Cara Mengubah Bahasa Di Google Meet Melalui Laptop Dan Smartphone Lengkap

  • Whatsapp
Cara Mengubah Bahasa Di Google Meet

Dengan semakin maraknya diadakan meeting secara virtual mulai dari kegiatan sekolah, berbagai macam seminar hingga aktivitas bekerja. Membuat media meeting seperti Google Meet banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Namun ada kendala yang hadir saat pengguna memakai aplikasi ini untuk pertama kalinya, sehingga butuh cara mengubah bahasa di Google Meet supaya lebih bisa disesuaikan dengan keinginan.

Pengguna bisa memperoleh aplikasi ini secara cuma-cuma melalui proses pengunduhan di Google Play Store. Dimana dengan berbekal layanan yang diberikan oleh aplikasi ini membuat pengguna mampu melakukan berbagai macam video conference baik dalam versi gratis maupun berbayar. Berikut tata cara yang bisa dicoba untuk merubah bahasa yang terdapat pada aplikasi Google Meet:

Cara Mengubah Bahasa Yang Ada Di Google Meet Melalui Laptop

Perlu diketahui apabila pengguna ingin melakukan perubahan terkait bahasa yang ada pada aplikasi Google Meet tidak perlu untuk mengubah bahasa pada laptop yang dipakai. Jika masih bingung terkait cara mengubah bahasa di Google Meet memakai perangkat laptop, pengguna bisa mencoba beberapa cara seperti berikut:

  • Langkah pertama pengguna bisa memulai dengan membuka situs resmi Google Meet melalui Google Chrome.
  • Lanjutkan dengan melakukan klik pada bagian ikon Google yang dimiliki, kemudian pilih menu “Kelola Akun Anda”.
  • Berikutnya pengguna bisa membuka menu yang bertuliskan “Data & Personalisasi”, biasanya lokasinya berada di sisi atas.
  • Kemudian pada bagian Preferensi yang umum bagi web, pengguna bisa melakukan pembukaan terhadap menu “Bahasa”.
  • Selanjutnya pengguna bisa memilih tulisan yang berbunyi “Tambahkan Bahasa Lain”.
  • Dari sini pengguna sudah bisa memulai untuk melakukan pencarian bahasa yang hendak dipakai pada Google Meet nantinya.
  • Perlu diperhatikan oleh pengguna bahwa jika bahasa yang dipilih tersebut merupakan bahasa Inggris. Maka pengguna juga harus melakukan pemilihan negara pemakai bahasa Inggris yang bakal dipergunakan. Mengingat setiap negara memiliki kekhasan bahasa masing-masing.
  • Lanjutkan dengan mengklik bagian dengan gambar anak panah yang menuju ke atas guna menjadikan bahasa yang baru saja dipilih jadi bahasa default.
  • Langkah terakhir adalah dengan melakukan kunjungan lagi ke website milik Google Meet untuk tujuan memastikan bahwa perubahan yang dilakukan telah berhasil.

Perlu pengguna ketahui bahwa perubahan bahasa yang dilakukan tersebut juga mengubah bahasa di beberapa aplikasi terkait. Misalnya saja seperti Google Form, kemudian Google Classroom, lalu juga Youtube, serta Gmail dan berbagai macam aplikasi yang memakai layanan dari Google.

Cara Mengubah Bahasa Yang Ada Di Google Meet Melalui Smartphone

Secara umum layanan dari Google Meet dapat diakses baik melalui perangkat laptop maupun perangkat smartphone. Sejumlah pengguna terutama bagi yang baru saja menyelesaikan proses pengunduhan aplikasi ini merasa kebingungan untuk melakukan perubahan bahasa yang ada. Hal ini dikarenakan proses perubahan bahasa tersebut tidak dapat dijalankan secara langsung dari aplikasi terkait.

Maka pengguna bisa melakukan perubahan bahasa tersebut melalui pengaturan yang ada di smartphone. Mengingat untuk bisa mengubah bahasa dalam layanan Google Meet nyatanya tidak hanya bisa dilakukan dengan perangkat laptop seperti sebelumnya saja. Pasalnya cara mengubah bahasa di Google Meet juga mampu dijalankan dengan berbekal perangkat smartphone yang dimiliki. Adapun untuk tahapannya bisa disimak dalam uraian berikut:

1. Mencari Menu Pengaturan Bahasa 

Pertama pengguna bisa membuka menu Settings atau yang biasa disebut dengan pengaturan yang ada di smartphone. Selanjutnya lakukan  pencarian terhadap menu “Pengaturan Bahasa” guna melakukan perubahan bahasa yang terdapat di smartphone.

Khusus bagi yang memakai smartphone dengan merek Samsung. Maka untuk bisa masuk di menu pengaturan bahasa bisa masuk pada bagian menu “Manajemen Umum”. Lalu pengguna bisa memilih menu “Bahasa dan Input”, dan terakhir adalah klik bagian “Bahasa”.

2. Memilih Bahasa Yang Diinginkan

Setelah melakukan beberapa langkah tersebut, pengguna akan diperlihatkan beragam daftar bahasa yang dapat dipilih untuk dipakai dalam smartphone tersebut. Apabila bahasa yang dipilih oleh pengguna untuk bahasa pertama merupakan bahasa Indonesia. Maka Google Meet akan secara otomatis menggunakan bahasa kedua yang ada.

Hal ini karena pihak layanan dari Google Meet belum mendukung untuk jenis bahasa Indonesia. Dengan keadaan yang demikian pengguna dapat melakukan perubahan juga pada bahasa kedua dengan memilih bahasa Inggris. Maupun bahasa lainnya yang diinginkan dan didukung oleh layanan Google Meet.

3. Memilih Menu “Gunakan”

Langkah terakhir adalah dengan menekan menu dengan tulisan “Gunakan” untuk bisa menetapkan pengaturan perubahan bahasa yang baru saja dilakukan. Berdasarkan hal tersebut maka layanan dari Google Meet akan dengan sendirinya mengikuti perubahan bahasa yang telah dijalankan tersebut.

Demikian ulasan mengenai tata cara mengubah bahasa di Google Meet melalui perangkat laptop dan smartphone secara lengkap. Tentunya pengetahuan ini tergolong penting dipahami terutama bagi orang yang sering memakai aplikasi Google Meet untuk menunjang berbagai aktivitas pertemuan. Dengan begitu pengguna juga bisa menyesuaikan bahasa dalam aplikasi yang ada dengan bahasa yang diinginkan.

Related posts