5 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa Untuk Mengatasi Bau Mulut

  • Whatsapp
Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Seringkali ketika tengah menjalankan ibadah puasa didapati keadaan mulut akan cukup berbeda dari hari biasanya. Dengan begitu cara menjaga kesehatan mulut saat puasa pun cukup dibutuhkan. Tidak lain agar ibadah yang tengah dilakukan tidak mengalami gangguan baik dari gigi, mulut dan lainnya. Pasalnya diketahui ketika seseorang menjalankan puasa secara otomatis asupan air akan berkurang. 

Hingga produksi air liur yang dilakukan oleh tubuh juga berkurang sampai memicu beberapa dampak seperti gangguan mulut maupun gigi. Mengingat jika sejumlah gangguan tersebut hadir tentunya akan membuat sang pemilik merasa kurang nyaman. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan bagian mulut yang bisa dicoba:

1. Menyikat Gigi Sebelum dan Sesudah Tidur 

Tindakan pertama yang bisa dilakukan sebagai bentuk cara menjaga kesehatan mulut saat puasa adalah dengan menyikat gigi, baik sebelum maupun sesudah aktivitas tidur. Hal ini sebenarnya keharusan yang dilakukan setiap hari. Namun pada saat menjalankan ibadah puasa sebaiknya tambahkan waktu menyikat gigi yaitu sesudah melakukan santap sahur. 

Mengingat ketika seseorang tengah menjalankan puasa produksi akan air liur akan berkurang. Hingga berakibat pada bertambahnya sebuah senyawa yang mampu memicu hadirnya bau pada bagian mulut. Apabila tidak secara rutin melakukan pembersihan terhadap bagian gigi ataupun mulut. Maka sisa makanan akan menumpuk dan mengakibatkan bau mulut menjadi lebih parah.

2. Menggunakan Obat Kumur 

Sebagai bentuk usaha tambahan guna menjaga sesegera gigi serta mulut bisa dengan memanfaatkan keberadaan dari obat kumur. Jika diperlukan tambahkan juga dengan memakai benang-benang khusus untuk membersihkan bagian sela-sela gigi setelah menggosoknya. Istilah ini sering juga disebut dengan nama flossing.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai memakai obat kumur dengan kandungan bahan alkohol di dalamnya. Hal ini dikarenakan mampu membuat mulut menjadi lebih kering. Penggunaan obat kumur ini bisa dipakai saat malam hari supaya tidak tertelan ketika saat menjalankan puasa. 

3. Menambah Asupan Serat Dan Cairan 

Konsumsi asupan dengan kadar cairan yang cukup ternyata tidak hanya mampu meminimalisir terjadinya dehidrasi. Namun juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, salah satunya adalah mulut. 

Seseorang yang tengah menjalani ibadah puasa bisa memanfaatkan keberadaan dari waktu berbuka sekaligus sahur untuk mendapatkan asupan serat serta cairan yang cukup. Dimana caranya adalah banyak mengkonsumsi air putih dan beragam buah.

4. Membatasi Makanan Dengan Kandungan Tinggi Gula 

Semboyan yang mengatakan bahwa “berbukalah dengan yang manis” memang tidak salah. Namun yang perlu diperhatikan adalah kadar makanan manis yang dikonsumsi. Hal ini karena kandungan gula cukup mempunyai pengaruh terhadap kesehatan gigi. Bahkan WHO memberikan rekomendasi bahwa asupan gula disarankan hanya 10 persen dari jumlah kalori. Berhubungan ketika puasa jumlah kalori menurun, maka asupan gula juga dibatasi. 

5. Menghindari Memakan Makanan Lengket

Bentuk usaha lain yang juga bisa dijalankan guna menjaga kesehatan mulut ketika sedang puasa adalah dengan membatasi konsumsi makanan lengket. Sejumlah makanan lengket semacam cokelat, kemudian sereal sampai dengan keju ternyata dapat memicu terjadinya penumpukan karang gigi. Hingga efeknya pun cukup berbahaya untuk kesehatan gigi serta mulut. 

Demikian pembahasan mengenai 5 cara menjaga kesehatan mulut saat puasa yang bisa dicoba. Hal ini penting diketahui karena ketika orang berpuasa asupan dalam tubuh juga terjadi perubahan. Dari yang bisanya bisa memperoleh asupan dalam durasi waktu kapan saja.

Untuk lebih jelasnya terkait informasi kesehatan mulut dan gigi bisa bertanya kepada ahlinya yaitu dokter gigi Jogja supaya mendapatkan informasi yang relevan. Dengan demikian kesehatan mulut akan tetap terjaga di kala puasa.

Related posts