5 Poin Penting Data Center Indonesia yang Harus Diperhatikan

  • Whatsapp
Data Center Indonesia

Data center merupakan salah satu jenis layanan yang memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan. Sesuai namanya, layanan ini menjadi sebuah pusat data yang akan menyimpan berbagai data dari sebuah perusahaan. Layanan data center Indonesia harus menerapkan sistem yang tepat untuk menjamin keamanan dalam pengelolaan data. Berikut adalah 5 poin penting yang harus dimiliki oleh layanan data center ini:

1. Sumber Listrik

Poin pertama yang perlu dipertimbangkan dari layanan data center yakni sumber listrik. Data center membutuhkan sistem daya listrik atau power supply yang stabil. Ketika nanti ada pemutusan aliran listrik maka sistem penyimpanan data tetap bisa berfungsi dengan baik. Penting sekali untuk mempertimbangkan sumber daya listrik yang dipakai saat menggunakan layanan data center.

Apabila sebuah fasilitas data center memiliki sumber listrik yang mendukung maka gangguan yang berhubungan dengan daya listrik ini dapat diminimalkan. Hal ini juga memungkinkan akses data menjadi lebih lancar. Keamanan penyimpanan data juga lebih terjamin berkat daya listrik yang mendukung.

2. Sistem Keamanan

Poin berikutnya yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah sistem keamanan data center. Keamanan ini harus ditunjang dengan akses data yang terkontrol. Artinya, siapa saja yang ingin mengakses data harus melakukan konfirmasi identitas. Dibutuhkan langkah konfirmasi yang ketat demi memastikan data yang tersimpan dalam kondisi aman. Jadi tidak sembarang orang bisa mengakses data yang sudah tersimpan.

Keamanan data ini sangat penting untuk diperhatikan demi menghilangkan gangguan data dari internal maupun eksternal. Contoh paling mudahnya adalah untuk melindungi data tersimpan dari proses hacking. Sistem keamanan di data center ini juga dapat didukung dengan layanan jasa cyber security agar keamanannya benar-benar terjaga dengan baik.

3. Sistem Penyimpanan

Layanan data center Indonesia juga perlu menerapkan sistem pemrosesan sekaligus penyimpanan yang efektif. Kecepatan akses data menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Data center harus bisa menyediakan fasilitas pemrosesan data yang cepat dan akurat. Penyimpanan data juga harus berjalan dengan baik demi mendukung keamanan data tersebut.

Sistem penyimpanan data yang diterapkan sebaiknya memiliki fleksibilitas. Pengguna layanan ini harus bisa menambah kapasitas penyimpanan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Sistem penyimpanan yang fleksibel ini akan membantu mendukung kebutuhan alokasi data bisnis.

4. IP Provider

Layanan data center tentu akan membutuhkan fasilitas internet berkecepatan tinggi. Aktivitas penyimpanan serta transfer data bisa berjalan dengan lancar jika koneksi internet yang dipakai berkualitas baik. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih jenis provider yang bisa menawarkan koneksi internet berkecepatan tinggi.

Pada saat ini tidak sulit untuk menemukan provider yang menawarkan jasa layanan internet dengan kualitas terjamin. Namun sebaiknya disesuaikan juga dengan kebutuhan bisnis. Jika ingin berhemat, maka bisa juga dilakukan penyewaan provider untuk memastikan koneksi internet akses data berjalan lancar.

5. Bandwidth

Berikutnya ada kapasitas bandwidth yang juga harus diperhitungkan sebaik mungkin. Semakin besar sebuah bisnis berkembang maka semakin besar pula kapasitas bandwidth yang akan dibutuhkan. Kebutuhan ruang penyimpanan dan kecepatan akses data pun akan semakin tinggi. Oleh sebab itu penting sekali untuk memperhitungkan bandwidth ini sebelum memakai layanan data center.

Layanan data center Indonesia bisa bekerja secara optimal membantu menyimpan dan mengelola data. Proses akses dan transfer data juga akan terjamin keamanannya. Risiko kebocoran data dapat diminimalkan dengan penggunaan layanan jasa data center yang berkualitas.

Related posts