Etika Bisnis Adalah Hal Penting Dalam Berbisnis

  • Whatsapp

Memenuhi kebutuhan hidup saat ini tidak hanya bisa dengan bekerja pada korporasi dan menjadi karyawan. Tetapi dalam perjalanannya juga bisa membuka bisnis sendiri selama memiliki modal dan mampu untuk memulai hal yang baru.

Hal pertama yang perlu dipahami yaitu etika. Etika bisnis adalah pedoman dilakukan saat berbisnis dari segi individu, pelanggan, atau badan usaha.

Read More

Dasar berbisnis sudah mulai dipelajari di bangku sekolah atau kuliah dalam pelajaran ilmu ekonomi. Hal ini tidak terlepas dari etika bisnis itu sendiri karena pentingnya untuk memahami apa yang harus dilakukan.

Dari kata etika sendiri, dapat dipahami etika bisnis adalah aturan dasar atau norma yang tidak tertulis sebagai pegangan pengusaha.

Memahami Etika Bisnis Menurut Ahli

Pengertian etika bisnis di atas mungkin masih belum bisa dibilang valid karena (mungkin) keabsahannya yang diragukan. Karena itu, diberikan beberapa pendapat dari para ahli untuk meyakinkan dan menjelaskan apa itu etika bisnis sendiri. Ini dia pengertian menurut ahli tersebut:

  • Hill and Jones. Etika bisnis diartikan sebagai suatu ajaran yang menjadi pembeda di antara sikap salah dan benar dalam melakukan bisnis. Hal tersebut menurut keduanya adalah hal dasar yang menjadi pegangan dalam mengambil keputusan berkaitan dengan moralitas yang ada.
  • Yosephus. Pengertian etika bisnis tidak lagi lagi dijelaskan, melainkan tentang wilayah yang menjadi penerapan dari prinsip moral ini. Menurutnya etika bisnis memiliki target menyasar pada perilaku moral dari para penggerak bisnis yang dalam kegiatannya berkaitan dengan kegiatan ekonomi.
  • Stade Et Al. Sedari tadi pengertian etika bisnis hanya menjadi dasar dari sebuah keputusan yang diambil oleh pebisnis, dan Stade melengkapi pengertian tersebut. Menurutnya etika bisnis adalah standar atau patokan minimal hal yang berkaitan pada tujuan dan keputusan yang akan diambil nantinya. Jadi etika bisnis ini adalah hal yang minimal perlu dimiliki.

Prinsip Etika Bisnis

Etika bisnis sendiri dalam penerapannya tidak dilakukan secara serampangan tanpa memiliki sebuah prinsip tertentu yang harus dijalankan. Beberapa hal yang termasuk dalam prinsip etika bisnis adalah:

1. Jujur dalam Komunikasi dan Sikap

Membangun sebuah bisnis akan selalu dan terus berpegang teguh pada kejujuran yang dimiliki oleh masing-masing. Kejujuran ini akan sangat berpengaruh pada trust atau kepercayaan dari konsumen dan mitra bisnis nantinya. Ketika sudah melakukan prinsip jujur ini, maka kepercayaan akan meningkat dan tidak akan kehilangan mitra bisnis.

2. Komitmen dan Berpegang Teguh pada Janji

Kekecewaan konsumen tidak hanya ketika melakukan kebohongan besar saja tetapi juga bisa terjadi saat ada kebohongan tertentu. Komitmen menjadi hal penting yang menunjukkan keseriusan terhadap jalannya usaha bisnis itu sendiri.

Dari komitmen ini, janji yang dibuat pasti harus selalu ditepati baik janji di segi kualitas atau ketepatan waktu.

3. Otonomi

Prinsip otonomi sendiri dalam etika bisnis adalah prinsip dalam hal mandiri, bertanggung jawab dan juga kebebasan. Hal tersebut berarti bahwa sebuah badan bisnis harus bisa memutuskan sebuah tindakan berdasarkan kemampuan sendiri tanpa ada hasutan dan ketergantungan.

Dalam penerapannya, prinsip otonomi ini penting untuk menunjang prinsip kedua yakni komitmen agar tidak mudah berubah.

4. Saling Menguntungkan

Dalam berbisnis tidak boleh mengedepankan ego tanpa memperhatikan rekan bisnis atau pelanggan. Hal yang perlu disadari adalah prinsip saling menguntungkan ini menjadi penting agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan nantinya.

Sebagai produsen, keuntungan yang diterima adalah dalam bentuk harga jual sedangkan dari sisi konsumen akan mendapatkan kualitas barang.

5. Integritas Moral

Prinsip yang terakhir ini berarti prinsip untuk tidak akan pernah merugikan orang lain pada setiap kegiatan dan keputusan yang diambil nantinya. Prinsip ini berkaitan dengan prinsip moralitas yang berhubungan dengan setiap manusia memiliki harkat dan martabat masing-masing yang perlu dihormati.

Manfaat Etika Bisnis

Etika bisnis ketika dijalankan dengan sungguh-sungguh akan memberikan banyak sekali manfaat yang bisa diterima nantinya. Ini menjadi motivasi tersendiri untuk tetap menjalankan etika bisnis tersebut. Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari etika bisnis adalah:

1. Kemampuan Jati Diri yang Berkembang

Ketika etika bisnis dijalankan dengan baik, maka citra perusahaan yang dimiliki juga akan mengalami peningkatan. Ketika citra baik ini meningkat, dampak yang diberikan cukup besar seperti misalnya memperluas jangkauan customer.

Berkembangnya citra ini harus diimbangi dengan kemampuan pengendalian diri agar tidak melakukan sesuatu yang mencoreng nama baiknya.

2. Persaingan yang Sehat

Iklim persaingan dalam suatu bisnis akan berkaitan erat dengan setiap pelaku yang ada di dalamnya. Ketika semua pelaku sudah menjalankan etika bisnis, maka iklim persaingan yang ada juga bisa menjadi sehat.

Keberadaan persaingan sehat ini bisa membuat persaingan bisnis akan berdasar pada kelebihan yang dimiliki oleh setiap pebisnis nantinya.

3. Sikap Saling Percaya

Adanya sikap saling percaya dalam berbisnis merupakan hal yang penting karena ketika sudah ada kepercayaan, maka melakukan bisnis akan lebih nyaman. Kepercayaan ini juga bisa memberikan kelancaran dalam pembuatan perjanjian atau transaksi.

4. Kepentingan Bersama

Jika dilihat secara menyeluruh, keberadaan etika bisnis ini menyokong segala bentuk kepentingan bersama.

Adanya etika ini mendorong setiap pelaku bisnis untuk memandang secara menyeluruh tidak lagi hanya pada keuntungan yang bisa diraih. Saat kepentingan bersama didahulukan, maka iklim yang ada akan menjadi baik dan terawat.

Baca Juga: Bisnis yang Menjanjikan & Mudah Dijalankan Saat Ini

5. Kenyamanan Berbisnis

Kenyamanan menjadi satu hal yang bisa mendorong setiap pelaku bisnis bisa melakukan pekerjaannya secara lebih optimal. Hal ini membantu terciptanya sebuah kualitas barang yang lebih baik dalam jangka waktu sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Faktor kenyamanan juga mendorong kesuksesan berbisnis baik dari pelanggan yang betah atau juga pekerja.

Jadi etika bisnis adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan berbisnis sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk perwujudan dari adanya etika ini mulai dari hal kecil seperti membayar tagihan saat mengundang mitra bisnis dan ucapan terimakasih.

Related posts