Info Ikan Aquascape yang Kuat, Penting Untuk Pecinta Aquascape

  • Whatsapp

Ikan merupakan salah satu binatang yang memiliki tempat tinggal atau tempat beradaptasi di air. Binatang tersebut juga kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah maupun sebagai ikan hias. Jenis ikan yang biasa dipelihara seperti ikan Aquascape yang kuat karena biasanya akan awet dan hidup lebih lama.

Ikan Aquascape yang Kuat

Bukan hanya itu saja, ikan Aquascape ini juga memiliki tampilan yang sangat cantik. Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat jatuh hati kepada ikan tersebut. Akan tetapi tujuan masyarakat membeli ikan tersebut untuk dijadikan sebagai hiasan yang disimpan dalam aquarium.

Berbeda jika ingin dibawa ke pertandingan, ikan tersebut biasanya memiliki tempat khusus. Lantas apa saja jenis-jenis ikan Aquascape yang kuat ? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jenis Neon Tetra

Jenis ikan Aquascape Neon Tetra adalah salah satu ikan yang berasal dari air tawar. Dengan kata lain bahwa ikan tersebut hanya beradaptasi di air tawar saja. Neon Tetra ini termasuk ikan yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang tubuh kurang lebih 3 cm.

Memang ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil akan tetapi memiliki kelebihan yang membuat orang jatuh hati. Kelebihan yang dimaksud adalah memiliki warna tubuh yang sangat indah sehingga membuat siapa pun tidak bosan melihatnya.

Melihat dari keindahan warna tubuh yang dimiliki tidak dapat menutup kemungkinan bahwa ikan ini memiliki harga yang lumayan murah. Maka dari itu, pecinta ikan bisa membeli ikan ini dengan jumlah yang banyak untuk dijadikan ikan hias atau ikan peliharaan.

2. Jenis Rasbora

Jenis ikan Aquascape yang kuat selanjutnya adalah jenis Rasbora yang memiliki kemiripan dengan jenis Neon Tetra. Kemiripan yang dimiliki adalah dari segi ukuran tubuh yang dimiliki yaitu sama-sama memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Selain itu, ikan jenis Rasbora ini termasuk ikan berkelompok dan memiliki mangsa ikan yang lebih kecil. Ikan Rasbora juga memiliki sepupu dengan yang dinamakan Cyprinids.

Adapun yang termasuk dari Cyprinids antara lain Barbs, Goldfish, dan juga Danios. Ukuran jenis ikan Rasbora yaitu kurang dari satu inci dan termasuk ikan yang sempurna.

Mengapa dikatakan sempurna, karena ikan ini sangat cocok di berbagai ukuran aquarium. Mengenai warna tubuh yang dimiliki ikan ini adalah warna  menyala sehingga menarik perhatian dan juga termasuk ikan kuat.

3. Jenis Guppy

Jenis ikan Guppy termasuk jenis ikan yang memiliki banyak warna tubuh. Selain memiliki banyak warna juga memiliki banyak bentuk tubuh namun bentuk tubuh yang dimiliki memiliki keindahan masing-masing.

Dengan memiliki banyak warna tubuh membuat hal tersebut menjadi keunggulan dari ikan ini jenis Guppy. Ekor dari ini pun sangat bervariasi sehingga sangat menarik perhatian untuk memeliharanya.

Selain memiliki keunggulan yang sangat menarik perhatian, ada juga kekurangan dari ikan tersebut. Kekurangan yang dimiliki jenis ikan Guppy ini tidak boleh dicampur dengan spesies ikan lain.

Mengapa demikian ? Karena spesies ikan lain bisa saja menyerangnya atau malah sebaliknya. Dimana jenis ikan Guppy juga termasuk jenis ikan Aquascape yang sangat kuat dalam menyerang lawan atau musuhnya.

4. Jenis Dwarf Gourami

Ikan Aquascape yang kuat berikutnya adalah jenis Dwarf Gourami atau Gurami Kerdil. Jenis ikan yang satu ini adalah jenis ikan Aquascape yang memiliki ukuran tubuh lumayan panjang.

Ukuran tubuh yang dimiliki kurang lebih 5 cm  hingga 8 cm. Memang ukuran tubuhnya panjang jika dibandingkan dengan jenis ikan sebelumnya. Dengan ukuran tubuh tersebut membuat ikan ini kuat melawan musuh.

Alasannya bahwa musuh merasa takut dengan ukuran tubuh yang dimiliki oleh ikan yang satu ini. Jika ingin memelihara ikan ini, calon pemilik sebaiknya menyediakan aquarium ukuran besar sehingga ikan tersebut bebas.

Ikan yang memiliki ukuran tubuh besar dan hidup di dalam akuarium kecil membuatnya merasa tersiksa. Hal tersebut disebabkan karena ikan tidak bebas untuk bermain dan tidak memiliki teman.

5. Jenis Angelfish dan Discus

Selanjutnya adalah jenis ikan Angelfish dan Discus yang memiliki tempat ditemukan keduanya sama. Tempat ditemukan ikan ini adalah di lingkungan blackwater yang berada di lembah Amazon.

Lembah tersebut memang merupakan tempat mereka hidup bersama dan juga berenang. Mereka berenang di antara berbagai akar pohon dan juga gulma air yang ada di lembah Amazon tersebut.

Ukuran mulut dan ukuran tubuh yang dimiliki kedua jenis ikan ini adalah berukuran kecil. Dengan tujuan untuk memudahkan memetik invertebrata dan mencegah agar keduanya tidak merusak tanaman sekitar.

Perlu juga diketahui bahwa tempat berkembang biak kedua jenis ikan ini adalah di atas daun Amazon Swords. Selain itu, jenis ikan Angelfish dan Discus ini sangat menyukai suhu tropis.

Berbagai penjelasan mengenai ikan Aquascape yang kuat tersebut tentu salah satunya bisa dijadikan pilihan. Meskipun memiliki keunggulan yang berbeda akan tetapi kekuatan menyerang lawan tidak kalah kuat. Selain itu, bentuk tubuh bahkan ekor dan sirip dari berbagai jenis ikan yang dipaparkan tentunya berbeda.

Related posts