Ide Bisnis Kreatif yang Jarang Dilirik Banyak Orang

  • Whatsapp

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, ada baiknya jika mempertimbangkan dulu berbagai aspek yang ada didalamnya. Nah salah satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh siapa pun yang akan terjun ke dunia bisnis adalah ide.

Mengapa?

Read More

Sebab memiliki ide bisnis kreatif merupakan gerbang awal bagi para pebisnis pemula agar bisa bersaing dengan para pebisnis yang lainnya.

Jika seorang pemula hanya meniru ide-ide bisnis yang sudah ada, maka akan sulit sekali untuk bersaing terlebih lagi jika belum mempunyai brand yang dikenal masyarakat.

Namun dengan ide bisnis yang kreatif maka hal tersebut seharusnya bisa diatasi. Nah bagi yang masih kebingungan, berikut ini 7 ide bisnis unik dan kreatif yang masih jarang dilirik oleh banyak orang.

1. Jasa Sewa Peralatan Bayi

Ide bisnis kreatif yang pertama yaitu menyediakan jasa sewa peralatan bayi. Mungkin ini terdengar sedikit aneh, namun biasanya seperti itulah ide-ide kreatif itu lahir.

Bagi sebagian orang mungkin dianggap aneh dan tak biasa, namun bagi yang memiliki kejelian melihat peluang hal ini bisa dieksekusi sebagai ladang bisnis.

Alasan dari bisnis yang satu ini layak untuk dibuka karena peralatan bayi itu hanya bersifat sementara. Jadi banyak sekali pasangan yang baru memiliki bayi lebih memilih menyewa daripada harus membeli baru.

Peralatan bayi yang disewakannya beragam, mulai dari box bayi, pompa asi, hingga beberapa mainan.

2. Penyediaan Jasa Sewa Drone

Salah satu ciri bisnis kreatif yaitu bisnis yang mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk kemudian bisa dikonversikan pada sesuatu yang menghasilkan. Nah jika melihat salah satu peluang yang saat ini bisa dimanfaatkan yaitu membuka jasa penyewaan drone.

Sebagaimana diketahui bahwa untuk beberapa event tertentu kebutuhan dokumentasi merupakan sesuatu yang sangat penting. Hanya saja karena minimnya peralatan yang dimiliki biasanya para penyelenggara event lebih memilih untuk menyewa.

Nah salah satu alat yang masih jarang orang menyewakannya adalah drone, sehingga cukup prospek untuk kedepannya.

3. Membuka Salon Untuk Muslimah

Tidak banyak orang yang memikirkan untuk membuka salon khusus Muslimah. Padahal ide bisnis kreatif yang satu ini memiliki potensi yang begitu menjanjikan.

Selain karena Indonesia merupakan negara yang mayoritas agama Islam, beberapa perempuan yang beragama Islam juga akan sangat terbantu dengan kehadiran salon yang satu ini.

Hal ini dikarenakan ada beberapa hal privat bagi perempuan muslimah yang memang akan cenderung lebih nyaman jika dilayani dengan Muslimah lagi.

Di samping bisnis, ide untuk membuka salon khusus Muslimah juga bisa menjadi sarana untuk berdakwah.

4. Menjual Sayuran Siap Masak

Bagi para perempuan karir yang tidak punya banyak waktu, tak jarang lebih memilih membeli makanan siap saji daripada memasak sendiri. Selain karena memasak memang membutuhkan banyak waktu, aktivitas tersebut juga memerlukan keterampilan khusus dalam hal meracik bumbu.

Nah keadaan tersebut seharusnya bisa menjadi peluang untuk memunculkan ide bisnis kreatif.

Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka bisnis yang menyediakan sayuran siap masak. Jadi berbagai sayuran serta bumbu untuk memasaknya sudah tersedia di dalam satu kemasan.

Para pembeli juga tidak mesti repot-repot lagi untuk memotong kembali berbagai macam sayuran yang ada dalam kemasan tersebut. Pokoknya hanya butuh waktu 10 hingga 15 menit saja sayuran tersebut sudah siap untuk di santap.

5. Usaha Desain Mahar Dengan Uang Koin dan uang Kertas

Salah satu hal yang mesti dipersiapkan oleh seseorang yang akan menikah khususnya laki-laki adalah mahar. Selain mahar perhiasan, biasanya beberapa orang mempelai pria juga menginginkan mahar yang unik dan beda dari biasanya.

Dikarenakan tak mau ribet, biasanya kebanyakan orang lebih memilih membeli daripada harus membuat sendiri.

Nah keadaan tersebut bisa dijadikan sebagai ide bisnis kreatif. Cobalah buat beberapa desain mahar yang menarik menggunakan uang koin maupun kertas dengan divariasikan dengan hal yang lainnya.

Bahkan kalau memungkinkan coba juga menyediakan desain kustom sebagaimana keinginan dari pemesan itu sendiri.

6. Menyediakan Jasa Print 3 Dimensi

Bisnis kreatif lainnya yang masih belum banyak dilirik oleh orang-orang adalah penyediaan jasa print tiga dimensi. Jika selama ini orang-orang hanya mengenal istilah print itu untuk sesuatu yang dua dimensi saja seperti kertas, maka saat ini sudah ada printer khusus untuk tiga dimensi.

Banyak barang yang bisa di buat oleh printer tiga dimensi ini. Mulai dari berbagai macam aksesoris, barang-barang untuk penelitian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pokoknya prospeknya cukup menjanjikan karena keberadaannya terbilang cukup langka.

Baca Juga: Bisnis Tanpa Modal yang Sedang Tren dan Wajib Kalian Coba

7. Jasa Pembuatan Karikatur dan Lukis Wajah Menggunakan Pasir

Salah satu seni yang sampai saat ini masih memiliki nilai yang tinggi adalah karikatur. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang mempunyai keahlian menggambar peluang bisnis yang satu ini cukup menarik untuk dibuka.

Selain itu, bisa juga menyediakan jasa lukis wajah menggunakan media pasir. Karya-karya seni tersebut biasanya banyak dicari banyak orang baik untuk cinderamata, hadiah ulang tahun, ataupun keperluan yang lainnya.

Itulah beberapa referensi ide bisnis yang cukup kreatif, dimana ketujuh ide bisnis kreatif di atas masih belum begitu banyak orang yang melirik nya.

Peluangnya masih terbuka sangat lebar bagi siapa pun yang memang ingin terjun ke dunia bisnis namun masih belum tahu harus membuka bisnis apa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika memberanikan diri untuk mencoba salah satu ide bisnis yang telah disebutkan di atas.

Related posts