Ini Hal yang Perlu di Pahami Sebelum Memutuskan Untuk Berinvestasi

  • Whatsapp

Tren berinvestasi di kalangan anak-anak muda saat ini sedang tinggi. Banyak anak-anak muda yang tertarik untuk melakukan hal tersebut dengan iming-iming return yang tinggi.

Banyaknya pilihan investasi seringkali membuat calon investor menjadi bimbang. Sebaiknya agar tidak salah dalam melangkah, sebaiknya pahami terlebih dahulu perihal kegiatan investasi.

Read More

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berinvestasi

Banyak sekali anak-anak muda yang menginginkan penghasilan besar tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak.

Seringkali anak-anak muda tersebut mengambil jalan untuk berinvestasi pada berbagai instrumen yang saat ini sudah ada.

Sayangnya karena pengetahuan yang kurang, membuat mereka bukannya untung malah menjadi rugi besar.

Sebelum memulai kegiatan investasi sebaiknya pahami terlebih dahulu profil risiko yang ada dalam diri. Masing-masing orang memiliki profil risiko berbeda-beda.

Profil risiko ini penting agar dapat memilih instrumen yang tepat dalam berinvestasi. Masing-masing instrumen tentu memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Instrumen yang dapat memberikan keuntungan besar tentu memiliki resiko rugi yang besar juga.

Pilihan Instrumen dalam Berinvestasi

Setelah seseorang mengetahui profil risikonya, maka kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan instrumen yang tepat untuk dirinya dalam melakukan investasi. Ada beberapa contoh pilihan instrumen yang saat ini banyak dipilih, di antaranya:

1. Emas

Instrumen emas menjadi sebuah instrumen berinvestasi yang paling sederhana dan mudah. Bahkan kegiatan berinvestasi dengan menggunakan emas sudah dilakukan sejak lama. Instrumen emas ini juga dianggap sebagai instrumen yang paling aman saat ini.

Berinvestasi dengan menggunakan instrumen emas ini cocok untuk orang dengan profil risiko rendah. Untuk berinvestasi dengan menggunakan emas sangat mudah, caranya adalah dengan membeli emas batangan asli dari lokasi atau toko emas dengan reputasi yang baik.

Berinvestasi dengan instrumen emas dianggap paling aman karena nilai harganya yang stabil. Bahkan ada yang mengatakan bahwa nilai emas akan cenderung naik sehingga dapat memberikan profit yang cukup tinggi.

2. Deposito

Untuk berinvestasi menggunakan instrumen ini terbilang mudah dengan risiko yang kecil. Sehingga sangat cocok bagi seseorang yang memiliki profil risiko keuangan yang rendah. Deposito sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan menyimpan uang di bank dengan waktu tertentu.

Seseorang cukup melakukan deposit sebagian uangnya kepada bank yang dipercaya sebagai pemegang otoritas. Keuntungan berinvestasi dengan menggunakan deposito ini adalah karena bunga yang ditawarkan oleh bank umumnya cukup besar.

Dari bunga tersebut kemudian akan dimiliki oleh seseorang yang melakukan deposito dan bisa diambil kapan saja. Selain itu, instrumen deposito ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena penyimpanannya di bank.

Baca Juga: Inilah Tugas Manajer Investasi dan Bagaimana Tips Dalam Memilihnya

3. Saham

Terakhir, ada instrumen saham yang mungkin sudah banyak sekali didengar dan sangat populer di masyarakat. Berbanding terbalik dengan dua pilihan instrumen sebelumnya, instrumen saham ini termasuk ke dalam golongan instrumen yang memiliki risiko tinggi.

Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki profil risiko rendah disarankan untuk tidak mengambil instrumen ini sebagai jalan untuk berinvestasi. Saham sendiri dapat diartikan sebagai media penanaman modal langsung kepada sebuah perusahaan.

Tingkat keuntungan dari saham ini tergolong sangat besar, bahkan seseorang bisa langsung mendapatkan keuntungan besar dari menanamkan saham pada perusahaan. Namun, risiko saham ini sangat besar, terutama bila tidak mengetahui perusahaan yang tepat.

Sebelum memulai investasi, sebaiknya kenali terlebih dahulu profil risiko, karena masing-masing orang memiliki profil risiko yang berbeda-beda.

Selanjutnya, pelajari berbagai instrumen yang akan menjadi media dalam berinvestasi sambil bertanya dan membaca agar pengetahuan tentang instrumen tersebut semakin banyak.

Related posts