Begini Panduan Cara Menulis Artikel SEO yang Efektif

  • Whatsapp
Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Strategi SEO sampai saat ini masih bisa bekerja efektif meningkatkan traffic dan performa suatu situs. Penulisan artikel SEO itu sendiri harus dilakukan dengan teknik-teknik yang tepat agar bisa bekerja secara efektif. Kali ini akan dibahas seperti apa cara menulis artikel SEO yang benar agar bisa bekerja efektif meningkatkan performa sebuah website.

1. Pahami Karakteristik Pembaca

Tahap pertama yang perlu dilakukan saat menulis artikel SEO adalah memahami seperti apa karakter pembaca. Sebuah website pasti memiliki topik pembahasan tertentu dan punya target pengunjung atau pembaca yang jelas. Buatlah artikel SEO yang sesuai dengan target pembaca tersebut. Hal ini penting dilakukan agar artikel yang ditulis bisa tepat sasaran.

Perlu dilakukan riset terlebih dahulu siapa saja kelompok pengguna yang sering mengakses website tersebut. Jika sudah diketahui kategori pembacanya maka dalami seperti apa karakteristiknya. Jenis tulisan apa yang disukai, gaya bahasa apa yang sering dipakai, serta topik apa yang diminati.

2. Lakukan Riset Keyword

Penulisan artikel SEO harus menggunakan keyword yang tepat. Penulis tentu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu untuk mengetahui keyword atau kata kunci yang potensial. Ada beberapa jenis tools yang bisa digunakan untuk riset keyword. Lewat tools tersebut, penulis bisa mengetahui kata kunci seperti apa yang punya potensi tinggi untuk diakses.

Jika artikel yang ditulis menggunakan keyword yang potensial, maka akan lebih mudah untuk menarik lebih banyak pengunjung. Traffic website bisa lebih mudah meningkat karena memang artikel mengangkat topik yang tepat. Gunakan short tail atau long tail keyword yang paling banyak dicari para pengguna.

3. Gunakan Judul yang Menarik

Salah satu cara menulis artikel SEO yang efektif adalah terapkan judul artikel yang paling menarik. Dalam sebuah artikel, bagian judul ini memiliki peran yang sangat penting. Judul menjadi poin pertama yang akan dilihat oleh pembaca. Jika judulnya menarik maka konten tersebut sudah pasti akan banyak dikunjungi dan dibaca.

Namun tak mudah untuk membuat sebuah judul yang efektif. Judul sebaiknya memuat inti konten yang ditulis dalam sebuah artikel. Tak perlu terlalu panjang tapi juga jangan terlalu singkat. Selain itu judul juga harus bisa membuat orang lain merasa penasaran.

4. Gunakan Paragraf Singkat

Penulisan artikel SEO sebaiknya menggunakan paragraf yang singkat saja. Hindari kalimat dan paragraf yang panjang karena akan membuat pembaca merasa bosan. Orang cenderung tertarik membaca artikel yang paragrafnya singkat namun efektif. Susunan kalimat yang berbelit-belit bisa menyebabkan pembaca merasa malas membaca lebih jauh lagi.

5. Libatkan Link

Penulisan artikel SEO juga sebaiknya melibatkan link. Penulis bisa menggunakan link internal maupun eksternal di dalam artikel. Masukkan link dari laman atau situs yang berhubungan dengan konten website tersebut. Link ini akan membantu meningkatkan reputasi website asalkan pemakaiannya efektif.

Jangan terlalu banyak menyematkan link, secukupnya saja dan di tempat yang tepat. Pilih kata atau bagian yang tepat untuk menyematkan link. Usahakan pilihan posisi ini efektif membuat pembaca melakukan klik ke link tersebut.

Itulah cara menulis artikel SEO yang bisa bekerja efektif. Penulisan artikel ini memang membutuhkan teknik khusus agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Demi mendapatkan artikel SEO yang berkualitas, bisa juga memakai layanan jasa SEO Jakarta. Penulisan artikel SEO oleh profesional tentu akan berjalan efektif dan menguntungkan.

Related posts