Investasi Properti Di Masa Pandemi, Apa Saja Jenisnya?

  • Whatsapp
Investasi Properti Di Masa Pandemi

Masa pandemi ini yang membuat berbagai sektor terkena dampaknya termasuk ekonomi. Orang lebih berhati-hati ketika akan memanfaatkan uangnya terutama dalam investasi properti di masa pandemi. Tentang adanya investasi properti ini tentunya memiliki banyak keunggulan yang bisa didapatkan. Investor juga bisa memilih untuk berinvestasi dari beberapa jenis yang ada, tentunya dengan mempertimbangkan banyak aspek.

Alasan Memilih Investasi Properti Di Masa Pandemi

Pada saat ingin berinvestasi, orang-orang cenderung memilih investasi yang memiliki nilai keuntungan. Salah satunya dengan memilih untuk berinvestasi di bidang properti, kenapa?

1. Harga Properti Yang Semakin Naik

Memilih properti adalah pilihan tepat, pasalnya properti ini dari tahun ke tahun nilainya akan semakin naik. Pastinya dengan melihat bagaimana kondisi dari keberadaan properti saat ini yang semakin banyak permintaan. Adapun nilai mata uang juga semakin tinggi ditambah lagi tingkat kebutuhan masyarakatnya.

2. Properti Bisa Dimanfaatkan Untuk Agunan

Pada saat memiliki properti dan ingin mengembangkan bisnis, maka properti bisa sebagai agunan. Menjamin pinjaman di bank dan bisa mendapatkan sejumlah uang dengan memakai agunan properti tersebut.

3. Harga Jual Di Tangan Pemilik

Harga jual dari properti sendiri bisa ditentukan oleh pemiliknya secara cermat. Tak heran jika yang memiliki properti seperti rumah bisa jual dengan nominal yang lebih tinggi dari harga rumah sebelumnya.

4. Properti Bisa Diwariskan

Adapun properti yang dimiliki ini bisa diwariskan ke anak cucu nantinya. Jadi nilai investasi properti ini sangat berguna untuk keluarga.

Itulah beberapa alasan kenapa bidang properti yang dipilih sebagai investasi properti di masa pandemi. Pasalnya untuk berbagai jenis investasi properti ini juga banyak macamnya, apa saja?

Jenis Investasi Properti Di Masa Pandemi

Ada beberapa jenis investasi properti di masa pandemi yang bisa dipilih sebagai instrumen untuk berinvestasi. Dengan melihat nilai keuntungannya juga manfaat yang didapatkan, maka inilah jenis properti tersebut:

1. Property Equity Crowdfunding

Untuk metode yang satu ini merupakan investasi yang dilakukan secara kolektif atau patungan. Jadi saat harga properti dengan nominal besar, maka bisa dibeli secara kolektif. Beberapa perusahaan bidang properti ini memberikan kesempatan besar untuk sistem property equity crowdfunding.

Misalnya saja harga properti hingga 1milyar, maka bisa patungan sebesar 200juta. Artinya kepemilikan properti dibatasi hanya 20% saja. Jika disewakan keuntungan dibagi sesuai kepemilikan persentasenya. Jadi jenis yang satu ini bisa mengukur kemampuan saat melakukan investasi dan tetap mendapatkan keuntungan.

2. Saham Properti

Sama dengan saham lainnya, untuk saham properti ini jika ingin bergabung dan berinvestasi. Maka investor bisa untuk membeli saham kepada perusahaan yang memiliki saham properti. Adapun besaran harga saham tentunya bervariasi berdasarkan perusahaan dan kondisi pasar saham yang mempengaruhinya.

Ketika sudah memilih dan ikut untuk investasi maka bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan ketentuan. Dimana ketika harga saham naik bisa menjualnya dan mendapatkan untung dari saham properti. Jenis properti ini juga minim risiko dan bisa menjadi investasi jangka panjang dalam memilih investasi.

3. Properti Hunian Keluarga

Untuk properti jenis yang satu ini merupakan properti yang banyak macamnya, terutama fungsinya untuk hunian. Misalnya saja kost, rumah pribadi, apartemen, kontrakan dan sebagainya yang ada. Adapun hunian ini merupakan kebutuhan banyak orang tentang pengadaan tempat tinggal yang wajib dipenuhi.

Untuk properti hunian keluarga ini pastinya lebih banyak peminat dan membutuhkan. Apalagi jika hunian merupakan tempat yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum, bisa jadi harga tawar yang tinggi. Maka dari itu, keuntungan mengambil jenis properti hunian keluarga bisa jadi pilihan yang tepat.

4. Properti Untuk Bisnis dan Pariwisata

Berikutnya ada jenis properti yang dipakai untuk bisnis atau pariwisata. Misalnya saja properti untuk bisnis seperti lahan untuk pabrik, area parkir, gedung untuk perusahaan. Atau ruko-ruko dan area untuk lahan bisnis lainnya.

Sementara itu untuk properti pariwisata biasanya seperti hotel, motel, villa homestay dan sebagainya. Bisa juga menyediakan area tanah luas di sekitar pariwisata untuk lahan parkir juga tempat untuk berdagang. Jenis properti bisnis dan pariwisata ini juga punya peluang yang besar dan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

5. Jenis Properti Untuk Lahan Pemakaman

Pandemi covid yang terjadi dan merenggut banyak nyawa pastinya membutuhkan lahan pemakaman. Bagi yang memiliki lahan luas bisa menjadi ladang properti untuk menyediakan area yang luas. Ada banyak lahan pemakaman secara khusus yang memang bisa disewakan kepada para keluarga mendiang.

Saat ini banyak lahan dimanfaatkan sebagai pemakaman terstruktur dan eksklusif hadir di beberapa tempat yang ada. Bahkan harga per lahannya saja sudah sangat tinggi dan angkanya terus naik di pasaran.

Itulah beberapa jenis properti yang bisa di ambil peluangnya sebagai investasi properti di masa pandemi. Adapun pilihan yang ada juga bisa disesuaikan dengan situasi serta kondisi keuangan. Jadi meskipun di masa pandemi, tetap bisa mengambil peluang untuk menjalankan investasi secara tepat.

Related posts