Cara Nabung Saham IDX Ternyata Mudah, Pemula Wajib Baca

  • Whatsapp

Zaman seperti sekarang ini investasi sangat dibutuhkan agar bisa memiliki tabungan di masa depan yang bernilai. Salah satu caranya adalah dengan ikut dalam IDX atau Bursa Efek Indonesia. Menabung saham semakin kesini semakin banyak peminatnya. Cara nabung saham IDX akan dibahas pada ulasan di bawah.

Keuntungan Tabungan Saham

Sebelumnya ada beberapa keuntungan yang harus diketahui jika memiliki tabungan saham ini. Pertama nasabah bisa mendapat dividen atau laba dari perusahaan. 

Berapapun nominal yang ada dalam tabungan saham nasabah akan mendapatkan laba baik itu tunai atau berupa saham Selain itu keuntungan capital gain juga pasti didapatkan. Yakni keuntungan bagi nasabah dari naiknya nilai saham.

Cara Menabung Saham IDX

Bagi yang belum tau pasti penasaran ya bagaimana cara nabung saham IDX. Sebetulnya caranya mudah sekali, perhatikan baik-baik alasannya ya:

1. Cari Informasi

Untuk pemula yang betul-betul masih belum tahu-menahu tentang menabung saham, maka cara nabung saham IDX satu ini tidak boleh lewat. Baiknya baca-baca terlebih dahulu informasi secara mendasar atau secara umum tentang dunia saham di Indonesia ini. Bisa menggunakan bantuan mesin pencari, bisa juga dengan bertanya pada orang yang sudah berpengalaman.

Jadi saat akan praktek menabung saham secara langsung tidak ada kebingungan lagi. Cukup ikuti instruksi yang ada. Usahakan informasi yang didapatkan bisa dimengerti dengan jelas. Pastikan bertanya pada yang lebih ahli jika ada yang dibingungkan ya.

2. Siapkan Dokumen

Setelah tahu informasi mendasar tentang dunia saham khususnya IDX. Seperti pengertiannya, manfaatnya, sampai resikonya maka calon nasabah sudah siap membuka rekening. Untuk itu yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah menyiapkan dokumen pribadi untuk membuka rekening saham.

Calon nasabah harus menyiapkan dokumen seperti KTP, paspor, NPWP, fotokopi KK, fotokopi buku tabungan dan Materai. Semua dokumen itu harus diberikan pada perusahaan sekuritas yang dipilih. Tapi sekarang ini jaman sudah serba canggih, jadi calon nasabah tidak perlu mendatangi perusahaan sekuritas namun bisa melakukan secara online.

Jadi bagi yang pemula yang masih belum mempunyai rekening atau tabungan biasa wajib membuatnya terlebih dahulu. Sebab, fotokopi buku tabungan merupakan syarat untuk bisa membuka rekening efek.

3. Top Up Dana

Jika sudah berhasil mendaftar pada salah satu perusahaan sekuritas dan memiliki rekening efek. Selanjutnya adalah mengisi atau melakukan top up dana pada rekening efek yang baru saja dibuat. Ini nanti akan sangat bermanfaat dalam melakukan transaksi atau pembelian saham .

Jadi dana yang di top up pada rekening efek nasabah fungsinya untuk membeli saham pada bursa efek. Biasanya jika top up dana pada rekening sudah berhasil, maka nasabah mendapatkan ID. ID tersebut digunakan untuk bisa mengakses aplikasi jual beli saham pada smartphone nasabah.

Nominal yang bisa di top up pada rekening efek tergantung dari nasabah. Misalnya saja untuk permulaan lima ratus ribu rupiah saja dulu. Jika memang sudah mendapatkan untuk jumlahnya bisa ditambah di lain hari. Mudah bukan?

4. Unduh Aplikasi Saham

Jika rekening sudah terisi dengan sejumlah nominal yang, nasabah pun mendapatkan ID. Maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunduh aplikasi pembelian saham. Aplikasi tersebut bisa digunakan pada smartphone bisa juga pada PC.

Gunakan sesuai selera, saat sedang diluar bisa memantau melalui smartphone. Namun jika sedang berada di depan PC bisa memantau dengan PC tersebut. Penggunaan dengan smartphone memang lebih praktis karena nasabah bisa memantau pasar saham kapanpun dan dimanapun tempatnya.

Pemantauan pasar saham perlu dilakukan untuk melihat apakah nasabah memperoleh keuntungan atau malah mengalami kerugian. Sebab, pada permainan saham ini hanya ada dua kemungkinan yakni untung dan rugi. Memiliki aplikasi ini tentu cara nabung saham IDX yang wajib dilakukan ya.

5. Mulai Membeli Saham

Sekarang nasabah sudah siap untuk melakukan proses beli saham. Untuk melakukan pembelian saham sendiri nasabah harus menentukan terlebih dahulu mana saham yang akan dibeli. Selanjutnya pada aplikasi nanti aka nada tombol buy yang harus di klik.

Masukkan juga jumlah pembelian dimana minimal harus 100 lembar atau istilahnya 1 lot. Proses jual beli saham ini sendiri tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Ada jadwal yang harus diikuti nasabah. Ada jam buka dan juga ada jam tutup layaknya pasar pada umumnya.

Biasanya pada hari kerja yakni, hari Senin sampai Jumat pasar saham buka dari jam 9 pagi sampai 12 siang. Setelah itu akan buka kembali di jam setengah dua sampai 4 sore.

Bisa dikatakan cara nabung saham IDX di atas langkahnya sangat mudah dan sederhana bukan? Tidak heran jika peminatnya setiap hari terus bertambah. Apalagi bagi kalangan pebisnis. Bermain saham memang sepertinya tidak nyata namun keuntungan yang didapatkan cukup lumayan.

Banyak yang menilai bahwa bermain saham bergantung pada keberuntungan? Betulkah itu? Ya, mari dicoba sendiri saja. Tidak merugikan juga, keuntungannya bisa dikatakan sangat lumayan lho.

Related posts