7 Cara Menghemat Listrik Yang Mudah Dilakukan

  • Whatsapp
Cara Menghemat Listrik

Listrik merupakan bagian penting dari kehidupan, namun jika pemakaian terlalu berlebihan maka tagihan listrik pun membengkak. Lalu, bagaimana cara menghemat listrik? tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Penghematan listrik artinya juga melakukan pembatasan pada pemakaian sehari-hari. Salah satunya dengan mengganti daya listrik dengan daya pengisian pulsa. Juga bisa dengan cara lainya, sehingga listrik menjadi lebih hemat saat dipakai.

1. Gunakan Listrik Seperlunya

Bisa dengan memperhatikan pemakaian listrik pada siang hari, jika memang tidak perlu menggunakan lampu sebaiknya segera matikan. Atau seperti penggunaan dispenser tentu sangat membutuhkan daya listrik yang besar. Jika memang tidak begitu digunakan, cobalah untuk tidak menggunakan dispenser.

Penggunaan setrika juga menimbulkan konsumsi listrik yang banyak. Jadi sebaiknya tidak melakukan tindakan berulang saat menyetrika, misalnya menggosok baju hanya satu, besok diulang kembali. Hal ini menjadikan listrik yang terpakai semakin banyak. Penggunaan listrik sesuai yang dibutuhkan akan sangat menghemat pemakaian bulanan.

2. Cabut Colokan Listrik Jika Tidak Digunakan

Terkadang penggunaan listrik tanpa disadari sering sia-sia dan berakibat tagihan membengkak. Bagaimana cara menghemat listrik salah satunya dengan mencabut colokan listrik jika tidak digunakan. Kebiasaan orang-orang saat mencharge HP setelahnya colokan dibiarkan saja tidak dicabut kembali. Padahal arus listrik tetap berjalan, hal ini bisa menjadi penyebab boros listrik jika terus menerus dilakukan.

Misalnya saja penggunaan kipas angin meskipun tidak dipakai tapi colokan tetap menancap. Memang untuk menghemat harus melakukan upaya yang mengubah kebiasaan agar berjalan dengan baik. Tentunya dengan memperhatikan penyabutan colokan yang tidak digunakan, bisa mengurangi daya listrik yang terpakai.

3. Gunakan Lampu LED

Lampu LED merupakan lampu yang dikenal sangat hemat energy dengan kapasitas penyimpanan energy hingga 2000 watt dan bisa bertahan 7-8 jam. Memang dari segi harga tergolong lebih mahal dari lampu biasa, namun dari segi pemanfaatan penggunaan listrik, lampu LED sangat membantu mengurangi konsumsi listrik berlebihan.

Sehingga jika semua lampu diganti dan menggunakan LED maka penghematan konsumsi listrik bisa dilakukan. Lampu ini juga sangat berguna ketika listrik mati, ada yang mampu tetap menyala karena penyimpanan daya tersebut. Sehingga beralih ke lampu LED yang hemat energi akan sangat bermanfaat dalam penghematan listrik.

4. Perhatikan Penggunaan AC

Udara luar saat terasa panas memang sangat mengganggu dan AC menjadi benda penting untuk mendinginkan suhu di ruangan. Namun, jika penggunaannya tidak dikontrol maka AC menyebabkan tagihan listrik membengkak. Saat menyetel AC sebaiknya atur suhu awal sesuai ruangan jangan terlalu dingin, karena AC akan bekerja lebih keras.

Atur timer AC agar AC tidak menyala terus menerus sehingga tidak menimbulkan pemakaian listrik yang semakin boros. Bijak menggunakan AC hanya pada saat akan tidur malam, atau jika udara dingin sebaiknya tidak menggunakan AC. Semakin sering mengurangi pemakaian AC, semakin mampu menghemat listrik.

5. Kontrol Peralatan Listrik Sebelum Tidur

Kebiasaan buruk yang sering terjadi saat akan tidur adalah membiarkan peralatan elektronik tetap menyala. Seperti televisi, radio, mencharge HP, kipas angin, lampu ruangan yang tidak perlu digunakan dan sebagainya. Inilah penyebab tagihan listrik menjadi lebih banyak serta membengkak.

Lalu bagaimana cara menghemat listrik? cobalah untuk melakukan kontrol alat elektronik terlebih dahulu sebelum tidur. Dengan begitu bisa meminimalisir konsumsi listrik yang berlebihan dan menghemat energi. Serta elektronik juga tidak terkena over charge karena sering diberi daya listrik.

6. Cek peralatan Listrik Ketika Akan Bepergian

Saat akan bepergian perhatikan seluruh peralatan listrik yang ada di rumah. Bahkan jika memungkinkan sebaiknya matikan saklar sumber listrik atau cabut semua peralatan listrik yang tidak digunakan. Sehingga meminimalisir pemakaian saat akan ditinggal pergi. Dan juga memberikan rasa aman agar tidak terjadi konsleting listrik.

Tanpa disadari tagihan listrik membengkak dikarenakan efek dari pemakaian alat elektronik yang tidak terkontrol. Maka dibutuhkan pengecekan saat malam hari dan ketika akan pergi. Sehingga konsumsi listrik bisa dikurangi dan bisa menghemat pengeluaran listrik.

7. Perhatikan Penggunaan Kulkas

Kulkas juga merupakan alat elektronik yang penting dan terus menerus digunakan. Cara menghemat listrik dengan penggunaan kulkas yaitu jangan biarkan kulkas kosong. Selain itu, jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas karena bisa berpengaruh pada konsumsi listrik. Bisa juga dengan mengatur suhu pada kulkas di level medium sehingga bisa menghemat energi kulkas tersebut.

Jika belum memiliki kulkas dan akan membeli kulkas maka carilah kulkas dengan watt kecil serta bisa hemat energi. Sehingga konsumsi listrik selama satu bulan bisa diminimalisir penggunaannya.

Dengan adanya beberapa cara menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah. Bisa meminimalisir tagihan listrik bulanan serta tidak mengkonsumsi listrik secara berlebihan. Dan tetaplah bijak dalam menggunakan energi listrik sehingga bisa ikut mengontrol penggunaanya di kehidupan sehari-hari.

Related posts