Film Tentang Pendidikan yang Wajib kalian Tonton

  • Whatsapp

Bagi semua orang, pendidikan merupakan hal penting yang harus diutamakan dan dijunjung tinggi. Agar mewujudkan hal yang lebih baik, bagi Individu maupun masyarakat secara luas.

Pendidikan tidak hanya diajarkan sebagai ilmu saja di bangku sekolah. Namun, sebuah pengalaman dari film tentang pendidikan juga bisa menginspirasi setiap orang.

Read More

Film pendidikan ini diciptakan dari berbagai macam ide mulai dari hal nyata terjadi hingga dibumbui kisah fiksi. Tujuan dari film pendidikan tetap sama, memberikan edukasi baru bagi semua orang.

Bahkan bisa menyulut semangat para generasi muda dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik lagi. Inilah beberapa rekomendasi film pendidikan yang menjadi inspirasi.

1. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Jika ingin melihat lebih dalam tentang perjuangan pendidikan tidak hanya di bangku sekolah, film Tjokroaminoto ini memberikan suguhan berbeda.

Bahwa pendidikan tidak hanya tentang ilmu pengetahuan saja namun lebih dari itu, ada banyak hal yang bisa dipelajari.

Perjuangan untuk bisa mencintai tanah airnya yang dahulu belum bernama Indonesia. Dalam cerita ini penonton akan memahami bagaimana perjuangan seorang guru bangsa, Tjokroaminoto dalam mengobarkan semangat rakyat untuk berjuang melawan penjajahan.

Menjadi lebih cerdas dalam berniaga, serta rajin menuntut ilmu. Di rumahnya, beliau mendidik berbagai putra bangsa yang akhirnya menjadi tokoh nasional, salah satunya adalah Soekarno.

2. Sakola Rimba

Film berdasarkan kisah nyata dari Butet Manurung yang memiliki cerita dengan suku anak dalam. Dari kisah nyata tersebut, Sakola Rimba hadir sebagai film tentang pendidikan yang ada di Indonesia.

Setting film dan adegan di hutan, bagaimana proses belajar anak-anak suku dalam. Hingga suatu hari ada seorang anak dari suku lain ingin ikut belajar.

Namun, karena kepercayaan adat sukunya anak tersebut hanya melihat dari jauh. Bungo, begitu nama anak yang ingin bisa belajar membaca dan menulis. Setiap hari menyaksikan anak-anak suku dalam belajar bersama.

Bagi suku asal Bungo, pensil merupakan malapetaka, tidak boleh ada satu anggota suku yang memegang pensil. Hingga akhirnya tantangan dan konflik mulai terjadi.

Film ini mengajarkan kegigihan untuk belajar apapun yang terjadi. Karena dengan membaca bisa menyelamatkan hutan dari perjanjian yang memberatkan sukunya.

3. Laskar Pelangi

Film yang diadopsi dari novel terkenal karya Andrea Hirata ini juga terinspirasi dari kisah nyata. Mengambil setting di Belitung dan menampilkan sisi pendidikan yang begitu menyedihkan. Sarana dan prasarana yang tak layak, inilah sisi lain dari dunia pendidikan.

Namun, diluar itu ada anak-anak yang semangat untuk bersekolah meskipun keadaan sekolah mereka seadanya. Tidak hanya belajar dengan kegigihan ditengah keadaan, tetapi juga mengajarkan rasa persahabatan yang begitu tinggi.

Laskar Pelangi, sebuah film yang mendapat berbagai macam penghargaan. Mengajarkan nilai moral, kesetiaan, kegigihan dan berdamai dengan keadaan yang terjadi. Film Laskar Pelangi sangat Inspiratif untuk semua kalangan.

4. Negeri 5 Menara

Film tentang pendidikan, Negeri 5 Menara ini juga diangkat dari novel bestseller karya A.Fuadi. Sebuah film yang mengisahkan kehidupan para santri di pesantren inilah yang menjadi fokus film Negeri 5 Menara.

Sebuah pesan moral yang diberikan tentang bagaimana harus bersungguh-sungguh dan pasti akan berhasil, yaitu, Man Jadda Wa Jadda. Inilah yang menjadi inspirasi besar para santri di pesantren tersebut.

Cerita yang menyuguhkan persahabatan di pesantren ini membuat penonton memahami sisi lain dari dunia pesantren. Dengan berbeda menara kemudian berkumpul dan saling bercerita tentang cita dan masa depan.

Disuguhkan konflik antar tokoh, serta semangat belajar di pesantren yang begitu disiplin. Film Negeri 5 Menara berhasil memberikan kesan tentang pendidikan dari pesantren.

5. Jembatan Pensil

Film dengan setting tempat di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara ini memberikan suguhan indah tentang sisi lain laut Indonesia. Perjuangan masyarakat nelayan hingga jarak yang ditempuh saat anak-anak harus bersekolah.

Jembatan Pensil berhasil memberikan pesan moral yang berharga bagi masyarakat Indonesia. Bahwa jangan pernah menyerah dengan keadaan, sesulit apapun.

Dengan adanya keberagaman latar belakang anak di sekolah yang terbatas fasilitas tersebut, memberikan pelajaran berharga bagi semua. Bahwa pendidikan sepatutnya diperjuangkan bersama, inilah nilai dari film Jembatan Pensil.

Kisah tentang persahabatan anak-anak tersebut juga memberikan sajian lain dan nuansa yang berbeda. Bagaimana mereka bisa bertahan di keadaan yang sulit saat jembatan yang disebranginya, runtuh.

6. Mimpi Ananda Raih Semesta

Gunung Kidul, Yogyakarta menjadi setting tempat untuk pembuatan film Mimpi Ananda Raih Semesta atau MARS. Kisah tentang seorang ibu yang dengan keterbatasan keadaan hidup serta tidak mampu baca tulis. Sejak kecil ia memiliki cita-cita sederhana, ingin jadi anak pintar.

Setelah dewasa dan memiliki anak, si ibu ini berjuang demi anaknya untuk mengantarkan anaknya meraih cita-cita. Perjuangan sang anak diceritakan dalam film tentang pendidikan ini bisa menjadi inspirasi semua orang.

Bagaimana seorang ibu pun dengan penuh kasih sayang selalu mendukung anaknya. Film MARS sangat menyentuh dan bisa ditonton untuk semua keluarga. Bahwa seorang ibu menjadi jembatan untuk cita-cita anaknya dan mengantarnya meraih mimpi.

Baca Juga: Penjelasan dan Fungsi Undang Undang Pendidikan

7. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Sebuah film yang menghadirkan permasalahan negara tentang dunia pendidikan dan kemiskinan. Alangkah Lucunya Negeri Ini, film karya Deddy Mizwar memberikan pesan moral dengan sajian komedi yang santai.

Mengisahkan tentang seorang lulusan S1 yang susah mendapatkan pekerjaan kemudian dikenakan temannya dengan dunia para pencopet anak.

Disana si tokoh mengajarkan pelajaran berharga kepada si anak-anak tentang ilmu agama dan ilmu kenegaraan. Sehingga akhirnya anak-anak tersebut menjadi anak yang berpendidikan, tinggi nilai sosial serta religius.

Inilah beberapa film tentang pendidikan yang bisa menjadi inspirasi semua orang. Bahwa dalam hidup banyak hal yang harus diperjuangkan. Salah satunya tentang pendidikan, bagaimana proses menjalani keadaan di masa sulit, bagaimana pendidikan itu menjadi penting untuk diraih.

Cita-cita tidak akan terwujud tanpa adanya pendidikan yang terbaik. Maka setiap orang memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan dan membantu mensukseskannya.

Related posts