Contoh Slogan Pendidikan Untuk Motivasi Dalam Belajar

  • Whatsapp

Dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat sering dijumpai berbagai slogan. Mulai dari slogan kesehatan, slogan motivasi hingga slogan tentang pendidikan.

Slogan sendiri adalah kalimat pendek yang berupa motto yang mengandung informasi dengan tujuan tertentu. Contoh slogan pendidikan adalah hal yang paling sering ditemui di berbagai tempat.

Read More

Pengertian Slogan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang mudah diingat dengan makna tertentu yang mengandung informasi didalamnya.

Slogan biasanya berupa himbauan atau ajakan yang menjelaskan tujuan tertentu dari organisasi, ideology dan sebagainya. Dalam dunia pendidikan, contoh slogan pendidikan juga banyak ditemui yang meningkatkan motivasi.

Secara sederhana, slogan dapat diartikan sebagai kalimat yang mirip dengan motto dalam konteks tertentu. Dalam pembuatan slogan seperti contoh slogan pendidikan, setiap kata yang disampaikan atau ditulis harus mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan secara ringkas.

Bahasa yang digunakan dalam slogan juga harus lugas dan mudah dipahami dan tidak menimbulkan kesalahpahaman atau arti lain.

Ciri-Ciri Slogan

Dari banyaknya slogan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya contoh slogan pendidikan, ada ciri khusus yang menjadi penandanya.

Slogan memiliki ciri khas tersendiri yang menandakan bahwa kalimat tersebut merupakan suatu slogan. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri slogan, simak ulasan di bawah ini.

  • Slogan seperti contoh slogan pendidikan hanya memiliki beberapa kata saja namun memiliki susunan kata yang unik sehingga pembaca lebih mudah memahami dan mengingat bunyi dari slogan tersebut.
  • Mampu menjelaskan mengenai suatu gagasan, ideologi, serta tujuan, seperti produk dan berbagai layanan public.
  • Merupakan semboyan dari suatu organisasi atau masyarakat.

Contoh Slogan Pendidikan dan Maknanya

Slogan memiliki berbagai jenis yang biasa ditemui di berbagai tempat mulai dari iklan digital hingga di papan iklan pinggir jalan, sekolah dan tempat-tempat lainnya.

Salah satu slogan yang banyak dijumpai adalah slogan pendidikan yang memiliki makna yang besar. Berikut ini ada beberapa contoh slogan pendidikan beserta maknanya yang akan kita bahas.

1. Tuntutlah Ilmu Sampai di Negeri China

Slogan pendidikan yang sangat sering didengar dan dilihat adalah kalimat ‘tuntut lah ilmu sampai di negeri China”. Ungkapan ini bukan berarti pendidikan benar-benar harus dilakukan di negeri China.

Maksud dari ungkapan ini adalah seseorang perlu menuntut ilmu sejauh mungkin untuk memperoleh pengetahuan yang berguna untuk dirinya dan orang lain.

2. Generasi yang Hebat Adalah Generasi yang Berpendidikan

Slogan yang satu ini juga sangat sering didengar kala menempuh pendidikan. Guru selalu menyampaikan slogan ini untuk memberi motivasi peserta didik dalam belajar.

Bagaimanapun generasi yang berpendidikan adalah generasi yang sangat dibutuhkan oleh sebuah Negara. Generasi berpendidikan mampu menciptakan generasi-generasi terbaik berikutnya yang memiliki ilmu pengetahuan dan akhlak yang baik.

3. Rajin Pangkal Pandai

Dari semua slogan pendidikan mungkin slogan ini yang merupakan slogan pendidikan yang paling pertama didengar. Bahkan sebelum duduk di bangku sekolah slogan ini sudah sering diperdengarkan oleh orang tua.

Slogan ini memiliki makna bahwa saat seseorang rajin menuntut ilmu maka dirinya akan pandai dan menguasai ilmu tersebut.

4. Gantunglah Cita-citamu Setinggi Langit

Makna dari slogan ini adalah tidak apa-apa bermimpi atau bercita-cita mengenai sesuatu yang luar biasa. Bahkan jika cita-cita itu di luar nalar sekalipun karena cita-cita bukanlah hal yang salah.

Bagi orang lain bahkan diri sendiri, cita-cita ini mungkin hal yang sulit untuk diraih, namun bukan hal yang tidak mungkin dengan usaha.

5. Tiap Warga Negara Berhak Mendapat Pendidikan

Makna dari slogan ini sangat dalam untuk dunia pendidikan. Disaat banyak anak yang tidak sekolah, slogan ini memberikan motivasi yang kuat untuk bersekolah.

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. di Indonesia sendiri sudah diwajibkan untuk mengikuti wajib belajar 12 tahun dari SD hingga SMA.

6. Sekolah Adalah Gudang Ilmu, Mendatangi Sekolah Berarti Menjemput Ilmu

Makna dari slogan yang satu ini memiliki artian yang sangat mendalam. Sekolah sebagai sumbernya berbagai ilmu pengetahuan bisa menjadi tempat terbaik untuk memperoleh ilmu.

Dengan mendatangi sekolah maka seseorang berusaha mencari tahu ilmu yang belum pernah dipelajari untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam.

7. Usaha Tidak Menghianati Hasil

Dalam dunia pendidikan, slogan ini sangat sering dijumpai dan didengar. Adapun makna dari slogan ini adalah segala upaya atau usaha yang dilakukan tidak akan sia-sia.

Akan ada hasil yang setimpal dengan segala usaha yang dilakukan walau sekecil apapun. Hasil bukan hanya dirasakan saat ini, namun hasil yang diperoleh memiliki manfaat jangka panjang.

8. Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Satu lagi slogan pendidikan yang memiliki makna yang luar biasa adalah belajar dari pengalaman. Makna dari slogan pendidikan ini adalah setiap hal yang dilakukan membutuhkan pengalaman agar apa yang dilakukan lebih terorganisir.

Selalu ada kesalahan yang akan terjadi, untuk menghindari kesalahan yang sama terulang kembali maka pengalaman adalah kuncinya.

9. Mencari Ilmu Bukan Hanya di Sekolah, Tapi dapat Dicari Dimana Saja

Mungkin banyak yang masih berpandangan miring terhadap orang-orang yang tidak mengenyam pendidikan.

Slogan di atas menunjukkan bahwa ilmu bukan hanya di sekolah namun semua tempat adalah tempat mencari ilmu. Ilmu dapat diperoleh dimana pun, tidak hanya melalui jalur formal seperti sekolah.

Baca Juga: 10 Kata Bijak Pendidikan Untuk Kobarkan Semangat Belajar

10. Hormati Gurumu yang Mendidik dan Memberi Ilmu

Slogan terakhir yang memiliki makna mendalam dan sangat berarti adalah slogan mengenai guru. Guru sangat berjasa memberi ilmu pengetahuan di luar lingkungan keluarga.

Seorang guru memegang peranan besar sebagai orang tua kedua bagi peserta didik di sekolah. Untuk itu menghormati guru adalah hal yang sudah sepatutnya dan harus dilakukan oleh seorang murid.

Nah itulah pembahasan mengenai slogan beserta contoh slogan pendidikan yang menjadi pembahasan kali ini.

Semoga ulasan kali ini bisa menambah wawasan serta referensi pembaca mengenai slogan serta contoh-contoh slogan khususnya dalam dunia pendidikan.

Related posts