6 Jenis Investasi untuk Anak Muda yang Menguntungkan sekaligus Aman

  • Whatsapp
Investasi untuk Anak Muda

Investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Kunci utama keberhasilan investasi adalah ketersediaan waktu sehingga sangat disarankan untuk dimulai ketika masih muda. Ada banyak pilihan investasi untuk anak muda yang tergolong aman dan menguntungkan. Berikut adalah 6 pilihan jenis investasi yang direkomendasikan bagi anak muda:

1. Reksadana

Instrumen investasi pertama yang bisa diakses oleh anak muda adalah reksadana. Investasi ini memang sangat direkomendasikan bagi para pemula karena tergolong aman dan risikonya sangat kecil. Bahkan saat ini modal investasi reksadana sangat ringan, bisa mulai Rp100.000,00. Keuntungan yang ditawarkan mungkin tidak terlalu tinggi namun tetap lumayan untuk dijadikan sebagai dana simpanan masa depan.

Reksadana dinilai cocok sebagai pilihan investasi untuk anak muda karena saat ini bisa diakses dengan mudah. Investor bisa mengakses reksadana secara online lewat berbagai jenis aplikasi. Bahkan saat ini investasi reksadana juga bisa diakses melalui marketplace. Tinggal menyetorkan dana dan mempercayakan dana dikelola oleh manajer investasi yang telah dipilih.

2. Emas

Berikutnya ada investasi emas yang juga sangat direkomendasikan bagi anak muda. Jenis investasi ini sebenarnya sangat konvensional namun sampai sekarang terbukti masih menawarkan keuntungan yang besar. Emas fisik bisa menjadi pilihan karena mudah diuangkan kembali dan nilainya tergolong stabil bahkan cenderung naik.

Selain melakukan investasi emas dalam bentuk fisik, kini juga sudah banyak tersedia fasilitas investasi emas online. Ini akan menjadi pilihan investasi yang sangat cocok dengan karakter dan kebutuhan anak muda masa kini. Tinggal gunakan platform yang tepat untuk berinvestasi emas secara online.

Layanan menabung emas juga memudahkan anak muda berinvestasi dengan cara dicicil. Jadi, anak muda bisa mengambil cicilan emas dan membayarnya sesuai jangka waktu yang diinginkan. Nantinya jika emas sudah lunas maka akan menjadi hal miliknya dan bisa digunakan sebagai tabungan masa depan. Tak perlu lagi ada emas batangan sehingga investasi juga lebih aman karena risiko hilang lebih kecil.

3. Deposito

Anak muda yang masih pemula dan baru ingin belajar mengelola uang demi tabungan masa depan bisa mencoba produk deposito. Hampir semua layanan bank menyediakan produk tabungan deposito dengan keuntungan bunga yang lumayan besar. Sistemnya pun tergolong mudah dan pilihan investasi ini juga sangat aman karena akan dikelola oleh pihak bank.

Deposito ini menerapkan sistem tabungan yang sangat sederhana. Nasabah nantinya bisa menyetorkan sejumlah uang untuk didepositokan. Uang tersebut akan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Uang tidak bisa diambil jika belum masuk jatuh tempo dan jika memang ingin dicairkan maka nasabah perlu membayar penalti. Cocok sekali bagi anak muda yang ingin menabung untuk masa depan.

4. Saham

Selanjutnya ada investasi saham yang beberapa waktu belakangan ini ramai diperbincangkan. Jenis investasi ini mungkin memiliki risiko yang besar namun keuntungan yang ditawarkan juga sama besarnya. Investasi saham kini semakin mudah dijangkau dan cocok dijadikan pilihan investasi untuk anak muda.

Saham merupakan hak kepemilikan di suatu perusahaan. Saat ini sudah ada banyak anak muda yang paham dan mencoba bermain saham meskipun dalam skala kecil. Keuntungan investasi saham berasal dari dua sumber yakni capital gain dan dividen. Capital gain merupakan margin nilai jual beli saham sementara dividen adalah pembagian keuntungan para pemegang saham.

Beragam jenis platform online kini mempermudah anak mudah untuk melakukan investasi saham. Investasi ini pun sekarang bisa dimulai dengan biaya modal yang mudah dijangkau anak muda. Pastikan untuk belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jenis investasi ini sebelum benar-benar mengambil langkah.

5. Asuransi

Investasi dalam bentuk asuransi juga sangat direkomendasikan untuk anak muda. Sebenarnya asuransi itu sendiri memang menjadi fasilitas yang akan sangat dibutuhkan oleh anak muda untuk mempersiapkan masa tua. Selain sebagai jaminan, asuransi pun bisa menjadi instrumen investasi yang aman dan menguntungkan.

Keuntungan yang didapat dari pembayaran premi asuransi akan dirasakan di masa depan. Namun penting sekali untuk memilih layanan asuransi yang berkualitas demi menjaga kenyamanan dan keamanan dana. Pilih juga jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan pribadi.

6. Properti

Jika sudah memiliki dana lebih, maka investasi dalam bentuk properti bisa jadi pilihan tepat. Tentunya pilihan investasi ini bisa dijangkau anak muda jika memang penghasilannya sudah memadai. Investasi properti dinilai aman dan bisa menawarkan imbal balik yang menguntungkan di masa depan. Mengingat harga properti cenderung selalu meningkat maka investasi ini bisa jadi langkah terbaik.

Itulah 6 pilihan investasi untuk anak muda yang aman dan menguntungkan. Tentunya setiap jenis investasi punya resiko masing-masing. Pastikan untuk memperhitungkan resikonya terlebih dahulu di samping memprediksi besar keuntungan yang dapat diraih. Pilih jenis investasi yang dirasa paling cocok dan sesuai dengan kemampuan pribadi.

Related posts