jenis asuransi, bisa dikatakan hampir semua bidang sudah ada masing-masing asuransi.

Kebutuhan setiap orang tentunya berbeda-beda, termasuk juga dalam hal asuransi. Maka, supaya tidak terjadi pemborosan maka perlu untuk menggolongkan asuransi yang penting dan sesuai kebutuhan.

Umumnya, asuransi digunakan untuk simpanan di masa depan. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas jenis jenis asuransi yang akan berguna di masa depan.  Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh asuransi tersebut :

1.  Asuransi Untuk Kesehatan

Jenis pertama asuransi ini adalah jenis asuransi yang paling dibutuhkan oleh semua orang. Karena di dunia ini tidak ada seorang pun yang bisa memastikan bahwa dia akan selalu sehat. Tidak ada pula orang yang dapat menentukan kapan dia akan sakit.

Maka, bersiap-siap untuk segala kemungkinan yang berhubungan dengan kesehatan adalah hal yang penting. Oleh sebab itulah, asuransi kesehatan sangat perlu dimiliki oleh setiap orang. Asuransi satu ini tidak hanya berguna di masa depan, namun juga bisa digunakan di berbagai waktu.

2. Asuransi Untuk Jiwa

Selain sakit, kematian juga tidak dapat diprediksikan oleh siapapun. Jenis asuransi satu ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja dengan resiko tinggi. Karena dengan memiliki asuransi ini maka kehidupan keluarga akan tetap terjamin.

Dengan kata lain, saat seseorang meninggal dalam keadaan memiliki asuransi jiwa, maka lembaga asuransi yang bersangkutan akan memberikan dana asuransi kepada ahli waris keluarga.

Tentunya hal ini akan sangat membantu, jika suatu saat kemungkinan terburuk terjadi dalam hidup. Asuransi ini kebanyakan digunakan oleh seorang kepala keluarga. Karena, tentunya meskipun hal buruk terjadi kepadanya, kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkannya akan tetap terjamin.

3. Asuransi Untuk Keperluan Pendidikan

Sudah diketahui oleh semua orang bahwa setiap tahun biaya pendidikan akan terus naik. Terlebih dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi saat ini. Maka, untuk menanggulangi hal tersebut, ada baiknya menggunakan asuransi pendidikan.

Hal ini untuk menjamin pendidikan anak di masa depan. Selain itu, asuransi ini bisa didaftarkan kapan saja. Tidak harus menunggu saat memiliki seorang anak. Karena semakin awal memulai asuransi ini, dana asuransi yang akan didapatkan pun akan semakin besar.

4. Asuransi Masa Pensiun

Jenis asuransi yang satu ini akan sangat berguna untuk para pegawai yang bukan merupakan pegawai negeri sipil. Karena, hanya pegawai negeri sipil yang mendapat jaminan hari tua dari pemerintah. Namun, hal ini tentunya masih dapat ditanggulangi.

Caranya adalah dengan mengikuti asuransi dana pensiun pada saat masih aktif bekerja. Maka, dengan mengikuti asuransi setidaknya dapat dipastikan kehidupan hari tua akan sedikit terjamin.

Sehingga tidak perlu khawatir lagi memikirkan kehidupan di masa tua. Asuransi jenis ini juga sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki minat berbisnis di masa tuanya.

Baca Juga: Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

5. Asuransi Kendaraan

Pilihan asuransi yang satu ini adalah khusus bagi mereka yang memiliki kendaraan. Khususnya kendaraan roda empat. Karena kecelakaan bukanlah hal yang dapat dielakkan oleh setiap orang. Maka, dengan mengikuti asuransi ini, setidaknya akan sedikit meringankan beban.

Asuransi satu ini memiliki dua jenis yang berbeda. Jenis yang pertama adalah jenis asuransi yang hanya menanggung kerugian akibat kehilangan kendaraan. Asuransi jenis ini tidak akan bertanggung jawab untuk berbagai kerusakan mobil.

Sedangkan jenis kedua, adalah jenis yang bertanggung jawab untuk berbagai resiko. Bahkan, untuk mobil yang lecet juga akan ditanggung oleh asuransi jenis yang satu ini. Secara keseluruhan, asuransi kendaraan jenis kedua ini memang lebih banyak menguntungkan.

Itulah beberapa jenis asuransi yang akan sangat berguna, baik di masa depan maupun saat ini. Jenis jenis asuransi tersebut hanya sebagian kecil saja. Karena pada kenyataannya masih banyak lagi jenis asuransi lainnya.

Untuk menghindari terjadinya kerugian di kemudian hari, lebih baik untuk menggunakan asuransi yang sudah jelas akan berguna saja. Semoga informasi tentang asuransi diatas dapat sedikit menambah wawasan pembaca tentang dunia asuransi.

Related posts