Penyebab dan Tips Menggunakan Facial Wash Untuk Kulit Kering Sensitif

  • Whatsapp

Facial wash untuk kulit kering sensitif memang menjadi salah satu cara atau media untuk membuat kulit wajah kembali menjadi cemerlang. Pada tahapan tersebut, jelas saja bahwa membersihkan wajah merupakan suatu tahapan awal yang wajib dilakukan oleh setiap wanita maupun laki laki. Tujuan dari membersihkan wajah adalah agar saat menggunakan skin care maka, skin care tersebut dapat diserap dengan baik.

Sehingga hasil dari merawat kulit wajah yang di idam idamkan akan makin terlihat dengan baik dan benar. Sebenarnya tidak hanya dengan menggunakan facial wash saja, namun juga dapat menggunakan facial foam agar kulit wajah semakin berseri dan tentu saja akan mendapatkan hasil yang paling maksimal.

Penyebab Kulit Kering Sensitif

Pada umumnya kekeringan kulit disebabkan oleh beberapa macam hal.Kekeringan yang terjadi pada kulit juga menyebabkan tanda tanda penuaan yang kerap kali muncul dengan segera. Salah satu hal yang Nampak adalah kemunculan garis garis sehingga hal tersebut sangat nampak dan menimbulkan kerutan pada wajah.

Lalu sebenarnya apa yang menjadi kerutan kering pada wajah sehingga menjadi sensitif ? jika diperhatikan dengan seksama hal yang menjadi penyebab kulit kering adalah dikarenakan adanya enzim yang pada mulanya bertindak untuk memperbaiki atau membuat kondisi kulit normal sedang dalam fase terlemahnya.

Saat terjadi fase terlemah dalam kondisi tersebut maka akan menyebabkan produksi kelenjar minyak menjadi semakin bertambah, akibat dari hal tersebut maka akan menjadi kan kerusakan sel serta terjadinya penuaan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadi kekeringan kulit wajah. Salah satu penyebab utama terjadinya kekeringan wajah adalah karena adanya kekurang natural sebum protection.

Akibat terjadinya natural sebum protection maka yang terjadi adalah kulit wajah menjadi kekurangan air. Hal seperti disebut sebagai extra evaporasi, maka dari itu penguapan yang terjadi akan semakin cepat dan mengakibatkan pasokan air dalam wajah akan semakin cepat hilang.

Salah menggunakan produk seperti pelembab memang menjadi salah satu penyebab terjadinya kekeringan pada wajah. Pada dasarnya, penggunaan pelembab menjadi salah satu cara untuk mengatasi dehidrasi pada kulit wajah. Sehingga penggunaannya harus sesuai dengan aturan. Karena jika tidak sesuai dengan aturan akan terjadi permasalahan yang berdampak negatif pada kulit wajah.

Selain itu, penggunaan pembersih dengan daya kemampuan membersihkan yang kuat juga dapat menyebabkan kerusakan atau kulit kering pada permukaan kulit wajah. 

Cara Menentukan Facial Wash Untuk Kulit Kering Sensitif

Meskipun mengalami kekeringan pada kulit wajah, kebersihan wajah haruslah tetap dijaga, karena jika tidak dijaga hal tersebut tentunya dapat menyebabkan permasalahan yang lebih kompleks. Untuk memilih facial wash untuk kulit kering sensitif harus sesuai dan memperhatikan kandungan kandungan yang ada didalamnya. Kandungan atau formula didalamnya haruslah sesuai atau pas dengan keadaan seseorang yang mengalami kondisi kulit wajah kering. Agar tidak salah dalam memilih produk serta kandungan bahan dasarnya, berikut tata caranya.

1. Harus Utamakan Produk Dalam Bentuk Cream

Produk facial wash memang disajikan dalam beragam bentuk, ragam bentuk yang disajikan tersebut merupakan bentuk bentuk yang memang banyak beredar di pasaran. Contohnya saja adalah ada yang dari krim, busa gel, bubuk dan beragam bentuk lainnya. Namun dalam beberapa kasusnya, produk tersebut ada yang didasarkan untuk permasalahan kulit tertentu.

Untuk yang memiliki permasalahan kulit kering yang urgent, maka pemilihan produk sabun muka atau facial wash bisa dijadikan pilihan utama. Pemilihan tersebut sebagai bentuk bahwa pembersih muka berbentuk sabun atau foam lebih lembut dan lebih halus dalam membersihkan serta merawat muka. Dengan pemilihan foam, maka kebersihan kulit akan tetap terjaga tanpa harus menghilangkan kelembaban kulit.

Selain menggunakan facial foam, bahan lainnya yang  bisa digunakan adalah dengan menggunakan micellar water. Fungsi utama dari micellar water sebenarnya adalah untuk membersihkan make up. Penggunaanya adalah dengan menuangkan pada kapas, setelah itu usah pada seputaran wajah. Kandungannya memang lebih ringan dan tidak terlalu berat, dan dapat digunakan pada semua jenis kulit wajah.

2. Pilih Kandungan Dengan Pelembab yang Banyak

Kulit yang terasa kering, kasar, serta terlihat pecah pecah menjadi pertanda nyata  bahwa kulit wajah benar benar mengalami kekurangan pelembab pada wajah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab dengan kandungan pelembab yang tinggi.

Kandungan yang mengikat kelembapan kulit yang sering dipakai adalah gliserin, jojoba oil, serta vitamin E. Kandungan kandungan tersebut adalah bahan yang memiliki kemampuan yang cukup kuat dalam mengikat kelembapan kulit wajah.

3. Perhatikan Kandungan Alkoholnya

Ada beberapa kandungan alkohol atau jenis alkohol yang penggunaannya harus dihindari oleh pemakai. Jenis yang pertama adalah penggunaan alkohol dengan daya low molecular, jenis alkohol yang ini harus diupayakan untuk dihindari. Karena sifatnya yang mudah menguap sehingga akan menyebabkan kulit terasa lebih cepat menguap dan menjadi kering.

Namun ada juga jenis alkohol yang bisa digunakan dan lebih terasa ringan di kulit. Yaitu alkohol dengan kandungan hasil fermentasi. Dengan hasil fermentasi minyak, maka tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Justru kebalikannya, kandungan tersebut akan menyebabkan kulit menjadi lebih lembab dari biasanya.

Untuk membedakannya cukup sederhana, yaitu dengan melihat tabel komposisi yang ada pada kemasan. Jadi kesimpulannya, bagi pemilik kulit wajah kering diperbolehkan menggunakan facial wash atau pelembab dengan kandungan alkohol, namun yang harus dipastikan adalah kandungan alkohol yang dimaksud adalah flatty alkohol.

4. Memilih Facial Wash Dengan Daya Bersih

Memilih pembersih wajah dengan daya bersih ringan harus benar benar dipilih. Karena pembersih dengan daya bersih atau kandungan pembersih yang ringan akan sangat baik untuk Kesehatan kulit. Daya angkatnya tidak terlalu kuat sehingga tidak akan merusak kulit wajah.

Meski pada umumnya banyak yang memilih menggunakan facial wash dengan daya bersih kuat, bagi penderita kulit wajah kering hal ini sangat tidak dianjurkan. Sifat exfoliating nya akan menimbulkan pengangkatan kelembaban kulit wajah. Jadi jangan sampai salah memilih facial wash yang baik untuk wajah.

5. Gunakan Facial Wash Tanpa Kandungan Detergen

Dalam memilih facial wash untuk kulit kering sensitif, yang harus dihindari adalah jangan menggunakan produk yang mengandung detergen. Kandungan tersebut dapat menyebabkan kulit wajah akan menjadi lebih kering dari biasanya. Dengan menggunakan facial wash tanpa kandungan detergen tentu akan sangat membantu dalam merawat kulit wajah.

Facial wash untuk kulit kering sensitif memang sangat diperlukan dalam mode perawatan. Nah maka dari itu produk perawatan wajah terbaik akan menjadi solusi untuk permasalahan kulit wajah kering. Banyak produk yang disediakan untuk membantu mengatasi kulit kering yang sensitif. Karena jika asal asalan dalam memilih produk facial wash akan dapat menyebabkan permasalahan yang lebih kompleks. Sehingga harus memilih produk yang benar benar sesuai dengan permasalahan kulit wajah kering.

Related posts