Contoh Pidato Pendidikan Untuk Memperingati Hari Pendidikan Nasional

  • Whatsapp

Hari Pendidikan Nasional merupakan salah satu hari besar yang bersejarah dan menjadi hari nasional bagi negara Indonesia untuk diperingati bersama.

Ketika memperingati Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional biasanya banyak sekolah atau kalangan yang kemudian mengisinya dengan upacara dan pidato bukan.

Read More

Nah bagi yang sedang membutuhkan contoh pidato pendidikan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional agaknya sangat cocok menyimak uraian berikut.

1. Contoh Pidato Bertema Pendidikan Berkarakter

Yang pertama adalah contoh pidato pendidikan bertema pendidikan berkarakter sebagai salah satu sub pelajaran penting bagi siswa-siswi didik. Dimana pendidikan berkarakter ini diharapkan mampu membangun sikap para penerus bangsa.

Karakter sendiri merupakan suatu sikap yang mencerminkan suatu negara bukan? Oleh sebab itu menjadi penting dalam penerapannya, sebagai berikut.

Assalamualaikum Wr. Wb, marilah kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang dengan karunianya mampu mengumpulkan kita. Di dalam lapangan ini, dalam keteduhan dan kesehatan diri yang baik sehingga bisa memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun ini.

Hadirin yang saya hormati, pendidikan Indonesia sendiri sudah berkembang begitu pesatnya dengan melahirkan berbagai metode pembelajaran dan materi di dalamnya. Namun sadarkah bahwa pendidikan berkarakter menjadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan?

Mengingat ada banyaknya karakter siswa-siswi yang menurun. Banyak sekali sikap kurang menghargai kawan, bapak-ibu guru atau bahkan sikap malas dan hedon yang membuat karakter diri menjadi turun.

Bapak ibu guru yang bijak, seyogyanya untuk selalu menerapkan pendidikan berkarakter pada murid-murid, sikap jujur dan saling menghargai. Jangan hanya mengharapkan nilai yang tinggi, namun ajarkan sikap bertanggung jawab,disiplin dan mampu menghargai perjuangan orang tua.

Bagi para siswa juga diharapkan mampu memahami karakter diri dan tujuan dalam belajar, untuk memajukan bangsa dan membanggakan orang tua. Semoga semua bisa terus berkembang menjadi baik, sekian pidato singkat saya, Wassalamualaikum Wr. Wb

2. Contoh Pidato Pentingnya Pendidikan Moral

Contoh pidato pendidikan selanjutnya datang dari tema pendidikan moral. Dimana pendidikan moral sendiri sama pentingnya dengan pendidikan karakter dalam membangun jati diri siswa-siswi. Berikut adalah contoh jabaran pidatonya.

Assalamualaikum Wr. Wb, mari kita haturkan rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang dengan karunianya memberi kesehatan pada kita. Pada kesempatan kali ini biarkan saya memberikan edukasi dan pidato mengenai pendidikan moral yang dibutuhkan peserta didik kita.

Bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa yang berciri ketimuran dan bersopan santun, jangan buang ciri moral itu dari diri kalian semua. Berlakulah sopan terhadap Bapak ibu guru, pekerja didalam sekolah, orang tua, tetangga, kerabat, teman dan seluruh orang yang ditemui.

Sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang didalamnya terdiri dari orang-orang yang bermoral dan kalian para siswa-siswi adalah tonggak Indonesia. Jadilah penerus bangsa yang berdisiplin, sopan santun, memiliki rasa malu dan banggakan diri dengan prestasi! Wassallamuallaikum Wr.Wb

3. Contoh Pidato Pendidikan  Tentang Perkembangan IT Guna Kemajuan Pendidikan

IT atau teknologi saat ini memang berkembang pesat dalam dunia pendidikan Indonesia. Oleh sebab itu peserta didik maupun para pendidik pun wajib untuk bertanggung jawab menyikapi perkembangannya. Seperti ulasan dalam pidato berikut.

Assalamualaikum Wr.Wb selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua yang semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Seperti yang kita tahu, bahwa pendidikan kita saat ini sudah didukung oleh perkembangan IT yang sangat maju.

Banyak bahan ajar, materi dan ulasan  mengenai pendidikan yang bisa didapatkan dari internet dan ini sangat memudahkan bukan? Namun ingatlah untuk selalu mampu bertanggungjawab dalam menjalani perkembangan teknologi ini dan jangan sampai terjerumus dalam hal buruk di dalamnya.

Seperti menyontek dengan internet, mengerjakan tugas hanya tinggal copas internet atau bahkan mengakses situs tak berpendidikan. Jadilah siswa dan pribadi yang maju dan selalu berfikir juga bertindak positif, mari maju sama-sama untuk Indonesia! Wassalamualalikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Tema Pendidikan Lingkungan

Selain pentingnya moral, keilmuan, karakter dan dukungan perkembangan IT dalam dunia pendidikan. Pendidikan lingkungan juga menjadi wajib untuk dipahami dan diajarkan dalam dunia pendidikan bagi siswa-siswi. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat senantiasa mencintai tanah tempat tinggalnya, sebagai berikut adalah contoh pidatonya.

Assalamualaikum Wr.Wb, dalam kesempatan upacara Hardiknas kali ini marilah kita mengucap syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. Berkat karunianya kita saat ini bisa menikmati kemerdekaan dan alam Indonesia yang kaya dan subur untuk memenuhi kehidupan.

Sebagai seorang peserta didik selain bertugas untuk belajar dan mengejar prestasi diri, perlu juga untuk mengenal pendidikan lingkungan. Dimana sebagai seorang siswa-siswi yang bijak haruslah mampu bersinergi dengan alam sekitar, menunjukan kualitas diri dengan senantiasa menjaga lingkungan.

Jangan sampai membuang sampah sembarangan atau bahkan memberikan contoh buruk mencemari lingkungan pada anggota masyarakat yang lain. Cerminkan pendidikan yang sudah didapat disekolah dan diajarkan oleh para bapak ibu guru dengan menjadi pribadi yang mencintai lingkungan, Wassalamuallaikum Wr.Wb

Baca Juga: Contoh Essay Pendidikan dan Tips Menulis Essay yang Benar

5. Pidato Pendidikan Tentang Semangat Nasionalisme dalam Mengejar Prestasi Diri

Yang terakhir adalah contoh pidato pendidikan mengenai semangat nasionalisme dalam mengejar prestasi diri. Sebaik-baiknya suatu bangsa adalah yang tidak melupakan jasa pahlawan dan rasa cinta kepada bangsanya bukan. Nah berikut adalah contoh pengaplikasian pidatonya.

Assalamualaikum Wr.Wb, pertama marilah kita mengingat karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dengan kuasa-Nya telah memberi kesehatan pada kita. Selain itu marilah kita selalu mengingat perjuangan para pahlawan yang telah gugur dimedan perang demi menumpas para penjajah.

Beratus-ratus tahun mereka berjuang sampai akhirnya Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 silam, untuk mengenang perjuangan tersebut, teruslah berprestasi. Saat ini tidak perlu lagi berperang melawan penjajah! Namun kini perang kita adalah dihadapkan pada rasa malas akan mengejar pendidikan.

Segala kemudahan yang sudah didapatkan seperti internet dan sosial media janganlah membuat kita terlena wahai para peserta didik. Jadilah peserta didik yang berjiwa nasionalisme, penuh semangat mengejar prestasi untuk membanggakan diri sendiri, keluarga dan bangsa, Wassalamuallaikum Wr.Wb

Nah itulah diatas adalah 5 contoh pidato pendidikan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan berbagai tema.

Selain dapat disampaikan di depan khalayak ketika memperingati Hardiknas, pidato di atas juga dapat disampaikan pada saat upacara bendera hari senin.

Dimana konteks pidato yang disampaikan dalam beberapa contoh diatas sangat relevan dengan keadaan pendidikan dan budaya siswa-siswi Indonesia saat ini.

Related posts