Contoh Bisnis Plan Singkat untuk Pengusaha Pemula

  • Whatsapp

Untuk memulai bisnis dengan baik, seorang pengusaha hendaknya menyusun perencanaan dengan baik pula. Itulah mengapa sebuah bisnis plan menjadi sesuatu yang penting untuk dibuat.

Contoh bisnis plan yang baik adalah bisnis plan yang susunannya terstruktur dan memuat informasi secara rinci.

Read More

Sebuah bisnis plan yang terstruktur dan rinci akan memberikan gambaran secara utuh mengenai rencana yang dibuat. Hal ini akan meminimalisir kesalahpahaman dalam pembacaan isi bisnis plan.

Apa Itu Bisnis Plan?

Rencana bisnis atau bisnis plan adalah dokumen yang memuat ide bisnis beserta perencanaannya secara rinci. Mulai dari tujuan, visi dan misi, konsep, strategi, perencanaan keuangan, dan berbagai analisis lainnya. Bisnis plan dibuat sebagai antisipasi atas berbagai kemungkinan yang terjadi ke depan.

Bisnis plan akan memberi gambaran jelas tentang bagaimana struktur bisnis yang telah dibayangkan konsepnya. Dari situ, akan terlihat hal-hal yang mungkin saja tidak terpikirkan di awal. Hal paling krusial untuk diperhatikan dalam kajian bisnis plan adalah berbagai kekurangan internal dan ancaman eksternal.

Dengan melihat kenyataan yang terpapar dalam bisnis plan, akan mudah bagi pengusaha untuk melakukan antisipasi. Kelebihan dan potensi  yang bagus dapat dieksplorasi secara maksimal. Sebaliknya, kelemahan akan dapat segera dicari solusinya agar tidak menjadi celah yang mudah dimasuki oleh kompetitor.

Banyaknya unsur yang harus dimasukkan ke dalam bisnis plan terkadang membuat pengusaha pemula kurang cakap dalam merumuskannya. Tapi jangan khawatir; di bawah ini ada contoh pembuatan bisnis plan yang bisa diikuti dengan mudah.

Contoh Bisnis Plan Singkat untuk Pengusaha Pemula

Berikut adalah sebuah contoh bisnis plan untuk usaha di bidang fashion berupa produksi kerudung bahan sifon. Usaha ini diberi nama Kerudung Hikmah.

EXECUTIVE SUMMARY

Perkembangan fashion Islami di Indonesia menunjukkan tren yang terus membaik. Para muslimah saat ini semakin banyak yang menggunakan kerudung. Selain karena kesadaran yang meningkat, banyaknya desain modern yang jauh dari kesan kolot juga menjadi daya tarik tersendiri.

Kerudung Hikmah yang diprakarsai oleh 3 orang founder melihat tren tersebut sebagai peluang yang sangat bagus bagi bisnis kerudung. Dalam hal ini Kerudung Hikmah berfokus pada bahan sifon karena sifatnya yang lembut dan nyaman.

Beberapa produsen lain memang ada beberapa yang menggunakan bahan serupa. Tetapi, di Kerudung Hikmah terdapat desain-desain yang kreatif namun tidak mengabaikan koridor syariah. Karena itu, Kerudung Hikmah yakin dapat bersaing dalam pasar kerudung modern ini.

A. PENDAHULUAN

1. Visi

Menjadi produsen kerudung modern yang kreatif dengan tetap  berpedoman pada ketentuan syariah sebagai pilihan terbaik bagi muslimah sejati.

2. Misi

a. Memproduksi kerudung modern yang syar’i, trendi, dan nyaman.

b. Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

B. GAMBARAN PRODUK

1. Keunggulan Produk

Produk kerudung yang diproduksi oleh Kerudung Hikmah berbahan baku kain sifon. Kain jenis ini memiliki sifat lembut, dingin, agak tipis, dan jatuh. Penggunaannya sebagai kerudung dapat memberi kesan anggun bagi pemakainya.

Untuk memberikan kesan eksklusif, Kerudung Hikmah hanya menggunakan kain polos tanpa motif. Keunggulan ada pada desain yang kreatif dan inovatif untuk selalu meraih posisi pertama di pasar.

Jenis kerudung segi empat dan sejenis pashmina tetap menjadi produk utama yang akan diproduksi terus menerus. Di samping itu, ada juga berbagai macam kerudung instan yang akan diproduksi. Pada tahap awal, akan ada 3 desain yang diperkenalkan.

Pertama adalah kerudung instan yang langsung terpasang dalamannya, sehingga pemakainya tidak perlu menggunakan dalaman tambahan. Kedua, kerudung dua ukuran yang disambung dengan ritsleting. Dan yang ketiga adalah kerudung dengan kait di dekat bahu untuk menyampirkan tanpa perlu jarum.

2. Proses Produksi

Sebelum produksi, proses diawali dengan memasok bahan baku kain sifon. Bahan baku ini didapatkan langsung dari pabrik kain. Sementara peralatan lainnya dipasok dari agen alat-alat jahit.

Produksi dilakukan oleh beberapa orang penjahit profesional dan diawasi langsung oleh founder. Peralatan yang digunakan terdiri dari mesin jahit teknologi terkini dan mesin pendukung lainnya. Lokasi produksi bertempat di bangunan milik founder sendiri.

C. KEUANGAN

Pendanaan atau modal didapatkan dari dana pribadi founder. Masing-masing founder menginvestasikan dana sebesar 10 juta rupiah. Sehingga, modal yang didapatkan adalah 30 juta rupiah.

Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli 4 buah mesin jahit dengan jenis berbeda, bahan baku kain, serta peralatan jahit lainnya. Selain itu juga dipersiapkan gaji karyawan untuk bulan-bulan pertama.

D. PEMASARAN

1. Segmen Pasar

Pemilihan segmen pasar tentu adalah para muslimah berkerudung. Secara lebih spesifik, muslimah yang dimaksud adalah para dewasa muda yang selalu ingin tampil stylish. Selain itu, para ibu muda juga merupakan segmen pasar dari Kerudung Hikmah.

2. Strategi Pemasaran

Untuk memasarkan produk, Kerudung Hikmah menggunakan media internet dan konvensional. Website dan akun media sosial akan dibuat dan dikelola secara profesional. Pengelolaan dilakukan langsung oleh para founder.

Sementara untuk media konvensional, Kerudung Hikmah bekerjasama dengan beberapa distributor yang tersebar di titik-titik strategis. Kerjasama ini dilakukan dengan sistem jual putus.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Model Canvas dan Pengaplikasiannya dalam Bisnis Startup

3. Analisis SWOT

Kajian mengenai analisis SWOT yang terdiri dari 4 aspek (strength, weakness, opportunity, dan threat) adalah sebagai berikut.

a. Strength (Kekuatan)

  • Kerudung Hikmah menawarkan produk dengan 2 prinsip sekaligus, trendi dan syar’i.
  • Kualitas tidak perlu diragukan.
  • Harga yang ditawarkan dapat bersaing di pasarnya.
  • Informasi dan produk mudah didapatkan dari berbagai channel.

b. Weakness (Kelemahan)

  • Modal lumayan besar.
  • Distributor kurang berani berspekulasi.

c. Opportunity (Kesempatan)

  • Tingkat permintaan cukup tinggi.
  • Banyak perempuan muda yang selalu dituntut tampil maksimal dengan kerudungnya.

d. Threat (Ancaman)

  • Kompetitor terkadang lebih cepat merilis desain terbaru.

Itu dia pengertian dan contoh bisnis plan yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Rencanakan bisnis dengan cermat untuk meraih profit yang tinggi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk.

Dengan bisnis plan, perjalanan bisnis akan semakin terarah dan keuntungan akan semakin dekat.

Related posts