Di halaman ini, kami akan menjelaskan panduan untuk menggunakan layanan di Qlapa, baik untuk penjual maupun pembeli. Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami.


PANDUAN UMUM


Daftar Akun Baru

  1. Untuk mendaftar, klik DAFTAR di bagian kanan atas layar.
  2. Di halaman ini, kamu akan melihat formulir pendaftaran yang harus kamu isi. Isi sesuai dengan apa yang diminta masing-masing kolom
  3. Jangan lupa membaca kebijakan dan ketentuan Qlapa melalui link yang ada di bagian bawah formulir pendaftaran. Kalau kamu sudah setuju, centang kotak kecil yang ada di samping pernyataan persetujuannya.
  4. Kalau kamu sudah yakin bahwa informasi yang kamu masukkan sudah benar, klik BUAT AKUN BARU.
  5. Setelah mendaftar, kami akan mengirimkan email untuk verifikasi akun ke email yang kamu gunakan. Klik link yang ada di dalam email tersebut untuk memverifikasi akunmu.

Masuk (Login)

  1. Untuk login, kamu harus masuk ke halaman login dengan mengklik MASUK di bagian kanan atas layar.
  2. Di halaman login, cukup masukkan email dan password yang kamu daftarkan.
  3. Setelah yakin email dan password-nya benar, klik MASUK KE QLAPA dan mulailah aktivitas jual belimu :)

Lupa Password

Jangan khawatir jika kamu lupa dengan passwordmu. Kamu bisa kembali membuka akunmu dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, masuk ke halaman login dengan mengklik MASUK di bagian kanan atas layar.
  2. Lalu, masuk ke halaman lupa password dengan mengklik LUPA PASSWORD di bawah formulir login.
  3. Di halaman ini, kamu akan melihat formulir berisi satu kolom yang harus kamu isi dengan alamat email akunmu. Isi, lalu klik KIRIMKAN EMAIL.
  4. Setelah memasukkan email, kami akan mengirimkan link untuk masuk ke halaman ubah password ke email-mu. Buka email tersebut dan klik link yang tersedia.
  5. Di halaman ini, kamu akan melihat formulir untuk mengganti password. Isi formulir tersebut dengan password barumu. Kali ini, jangan sampai lupa lagi ya :)

Pengaturan Akun

Mengubah Data Diri
  1. Masuk ke halaman informasi akun dengan mengklik INFORMASI AKUN yang ada di menu AKUN** di bagian kanan atas layar.
  2. Di halaman ini, kamu akan melihat formulir berisi data dirimu. Isi atau ubah formulir tersebut dengan data dirimu sebenar-benarnya.
  3. Jika sudah yakin semua informasi tentang dirimu sudah benar, klik SIMPAN INFORMASI.
  4. Kamu bisa mengubah data dirimu kapanpun dengan cara yang sama.
Mengatur Alamat Kirim

Sebelum kamu bisa membayar produk yang kamu pesan, kamu harus memasukkan alamat kirimmu terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Masuk ke halaman pengaturan alamat kirim dengan mengklik Alamat Kirim di menu Akun di bagian kanan atas layar
  2. Masukkan data alamat kirimmu secara lengkap, mulai dari Nama, alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon di formulir yang tersedia sebenar-benarnya.
  3. Jika kamu sudah yakin alamat yang kamu masukkan sudah lengkap dan benar, klik Simpan.
Mengubah Pengaturan Notifikasi
  1. Masuk ke halaman pengaturan notifikasi dengan mengkllik ATUR NOTIFIKASI yang ada di menu AKUN di bagian kanan atas layar.
  2. Kamu akan melihat beberapa pernyataan berupa jenis informasi yang bisa kamu terima dengan kotak centang di sampingnya. Jika kamu ingin dikirimi informasi tersebut, klik kotak centang yang ada di samping pernyataan tersebut. Hapus centangnya untuk sebaliknya
  3. Jika sudah yakin dengan pilihanmu, klik SIMPAN INFORMASI.
  4. Kamu bisa mengubah pengaturan ini kapanpun.

Keluar (Logout)

Untuk mengeluarkan akunmu, cukup klik KELUAR yang ada di menu AKUN di bagian kanan atas layar. Kamu akan dibawa ke halaman depan Qlapa.


BERJUALAN DI QLAPA


Membuka Toko

Selama menjadi anggota terdaftar dan punya produk handmade buatan sendiri untuk dijual, kamu selalu bisa menjadi penjual di Qlapa. Cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman pendaftaran toko dengan mengklik BUKA TOKO yang ada di menu TOKO di bagian kanan atas layar.
  2. Di halaman ini kamu akan melihat formulir pendaftaran toko yang terdiri dari tiga tahap. Untuk tahap pertama, isi informasi tokomu, yaitu nama toko, link URL toko, serta deskripsi singkat mengenai tokomu.
  3. Klik SIMPAN INFORMASI.
  4. Kamu akan dihubungi tim Kami untuk dikirimkan link verifikasi toko Kamu.
  5. Di tahap kedua, kamu akan diminta untuk mengisi data terkait transaksimu, yaitu jasa pengiriman serta rekening bank yang kamu gunakan. Pertama, isi data pengiriman dengan jasa kurir yang kamu ingin gunakan, serta daerah asal kamu akan mengirmkan produkmu di masing-masing kolom yang tersedia.
  6. Lalu, di bagian bawah formulirnya, masukkan data bank, nomor rekening, dan nama lengkap pemilik rekening yang akan kamu gunakan untuk menerima hasil penjualanmu di kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah yakin dengan semua informasi yang kamu masukkan, klik SIMPAN INFORMASI.
  8. Di tahap ketiga, kamu akan melihat gambar bahwa kamu sudah berhasil membuka toko. Kamu sudah bisa mulai menjual produk handmade-mu.

Menambah dan Mengatur Produk

  1. Untuk mulai menambahkan produk yang akan dijual di tokomu, masuk ke halaman tambah produk dengan mengklik Tambah Produk di dalam menu TOKO di bagian kanan atas layar.
  2. Kamu akan masuk ke halaman yang berisi prosedur menambah produk yang terdiri dari tiga tahap. Di tahap pertama, masukkan nama produkmu sejelas mungkin di kolom Nama Produk.
  3. Agar produkmu semakin menarik perhatian, upload paling banyak lima foto terbaik dari produk tersebut dengan mengklik kotak putih berisi Tambah di bagian bawah. Jangan lupa menentukan foto utamanya dengan mengklik simbol bintang dengan tulisan Utama pada foto yang akan dijadikan foto utama.
  4. Klik SIMPAN.
  5. Di tahap kedua, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi utama dari produkmu. Masukkan informasi yang diminta sebenar-benarnya di kolom masing-masing.
  6. Masukkan harga di kolom Harga.
  7. Jika produkmu ready stock, pilih Tersedia serta jumlah stock-nya di kolom Stock, atau pilih Pre-order serta lama pembuatan produknya jika produkmu baru dibuat berdasarkan pesanan.
    • Masukkan berat produk di kolom Berat Produk.
    • Masukkan deskripsi produk selengkap dan sejelas-jelasnya di kolom Deskripsi Produk.
    • Jika kamu ingin memasukkan variasi dan kustomisasi, baca poin panduan berikutnya.
    Klik SIMPAN.
  8. Di tahap ketiga, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi tambahan dari produkmu. Masukkan informasi yang diminta sebenar-benarnya di kolom masing-masing.
    • Masukkan kategori produkmu dari pilihan yang tersedia di kolom Kategori.
    • Masukkan detail berupa target jenis kelamin, bahan baku, serta warna produk di kolom Detail.
    • Masukkan kata kunci tambahan dengan memasukkan kata kunci yang sesuai dengan produkmu di kolom Tag.
  9. Pastikan produkmu tidak melanggar hak cipta dan tidak melanggar kebijakan dan ketentuan Qlapa. Jika sudah yakin, centang kotak kecil di samping pernyataannya.
  10. Klik SIMPAN.
Menambah Variasi Produk

Kamu bisa menambahkan variasi produk jika produkmu punya varasi yang berbeda (misalnya warna) tapi bentuk dan berat yang masih sama. Caranya mudah.

  1. Di tahap kedua proses menambah produk, hapus centang di samping pernyataan variasi di bagian atas formulir untuk memunculkan kolom Variasi.
  2. Untuk menambah variasi, klik Tambahkan Variasi yang ada di kolom Variasi. Sebuah kotak berisi formulir variasi akan muncul.
  3. Isi detail variasi dengan lengkap sesuai dengan kolom yang tersedia.
    • Masukkan nama variasinya di kolom Nama Variasi.
    • Tentukan harga untuk variasi tersebut di kolom Harga.
    • Di kolom Stok&Pemesanan, pilih Tersedia jika produk dengan variasi tersebut ready stock dan berapa jumlah persediaannya. Atau, pilih Pre-order jika produknya baru dibuat berdasarkan pesanan, dan berapa lama pembuatannya.
  4. Klik TAMBAHKAN.
  5. Untuk mengubah variasi yang sudah dibuat, cukup klik Ubah, lakukan perubahan yang kamu inginkan, lalu klik UBAH. Sedangkan untuk menghapus, klik Hapus di kotak variasi tersebut.
Menambah Kustomisasi Produk

Jika produkmu menerima pesanan custom atau kustomisasi, kamu bisa menambahkannya di informasi produkmu dengan langkah-langkah berikut:

  1. Di tahap kedua proses menambahkan produk, centang pernyataan kustomisasi di bagian bawah formulir untuk memunculkan sebuah kolom baru.
  2. Untuk menambah pilihan kustomisasi, klik Tambahkan pilihan custom di kolom Customize. Sebuah kotak berisi formulir kustomisasi akan muncul.
  3. Isi detail kustomisasi lengkap sesuai dengan kolom yang tersedia.
    • Masukkan jenis kustomisasi yang kamu terima di kolom Variable yang dapat dicustom.
    • Pastikan calon pembeli memesan kustomisasi yang sesuai dengan memasukkan detail kustomisasi di kolom Penjelasan bantuan untuk pembeli.
  4. Klik TAMBAHKAN.
  5. Untuk mengubah kustomisasi yang sudah dibuat, cukup klik Ubah, lakukan perubahan yang kamu inginkan, lalu klik UBAH. Sedangkan untuk menghapus, klik Hapus di kotak kustomisasi tersebut.

Mengubah Informasi Toko

Jika ada perubahan dengan tokomu, kamu selalu bisa mengubah informasi tokomu dengan mengikuti cara-cara ini:

  1. Masuk ke halaman pengaturan informasi toko dengan mengklik Informasi Toko di menu TOKO di bagian kanan atas layar.
  2. Di sini, kamu bisa melakukan dua hal.
  3. Pertama, kamu bisa mengubah foto logo dan cover fotomu dengan mengklik Upload yang ada di kotak Tampilan Toko. *Kedua, kamu bisa mengubah informasi toko dengan mengubah informasi di kolom yang tersedia di dalam kotak Berikan Informasi Tokomu.
  4. Jika sudah merasa yakin, klik SIMPAN INFORMASI yang ada di bagian bawah halaman.

Mengubah Informasi Produk

Jika ada perubahan pada produkmu, misalnya harganya berubah, kamu punya variasi baru, dan sebagainya, kamu bisa mengubah informasi produkmu dengan mengikut langkah berikut:

  1. Kamu harus membuka halaman produk yang kamu ubah dengan cara mencari produk tersebut dan mengkliknya.
  2. Di halaman produk yang kamu jual, kamu akan menemukan tombol UBAH PRODUK di bawah kolom jumlah dan persediaan produk.
  3. Kamu akan masuk ke layar dan prosedur yang sama ketika kamu memasukkan produk, tapi sudah diisi dengan informasi dan foto produkmu. Ubah segala sesuatu yang ingin kamu ubah di tempat yang disediakan dengan sebenar-benarnya layaknya kamu menambahkan produk baru.
  4. Jika sudah yakin dengan perubahan yang kamu buat, klik SIMPAN.

Mengatur Kebijakan Toko

Jika punya, kamu bisa menambahkan kebijakan khusus untuk tokomu selama kebijakan tersebut sesuai dengan kebijakan dan ketentuan Qlapa dan bisa kamu penuhi dan pertanggungjawabkan.

  1. Masuk ke halaman pengaturan kebijakan dengan mengklik KEBIJAKAN PENJUAL di menu TOKO di bagian kanan atas layar.
  2. Untuk menambahkan kebijakan baru, cukup masukkan judul kebijakan dan deskripsi kebijakan sebenar dan selengkap-lengkapnya di kolom yang tersedia, lalu klik Tambah yang ada di sebelah kiri.
  3. Untuk mengubah kebijakan yang sudah ada, cukup edit teks yang ingin kamu ubah, lalu klik Ubah di sebelah kiri kebijakan tersebut.
  4. Untuk menghapus kebijakan yang sudah ada, cukup klik Hapus yang ada di sebelah kiri kebijakan yang ingin dihapus.

Menerima dan Mengelola Pesanan

Setiap pesanan dari pembeli akan otomatis masuk ke akunmu di Qlapa. Untuk mengelolanya, lakukan langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke halaman penjualan dengan mengklik PESANAN BARU di menu TOKO di bagian kanan atas layar.
  2. Kamu akan melihat dua tabel, yaitu tabel, yaitu tabel Pesanan Baru dan tabel Sudah Dikirim. Untuk mengubah status pesanan dari dipesan menjadi dikirim, masukkan resi pengiriman di pada produk pesanan yang sudah kamu kirimkan di tabel Pesanan Baru. Lalu, klik SIMPAN.
  3. Untuk mengubah nomor resi, masuk ke tabel Sudah Dikirim dan ubah resi pengiriman yang ingin kamu ubah, lalu klik Simpan.

Melihat Hasil Penjualan

Kamu bisa melihat penjualan mana saja yang sudah kamu lakukan, dan melihat berapa banyak uang hasil penjualan yang belum kamu cairkan. Cukup masuk ke dalam halaman penjualan dengan mengklik PENJUALAN di menu TOKO di bagian kanan atas layar. Sebagai catatan, uang hasil penjualanmu baru bisa cair secara otomatis 8 hari setelah produk yang dipesan terkirim.


Melihat Ulasan Pembeli

Kamu juga bisa melihat ulasan dari calon pembelimu mengenai produk yang pernah mereka beli dari tokomu. Ada dua cara untuk melakukan ini

  • Cara pertama yaitu membuka halaman tokomu dengan mengklik HALAMAN TOKO di menu TOKO di bagian kanan atas layar, lalu klik Ulasan yang ada di sebelah kiri halaman tokomu. Kamu akan bisa melihat semua ulasan yang sudah kamu terima.
  • Cara kedua adalah membuka halaman produkmu satu per satu dan membaca ulasan untuk tiap produk tersebut dengan mengklik Ulasan di bagian bawah halaman produk tersebut.

BELANJA DI QLAPA


Mencari dan Melihat Produk

Ada dua cara untuk mencari dan melihat produk di Qlapa, yaitu melalui kotak pencarian dan melalui kategori.

Melalui Kotak Pencarian
  • Di bagian atas layar, ada sebuah kotak kosong dengan tulisan Cari Produk. Ketikkan kata kunci produk yang kamu cari di kotak tersebut, lalu tekan Enter.
  • Semua produk yang mengandung kata kunci yang kamu cari akan muncul. Untuk mempersempit atau menyaring pencarian, kamu bisa mengklik kata kunci tambahan yang ada di di bawah kotak pencarian.
Melalui Kategori dan Sub-Kategori
  • Di bagian kiri atas layar, kamu akan menemukan menu bernama KATEGORI. Klik menu tersebut dan pilih kategori yang sesuai dengan produk yang kamu cari (misalnya kamu mencari kacamata, pilih kategori Aksesoris).
  • Semua produk yang termasuk dalam kategori yang kamu pilih akan muncul. Untuk mempersempit pencarian, kamu bisa mengklik sub-kategori yang sesuai dengan produk yang kamu cari (misalnya kamu mencari kacamata, pilih sub-kategori Kacamata).

Di kedua cara ini, kamu bisa mempersempit hasil pencariannya lebih jauh lagi berdasarkan bahan, rentang harga, dan warna melalui empat kotak pilihan di atas hasil pencarian. Pastikan kamu menggunakan fitur pencarian ini untuk memudahkanmu mencari produk yang kamu inginkan.


Menambahkan Produk ke Favorit

Jika suatu hari kamu menemukan produk yang bagus atau menarik yang belum bisa kamu beli, kamu bisa menyimpannya di akunmu untuk diakses dengan cepat nantinya. Caranya mudah.

  1. Buka halaman produk tersebut dengan mengklik produknya di daftar produk.
  2. Di samping kanan harga barang, akan ada tombol FAVORIT berwarna biru. Klik tombol tersebut untuk memasukkan produknya ke daftar favoritmu.
  3. Tombol FAVORIT-nya akan berubah menjadi warna hijau dan produk tersebut sudah masuk ke daftar favoritmu. Kamu bisa mengaksesnya dengan cepat kapanpun dengan mengklik FAVORIT di menu AKUN di bagian kanan atas layar.
  4. Untuk menghapus produk tersebut dari daftar favoritmu, cukup klik sekali lagi tombol FAVORIT tersebut sampai menjadi warna biru kembali.

Memasukkan Produk ke Keranjang Belanja

  1. Cari dan temukan produk yang kamu inginkan. Jika sudah ketemu, klik produknya untuk masuk ke halaman produk tersebut.
  2. Ada banyak hal yang akan ditampilkan di halaman ini. Ada gambar/foto produk di sebelah kiri, Detail Produk lengkap dan Ulasan produk di bawah gambar/foto, serta harga dan persediaan di sebelah kanan foto produk. Pastikan kamu memperhatikan atau membaca semua informasi yang tersedia agar kamu tidak salah beli.
  3. Beberapa toko juga punya kebijakan khusus untuk tokonya, dan akan muncul dengan mengklik Kebijakan Toko di bawah gambar/foto produk. Pastikan kamu juga membaca kebijakan toko ini dengan baik.
  4. Tentukan berapa banyak jumlah produk yang akan kamu pesan dengan memasukkan jumlahnya di sebelah kanan gambar/foto produk. Jika produk tersebut memiliki pilihan variasi, pilih salah satu dari variasi yang disediakan terlebih dahulu(wajib). Tapi, pastikan jumlah pesananmu tidak lebih dari jumlah produk yang tersedia.
  5. Beberapa produk juga menyediakan pesanan custom melalui fitur Kustomisasi yang akan kamu temukan di sebelah kanan gambar/foto produk, dan sifatnya opsional. Jika kamu mau memesan produk custom, kamu bisa mencentang pernyataannya, lalu mengisi pilihan kustomisasi yang ada sesuai dengan ketentuan yang tertera di sana.
  6. Jika sudah yakin dengan pesananmu, klik TAMBAH KE KERANJANG yang ada di sebelah kanan gambar/foto.
  7. Produk sudah masuk ke keranjang belanja di pojok kanan atas layar. Kamu bisa melanjutkan belanja atau langsung melakukan check-out dan pembayaran.

Melakukan Checkout dan Pembayaran

Jika kamu sudah selesai memilih produk-produk yang ingin kamu beli, kamu tinggal membayar produk tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke keranjang belanjamu dengan mengklik icon keranjang yang ada di pojok kanan atas layar.
  2. Pastikan alamat pengirimanmu sudah benar atau sudah diisi. Jika masih salah, kamu bisa mengkoreksinya dengan mengklik Ubah. Jika belum memasukkan alamat kirim, klik Masukkan Alamat Kirim untuk memasukkan alamat kirimmu.
  3. Pastikan produk yang kamu pesan sudah benar. Jika keliru atau berubah pikiran, kamu bisa mengubahnya dengan mengklik Ubah, atau menghapusnya dengan mengklik Hapus yang ada di samping gambar tiap produk.
  4. Pilih jasa ekspedisi yang ingin kamu gunakan untuk masing-masing produk yang ada di keranjang dari pilihan yang tersedia di bawah gambar produk yang kamu pesan.
  5. Jika sudah yakin, klik CHECKOUT PESANAN di bagian bawah layar keranjang belanja.
  6. Berikutnya, kamu harus memilih metode pembayaran yang kamu gunakan. Ada tiga pilihan pembayaran yang bisa dipilih di bagian tengah layar pembayaran:
    • Transfer Bank.
      • Silahkan pilih salah satu Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI) dan transfer ke salah satu bank tersebut.
      • Jika sudah transfer, masukkan informasi transfer yang sudah kamu lakukan dengan lengkap di formulir yang tersedia.
      • Klik tombol "KLIK JIKA SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN" untuk menyelesaikan transaksi.
    • Kartu Kredit.
      • Isi data kartu kreditmu di kolom yang tersedia untuk melakukan pembayaran.
      • Klik tombol “LAKUKAN PEMBAYARAN” untuk menyelesaikan transaksi.
      Catatan: Kamu tidak perlu memverifikasi pembayaranmu jika menggunakan metode pembayaran kartu kredit.
    • Indomaret.
      • Klik tombol “BAYAR MENGGUNAKAN INDOMARET” untuk mendapatkan kode pembayaran baru.
      • Silahkan membayar dengan menunjukkan kode yang kamu dapat ke kasir Indomaret terdekat.
      Catatan: Kamu tidak perlu memverifikasi pembayaranmu jika menggunakan metode pembayaran Indomaret.
  7. Kamu akan masuk ke halaman TRANSAKSI SELESAI sesuai dengan metode pembayaran yang sudah kamu pilih sebelumnya.
    • Transfer Bank & Kartu Kredit > Pesanan baru akan diteruskan ke penjual jika pembayaranmu sudah berhasil dikonfirmasi oleh tim Qlapa.
    • Indomaret > Pesanan akan diteruskan ke penjual jika pembayaranmu di Indomaret sudah berhasil kami terima.
  8. Kamu bisa mengawasi pembelianmu dengan mengklik HALAMAN PEMBELIAN di bagian kanan bawah, atau kembali berbelanja dengan mengklik KEMBALI KE HOME di bagian kiri bawah halaman.

Memberikan Ulasan Produk

Kamu bisa memberi ulasan ke produk yang sudah kamu terima dari penjual dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman ulasan dengan mengklik ULASAN di menu AKUN di bagian kanan atas layar.
  2. Kamu akan melihat semua produk yang sudah kamu pesan dan terima. Untuk memberi ulasan, cukup berikan bintang di simbol lima bintang di samping gambar/foto produk, serta komentar, kesan, pengalamanmu di kotak yang tersedia di bawah bintang di masing-masing produk. Ingat, isi sejujur-jujurnya
  3. Jika sudah yakin, klik SUBMIT ULASAN sebelah kanan masing-masing produk.

Mengawasi Status Pembelian

Kamu bisa melihat dan mengawasi status pesananmu, baik yang baru kamu pesan atau yang sudah kamu terima dengan cara berikut:

  1. Masuk ke halaman pembelian dengan mengklik PEMBELIAN di menu TOKO.
  2. Kamu akan melihat semua informasi transaksimu, mulai dari barang, harga, alamat kirim. sampai status transaksinya.

Hubungi Qlapa

Jika kamu ingin bertanya seputar proses jual beli atau ingin mengajukan kerja sama, silahkan hubungi kami melalui:

Untuk Pertanyaan Seputar Proses Jual Beli

Silahkan hubungi kami di support@qlapa.com atau telepon ke +6221 56951278
Whatsapp (Pembeli): 0896 7875 6048, Whatsapp (Penjual): 0895 34402 5268

Untuk Pengajuan Kerja Sama atau Liputan Media

Silahkan hubungi kamu di team@qlapa.com