Begini Cara Mengerjakan Soal di Google Classroom Untuk Sekolah Daring

  • Whatsapp
cara mengerjakan soal di Google Classroom

Kebijakan pemerintah memperpanjang sistem sekolah daring, membuat guru dan siswa harus semakin lekat dengan teknologi. Salah satu perangkat yang umumnya digunakan untuk belajar, mengirim, dan mengumpulkan tugas kelas adalah ‘google classroom’. Meskipun sudah setahun berjalan, namun masih saja ada siswa yang kebingungan dengan cara mengerjakan soal di Google Classroom.

Belajar di Google Classroom

Aplikasi ini marak digunakan sejak pandemi merebak. Google classroom bisa digunakan di PC, laptop, atau diunduh pada smartphone. Pada awalnya memang mengejutkan, karena banyak guru dan siswa yang belum paham dengan penggunaannya. Apalagi untuk tugas yang diberikan, masih banyak siswa yang gagap dengan cara mengerjakan soal di google classroom.

Tugas yang diberikan melalui ruang kelas virtual ini tak kalah banyak dengan di kelas tatap muka. Guru terkadang juga meminta tugas berupa unggahan foto serta video. Tak jarang masalah perangkat lemot pun menjadi kendala. Tak perlu khawatir, mengatasi laptop lemot tanpa bantuan bisa disimak caranya di https://www.gohitzz.com.

Mengerjakan Soal di Google Classroom

Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan nilai baik, setiap siswa tentu harus mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tak perlu khawatir, karena cara mengerjakan soal di google classroom sebenarnya sangat mudah. Para siswa hanya tinggal melakukan satu-dua klik seperti langkah-langkah berikut ini:

1. Bergabung dengan Kelas

Sebelum mengerjakan soal, pastikan siswa sudah terlebih dulu bergabung dengan kelas yang sesuai, dan juga mata pelajaran yang ditentukan. Siswa bisa segera masuk melalui aplikasi google classroom yang sudah diunduh di ponsel, untuk bergabung dengan kelas yang dituju. Klik tanda ‘+’ yang ada di bagian atas, lalu pilih ‘join class’.

Setelah itu, ketikkan kode yang sebelumnya sudah dibuat oleh guru masing-masing mata pelajaran. Jika belum tahu kodenya, siswa bisa menanyakan langsung ke guru mata pelajaran masing-masing, agar bisa segera bergabung dengan kelas, mengikuti pelajaran, dan mengerjakan tugas yang diberikan.

2. Pilih Tugas yang Diberikan

Setelah berhasil masuk ke kelas yang sesuai, pada bagian beranda atau halaman awal kelas, akan tampil ‘new assignment’ jika guru mengirimkan tugas. Siswa dapat langsung mengklik tugas tersebut, dan mengikuti instruksi guru terkait pengerjaan tugas yang diberikan.

Kadang-kadang, guru memberikan tugas dengan berbagai cara. Misalnya, guru meminta siswa untuk menuliskan tugasnya terlebih dahulu di buku, lalu mengunggah fotonya. Atau menulis dalam file ‘word’ dan diunggah ke classroom. Karena memang, untuk soal hitungan dengan rumus seperti matematika, fisika, dan semacamnya, tidak mungkin diketik langsung di google classroom.

3. Menjawab Soal

Setelah masuk ke tugas yang diberikan, silahkan geser ‘your work’ ke bagian atas, lalu pilih ‘Add Attachment’. Pada bagian tersebut, siswa bisa memilih apakah tugas yang akan dikumpulkan berada dalam bentuk file yang disimpan di drive, link, atau file yang sudah tersimpan di PC atau ponsel masing-masing.

Selain itu, ada pula pilihan take photo dan record video, jika pengerjaan tugasnya diminta dalam bentuk unggahan foto atau rekaman video. Selain dengan unggahan file, siswa juga bisa menjawab langsung soal-soal yang diberikan guru, dengan menu ‘create’.

Pada menu tersebut, siswa dapat memilih menjawab menggunakan google doc, sheet, drawing, slide, atau pdf. Ada pula pilihan ‘Add Private Comment’ yang bisa digunakan untuk menjawab uraian singkat, tanpa perlu khawatir akan terlihat oleh seluruh kelas, karena akan langsung terkirim ke guru.

4. Mengumpulkan Jawaban Soal

Setelah tugas-tugas dikerjakan sesuai dengan instruksi guru, klik tombol ‘hand in’ atau ‘serahkan’. Klik sekali lagi jika diminta konfirmasi. Jika tombol ini tidak diklik, maka tugas tidak akan terlihat oleh guru. Demikian halnya pada soal uraian atau pilihan ganda. Pada bagian ini setelah semua jawaban selesai klik ’submit’.

Google classroom sejauh ini memberikan kemudahan kepada guru dan siswa, terutama di masa sekolah daring. Namun demikian, ketika banyak siswa yang tidak paham dengan cara mengerjakan soal di google classroom, tentu hal ini akan berpengaruh pada evaluasi kegiatan belajar secara keseluruhan. 

Related posts