Inilah Perbedaan dan Cara Tes TOEFL IBT Lengkap

  • Whatsapp
Cara Tes TOEFL IBT

Ingin punya sertifikat bahasa inggris yang bergengsi, diakui, sekaligus berguna untuk berkuliah di mancanegara atau beasiswa? Ayo ikutan Tes TOEFL saja! Pastinya akan ada sertifikat bergengsi, diakui, dan bermanfaat menambah skill atau ingin kuliah di mancanegara. Lalu,  bagaimana dengan  cara tes TOEFL IBT, PBT, atau CBT ya? Berikut adalah pembahasannya!

Apa Itu Tes TOEFL IBT dan Perbedaannya?

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language berasal dari USA. Ini adalah tolak ukur keahlian memakai, sekaligus paham tentang berbahasa inggris dari seseorang dibuktikan lewat sertifikat. Pembuat TOEFL adalah Educational Testing Service (ETS) pada 1964 di USA. Bertujuan menyeleksi orang-orang yang ingin berkuliah di mancanegara dengan memakai bahasa inggris.

Untuk tes TOEFL sendiri punya beragam cara mengerjakannya. Apa sajakah cara mengerjakannya? Ada cara tes TOEFL IBT, PBT, dan CBT, lho. Tes TOEFL IBT atau Internet Based Test ini merupakan cara mengerjakan tes dengan bantuan utamanya jaringan internet.

Selanjutnya ada PBT yakni Paper Based Test. Sesuai kepanjangannya, tes TOEFL yang menggunakan kertas dan dilakukan secara tertulis. Tes listening-nya menggunakan perangkat audio dan tidak ada ulangan kembali. Sehingga harus didengarkan secara cermat dan teliti untuk mengetahui jawaban yang tepat.

Sedangkan untuk CBT yaitu Computer Based Test dengan komputer atau laptop ketika mengerjakannya. Hampir mirip dengan PBT, hanya ada sedikit perbedaan pada penyajian long talks atau percakapan panjangnya. Pada percakapan panjang TOEFL CBT memuat rancangan grafik, pilih dua, urutan, sekaligus mencocokkan.

Untuk pengerjaan di Indonesia sendiri sudah menggunakan cara tes TOEFL IBT yang berbasis jejaring internet dinilai lebih praktis. Pengerjaannya tak terpaku komputer atau laptop, namun dapat dikerjakan lewat handphone. Cakupan tes TOEFL IBT juga lengkap karena menggabungkan CBT dan PBT.

Bagaimana Cara Tes TOEFL IBT?

Kenapa cara tes TOEFL IBT paling praktis daripada CBT dan PBT? Karena cakupan menilai keahlian peserta tes lebih lengkap. Tes TOEFL IBT terdiri dari mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Bagaimana cara daftar TOEFL IBT? Ternyata pendaftarannya mudah, lho. Nah, agar lebih jelasnya bisa dibaca tahapan pendaftarannya sebagai berikut:

1. Buka Situs Resmi ETS

Untuk mendaftar TOEFL IBT memerlukan handphone atau komputer dan akses internet. Hal tersebut penting, mengingat cara tes TOEFL IBT dilaksanakan online. Dan hal yang tak kalah penting akses internet sekitar harus lancar agar proses tahap mendaftarnya mudah.

Setelah handphone atau komputer dan akses internet ada, maka bukalah situs resmi ETS www.ets.org. Bukalah melalui aplikasi browser atau sejenisnya di handphone atau komputer. Setelahnya, lakukan tahapan kedua.

2. Buat Akun

Buat akun merupakan tahapan kedua untuk tes TOEFL secara IBT. Tahapan membuat akun ini sangat penting, karena dengan memilikinya barulah boleh mengikuti tes atau uji TOEFL IBT. Pembuatan akun ini juga dilakukan secara daring atau online di situs resmi ETS sendiri.

Bukalah situs kemudian klik menu registrasi untuk uji atau tes. Lalu, pembuat akan diarahkan untuk membuat dan mendaftar akun secara online serta mengisi formulir pendaftaran. Jangan lupa untuk mengingat nama pengguna dan sandi setelah membuat akunnya ya.

3. Pilih Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Memang TOEFL IBT dilaksanakan secara daring atau online. Akan tetapi tempat dan waktunya harus ditentukan pembuat sendiri. Indonesia memiliki 11 tempat yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Untuk waktunya sendiri, bisa di cek di halaman resmi kapan saja tes TOEFL diadakan. Sehingga nantinya dapat menyesuaikan mulai dari mulai hingga berakhirnya tes TOEFL IBT tersebut. Dan bisa mengambil di salah satu hari di antara bulan tersebut.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah memilih tempat dan waktu, peserta tes diarahkan untuk melakukan pembayaran lewat akun. Ini sangat penting guna untuk melakukan tes di tempat dan waktu yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk mencari informasi harga tes TOEFL IBT untuk negara Indonesia karena sewaktu-waktu dapat berubah.

Pembayaran TOEFL dilakukan secara online menggunakan Paypal atau kartu kredit. Juga bisa dilakukan pembayaran ke rekening bank di USA lewat m-banking. Perlu diingat ETS tidak menerima uang cash. Jangan lupa konfirmasi pembayarannya, simpan, dan hidupkan notifikasi lewat email.

5. Laksanakan Tes dan Tentukan Universitas Pilihan

Setelah mendaftar akun dan menyimpan bukti pembayaran. Hanya kurang melaksanakan tes TOEFL IBT di tempat dan jadwal yang sudah dipilih. Persiapkan diri, baik mental dan fisik sekaligus materi TOEFL yang akan diujikan.

Jika telah selesai melakukan tes TOEFL IBT, peserta tes dapat memilih universitas pilihan masing-masing. Nantinya, ETS akan mengirimkan sertifikat TOEFL yang berisi skor berupa hardcopy ke universitas pilihan peserta. Itu tanpa biaya tambahan dan waktu tunggu skor serta jadinya sertifikat sekitar dua minggu.

Nah, itulah perbedaan dan cara tes TOEFL IBT dari tahap daftar hingga selesai tesnya. Sertifikat berisikan skor tes TOEFL IBT ini bergengsi dan bermanfaat bagi yang ingin lanjut kuliah di mancanegara atau beasiswa. Maka kerjakan soal tes TOEFL IBT ini dengan sebaik-baiknya agar memperoleh hasil maksimal.

Related posts