Contoh Surat Bisnis yang Bisa Diterapkan Dalam Memperlancar Komunikasi Bisnis

  • Whatsapp

Perusahaan dalam mengembangkan bisnis membutuhkan strategi komunikasi guna melakukan kerjasama bisnis.

Salah satu komunikasi yang digunakan oleh perusahaan adalah surat bisnis. Ada berbagai macam contoh surat bisnis yang menjadi acuan resmi sebagai media komunikasi antar perusahaan.

Read More

Surat penawaran hingga surat penolakan kerjasama bisnis pun dibuat dalam rangka terjalinnya kerjasama dan mendapatkan keuntungan. Inilah beberapa contoh dari surat bisnis yang biasa digunakan oleh perusahaan.

1. Contoh Permintaan Penawaran Pada Surat Bisnis

Dalam surat penawaran digunakan oleh calon pembeli ke penjual yang isinya menerangkan penawaran suatu produk yang akan dibeli. Pada surat penawaran bisa juga mencantumkan pertanyaan tentang informasi barang yang akan dibeli. Dan bagaimana prosedur pembayaran yang ditetapkan oleh perusahaan. Surat penawaran ini juga dibuat agar perusahaan memberikan kesan perusahaan pemilik produk melakukan kerjasama.

PT. Karya Bangsa

Jl. Singasari No 22

Bandung Barat

Bandung, 4 Juni 2020

No : 35/W/2020

Hal : Permohonan Penawaran

Kepada Yth.

PT Mulya Persada

Jl. Otista No 123

Bandung

Dengan hormat,

Setelah perusahaan saudara mengirimkan surat perkenalan produk pada tanggal 20 April 2020 ke perusahaan kami. Maka perusahaan kami sangat tertarik untuk membeli produk dari perusahaan saudara. Dan kami berharap bisa menjadi agen untuk penjualan produk perusahaan saudara di area Jawa Tengah.

Untuk Kepentingan permohonan sebagai agen untuk penjualan produk maka kami memohon kepada saudara untuk mengirimkan cara pembelian yang lengkap serta pelunasan pembayaran. Selanjutnya kami akan melakukan proses pemesanan produk setelah menerima surat tentang pengirim dan pembelian produk dari perusahaan saudara.

Surat permohonan penawaran yang kami tulis ini kami kirimkan kepada saudara. Atas perhatian serta kerjasama saudara dan perusahaan, kami sangat berterima kasih.

Hormat kami,

Doni Sanjaya Utama

2. Contoh Surat Penawaran

Salah satu contoh surat bisnis yaitu surat penawaran. Pada surat penawaran tersebut isinya tentang tujuan perusahaan dalam menawarkan barang atau produk ke perusahaan lain. Untuk surat penawaran ini dibuat agar bisa menarik minat konsumen agar tergerak membeli produk atau barang yang ditawarkan.

Inilah contoh dan isi dari surat penawaran, kalimat yang dipilih pada isi surat penawaran harus bersifat mengajak konsumen untuk membeli. Maka dibuat kalimat ajakan yang menarik agar penerima surat tertarik untuk memesan produk yang ditawarkan.

PT. Karya Bangsa

Jl. Singasari No 22

Bandung Barat

Bandung, 5 Juni 2020

No : 11/XI/2020

Hal : Penawaran Barang

Lamp : 1 Lembar Brosur

Kepada Yth.

Manager PT Mulya Persada

Jl. Otista No 123

Bandung

Dengan hormat,

Beberapa tahun terakhir ini kami melakukan pengamatan pada perusahaan saudara yang ternyata berkembang dan terlihat maju. Adanya perkembangan dari perusahaan tentu harus didukung pula dengan peralatan kantor yang memadai serta sesuai dan modern.

Pada kesempatan baik ini, kami menawarkan beberapa produk kami kepada saudara. Berupa alat kantor yang merupakan produk unggulan perusahaan dari kami. Oleh karena itu, kami lampirkan 1 lembar brosur guna dijadikan pertimbangan oleh saudara.

Kami yakin jika saudara memakai produk unggulan dari kami maka akan memberikan efek yang sangat baik bagi perusahaan.

Produk kantor unggulan dari kami membantu pegawai anda bekerja lebih efektif dan efisien. Sehingga bisa menghasilkan prospek yang lebih baik bagi perusahaan anda saat ini.

Promo menarik kepada saudara, yaitu diskon 15% jika saudara memberi produk sebelum tanggal 1 Juli 2020 akan diberikan. Dengan melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu sebesar 40%. Dan pemberian garansi produk yaitu selama 2 Tahun. Sementara itu pelunasan pembayaran pun bisa dengan cicilan selama 3 kali setelah barang sampai ke saudara.

Harapannya saudara akan kembali melakukan reorder kepada kami.

Hormat kami,

Doni Kusuma

Baca Juga: BCA Bisnis VPN Berikan Beragam Fitur Canggih Untuk Pebisnis

3. Contoh Surat Bisnis Pemesanan

Pada surat bisnis pemesan, surat tersebut akan dikirim oleh perusahaan yang akan membeli barang atau produk tertentu ke penjual. Dalam isi surat pesanan terdapat beberapa informasi tentang barang serta jumlah produk yang akan dibeli.

Jika sebuah perusahaan akan memberi produk atau barang, maka tinggal mengirimkan surat untuk pemesanan kepada perusahaan yang menjual barang. Selain itu pembeli juga bisa meminta permohonan untuk pengiriman barang dengan segera.

Toko Maju Lancar

Jalan Merdeka Barat No 99 Jakarta Barat

Jakarta, 5 Juni 2020

Nomor : 13/DS/EJ/2020

Hal : Pemesanan Alat Edukasi Dan Permainan

Yth. PT. Pertama Jaya

Jalan Pembangunan No. 101 Jakarta Timur

Dengan hormat,

Menanggapi adanya penawaran yang diberikan perusahaan anda saat tanggal 20 mei 2020 tentang alat edukasi dan permainan. Dengan ini kami memesan kepada perusahaan anda untuk produk berikut ini :

1. Alat Peraga Sains 3 Buah

2. Buku Cerita Anak 10 Set

3. Balok Permainan 5 Box

Besar harapan dari perusahaan kami, bahwa barang yang kami pesan bisa dapat diterima selambatnya tanggal 30 Juni 2020. Untuk pembayaran pesanan akan kamu lunasi jika barang-barang yang dikirim, kami terima dengan baik. Sebagai tanda bukti, kami akan mengirim fotocopy bukti pembayaran kepada perusahaan anda.

Atas perhatian serta kerjasama dalam bisnis yang terjalin dengan perusahaan anda, kami sangat mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Mega Safina

Beberapa contoh surat bisnis yang telah dijelaskan merupakan surat yang biasa digunakan oleh perusahaan. Baik sebagai perusahaan penjual produk atau sedang membutuhkan produk. Surat bisnis dinilai tetap lebih efektif dan efisien dalam menjalin komunikasi bisnis antar perusahaan. Dan tetap praktis digunakan dalam melakukan berbagai macam kepentingan bisnis.

Hal ini menjadikan surat bisnis merupakan salah satu surat resmi dengan mengutamakan bahasa sesuai EYD. Serta menerangkan isi surat bisnis dan menegaskan dengan lebih resmi. Sehingga kerjasama antar perusahaan melalui surat bisa tetap terjalin.

Related posts