Jenis Bisnis Untuk Pemula Sebagai Bahan Inspirasi Untuk Awal Berbisnis

  • Whatsapp

Bisnis merupakan suatu pekerjaan yang sangat menjanjikan dikarenakan relatif lebih mudah dijalankan dan banyak keuntungan yang didapat.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis ini diperlukan berbagai strategi yang akan digunakan untuk bisnis tersebut.

Read More

Khusus bisnis untuk pemula sebaiknya memilih bisnis yang sangat mudah dijalankan. Namun harus juga menyusun strategi terlebih dahulu.

Strategi ini digunakan untuk menghindari tantangan yang akan dihadapi dari berbagai jenis bisnis.

Karena tantangan tersebut sangat memiliki pengaruh terhadap keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan nantinya.

Selain itu, untuk jenis-jenis bisnis untuk pemula ini biasanya bisnis yang dapat dijalankan di rumah baik bersifat offline maupun online. Berikut penjelasan mengenai jenis bisnis untuk pemula:

1. Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan bisnis yang didirikan untuk membuat seseorang tertarik dan bekerja sama dengan bisnis tersebut.

Karena bisnis tersebut memiliki banyak produk yang ingin dijual kepada calon konsumen. Sehingga membutuhkan kerjasama dengan perusahaan atau orang lain untuk membantu dalam menjual produk tersebut kepada calon konsumen.

Perlu kalian ketahui bahwa bisnis untuk pemula ini memiliki banyak kelebihan. Kelebihan tersebut seperti misalnya kita sebagai pemula sudah tidak perlu lagi memikirkan berbagai inovasi dalam memasarkan produk yang dimiliki.

Selain itu, dalam mendirikan bisnis ini pebisnis harus memiliki konsep yang jelas agar calon konsumen bisa percaya. Adapun hal yang paling penting adalah memilih produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

2. Jualan Pulsa

Pulsa merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone. Bisnis ini sangat menjanjikan dengan melihat realita yang ada. Di mana hampir semua orang memiliki smartphone yang digunakan sebagai alat komunikasi bersama orang lain.

Namun untuk berkomunikasi dengan orang lain diperlukan sebuah pulsa yang didapatkan dari konter maupun lainnya. Jualan pulsa termasuk bisnis yang membutuhkan lumayan modal namun memberikan banyak keuntungan.

Dalam berjualan pulsa juga sebaiknya membuka konter dengan pilihan tempat yang strategis. Seperti memilih tempat di sekitar pasar karena sangat ramai dikunjungi oleh penjual dan pembeli. Selain itu, bisa juga di sekitar kampus di mana mahasiswa membutuhkan pulsa untuk menghubungi keluarga.

3. Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan makanan yang dijadikan cemilan pada saat bersantai bersama keluarga. Maka dari itu bisnis makanan ringan ini dijadikan sebagai bisnis untuk pemula yang sangat menjanjikan.

Namun terlebih dahulu, pemula harus memiliki kemampuan dalam membuat makanan ringan tersebut. Di mana makanan ringan ini harus memiliki rasa yang lezat dan tampilan yang menarik.

Selain rasa dan tampilan juga harga yang murah bisa menarik hati konsumen untuk membeli produk tersebut.

Bisnis ini bisa dipasarkan secara online maupun offline agar mudah dikenal oleh masyarakat. Untuk referensi penjualan makanan ringan ini seperti menjual kerupuk udang, kerupuk singkong, lidi pedas, keripik pisang, dan lain sebagainya.

4. Dropshiper

Dropship dapat diartikan sebagai bisnis yang menggunakan sistem menjual barang milik dari orang lain. Namun barang yang dijual nantinya tidak diketahui kondisi barang karena memang langsung dikirim dari seorang produsen.

Dengan kata lain bahwa orang menjalankan bisnis ini memiliki peranan sebagai penghubung antara konsumen dan produsen. Untuk menjadi dropshipper sebaiknya mencari supplier terlebih dahulu.

Suplayer ini bisa dengan memanfaatkan marketplace yang sudah besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Dari bisnis ini seseorang juga bisa mendapatkan banyak keuntungan meskipun akan mengeluarkan modal yang banyak.

Selain itu, seorang dropshipper harus memiliki ketelatenan dalam menghadapi berbagai macam pertanyaan dari calon pembeli. Dengan cara belajar tentang produk knowledge.

5. Foto Copy

Usaha fotocopy merupakan usaha yang memerlukan modal besar namun memiliki keuntungan yang besar pula. Sebelum mendirikan usaha fotocopy sebaiknya menentukan tempat yang strategis terlebih dahulu.

Tempat strategis tersebut seperti di dekat kampus, perkantoran,dan sekolah yang tentunya memerlukan jasa tersebut. Apalagi bagi mahasiswa yang perlu foto copy tugas yang diberikan dosen.

Untuk membuka usaha ini tidak diperlukan kemampuan khusus karena hanya membeli alat untuk foto copy saja. Selain itu, dalam usaha ini sebaiknya memberikan juga penawaran harga yang relatif murah agar banyak yang berminat.

Bukan hanya harga yang murah namun diperlukan pula hasil yang bagus. Sehingga seseorang akan ke tempat tersebut untuk foto copy dokumen yang dimiliki.

6. Aksesoris Smartphone

Seperti dibahas sebelumnya bahwa smartphone merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Baik berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, maupun orang lain.

Namun pada saat pembelian smartphone ini tentunya tidak memiliki aksesoris yang melekat untuk mempercantik tampilannya. Sehingga diperlukan jasa penjual aksesoris smartphone untuk hal tersebut.

Melihat hal tersebut, banyak seseorang yang menginginkan smartphone yang dimiliki terlihat cantik dan berbeda. Disarankan bagi yang membuka usaha ini memberikan penawaran harga yang murah saja.

Seperti untuk silikon smartphone yang memiliki banyak model sehingga seseorang akan mengganti silikon tersebut. untuk aksesoris lainnya seperti casing dan anti gores untuk layar.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Tepat untuk Segera Meraup Keuntungan

7. Usaha Loket Pembayaran PPOB

Selanjutnya adalah membuka loket pembayaran PPOB, di mana seseorang bisa melakukan berbagai pembayaran yang ada. Seperti untuk membayar pulsa listrik, pulsa telepon, pajak, dan lain sebagainya.

Namun sebelum mendirikan loket pembayaran ini sebaiknya memiliki kerjasama terlebih dahulu bersama perbankan.

Kerja sama ini bisa di berbagai jenis bank seperti bank mandiri, bank BRI,ban BNI, dan lain sebagainya. Untuk membuka loket pembayaran ini sebaiknya memilih tempat strategis di lingkungan sekitar perumahan.

Karena kebanyakan masyarakat dalam suatu daerah yang tinggal di perumahan menggunakan pulsa listrik.

Itulah berbagai paparan mengenai jenis bisnis untuk pemula yang bisa dicoba. Selain itu, tidak membutuhkan modal yang banyak dalam bisnis ini.

Pemasaran juga bisa melalui online maupun offline. Misalnya dalam berbisnis makanan ringan sehingga harus mengutamakan rasa dan juga tampilan yang menarik.

Related posts