Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Menggunakan Recycle Bin

  • Whatsapp
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Menggunakan Recycle Bin

Pada saat tidak sengaja menghapus file penting yang terdapat dalam laptop, tidak perlu khawatir lagi sekarang. Ada cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah untuk diikuti tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini dijelaskan secara lebih detail untuk membuat pembaca tidak kebingungan lagi terhadap kejadian yang dialami, antara lain:

1. Mencari Ikon Recycle Bin Pada Laptop

Langkah pertama yang bisa dilakukan pada cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan menemukan ikon bawahnya bertuliskan recycle bin. Tidak sulit untuk menaklukkan bagian ini, karena ada beberapa hal yang dapat dicoba. Berawal dari membuka menu start, tulis kata yang dicari pada menu pencarian dan tunggu hasilnya.

Apabila sudah keluar dengan nama yang sama berarti berhasil menemukannya. Ketika langkah ini sulit untuk dilalui, adapun kegiatan lainnya dengan memeriksa bagian desktop pada laptop. Biasanya terdapat ikon-ikon pada halaman utamanya, carilah yang memiliki nama recycle bin dengan teliti agar tidak terlewat. Jika telah ketemu, bisa memasuki tahap selanjutnya.

2. Buka Recycle Bin

Pada waktu menemukan recycle bin pada laptop yang digunakan, bisa terus membukanya agar segera menemukan dokumen yang kehapus. Jangan lupa bahwa buka aplikasi ini sama seperti lainnya jika laptop tidak sedang error. Pertama bisa melakukan penekanan dua kali terhadap mouse sebelah kiri. Kedua, tekan ikonnya dengan mouse sisi kanan, lalu pilih open.

Pastikan sudah benar-benar terbuka tanpa ada pending. Hal ini bertujuan supaya mempercepat proses pencarian nanti, jika masih pembukaan lebih baik ditunggu. Agar semua dokumen yang ada didalamnya dapat terbaca nanti, tanpa ada yang terlewatkan. Jika perangkat yang dipakai cukup lambat, sebaiknya bersabar tanpa memikirkannya.

3. Pilih File yang Terhapus

Apabila sudah terbuka aplikasinya, barulah memilih salah satu file yang dianggap penting dan tak sengaja dihapuskan. Menumpuknya file di sini, karena tidak pernah dilakukan pembersihan. Apalagi jika pengguna kali pertama membukanya, bisa cukup lama mencari dokumen pentingnya tersebut.

Sebenarnya mudah untuk menemukannya, jika ingat tanggal penghapusan dan namanya dengan detail. Setiap hal yang dipindahkan di sini tidak bisa disalin begitu saja. Ada prosedur penyalinan data yang benar, karena sudah dianggap sebagai file sampah yang tidak berguna sebelumnya. Mencari dengan cermat dan teliti agar membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.

4. Tekan Restore untuk Mengembalikan

Setelah melakukan pemilihan dan ditemukan file yang dicari itu kemudian bisa mengembalikannya pada lokasi semula sebelum dibuka. Hal ini karena dokumen tersebut tidak dapat diakses dengan bebas, apalagi melakukan pengeditan jika masih di sini. Jadi butuh dikembalikan dahulu.

Langkah awalnya dengan menekan sisi kanan bagian mouse saat kursor diarahkan pada dokumen yang dibuka. Selanjutnya pilih restore dan tunggu proses yang berlangsung. Jika file sudah tidak ada di recycle bin, maka proses yang dikerjakan sudah selesai serta bisa melakukan pencetakan lebih lanjut.

5. Kunjungi Folder yang Menyimpan File

Apabila telah melalui semua tahapan pada nomor satu sampai empat, berikutnya melaksanakan pemeriksaan keberadaan dokumen tersebut. Mulai dari mengunjungi local disk D dan E atau folder lainnya. Pencarian dilakukan dengan teliti, supaya menemukan file yang awalnya itu dihapus.

Jika sulit untuk ditemukan, lakukan pencarian pada menu ketika membuka halaman PC pertama kali. Ketika sudah direstore pasti akan ketemu dan bisa diolah sebagaimana yang dibutuhkan. Jangan terburu-buru dalam mencari, sebab tumpukkan dokumen yang ada membuatnya terselip dan perasaan tidak sabar bikin semakin sulit ditemukan.

6. Cari File yang Semula Terhapus

Pada saat telah menemukan folder letak filenya, bisa dibuka dan cari file dengan nama dokumen yang sudah di restore. Periksa setiap nama yang ada pada dokumen dalam foldernya sampai menemukan satu file yang dicari. Saat selesai melalui cara mengembalikan file yang terhapus di laptop hingga tahap restore.

Usahakan cermat membacanya, supaya lekas ketemu dan tidak salah file. Peristiwa ini melatih kesabaran serta ketelitian dari orang yang tidak berhati-hati dalam bertindak, supaya kedepannya tidak melakukan kesalahan yang sama. Apabila file sudah ketemu, jangan lupa langsung dicek.

7. Buka dan Pastikan Isinya Masih Utuh

Pentingnya memeriksa dokumen yang sudah dihapus lalu dikembalikan lagi, agar sesuatu yang dicari masih tetap ada serta tak menghilang. Lihat isi file yang ada dengan perlahan guna memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi dan semuanya aman terkendali.

Jika masih utuh tanpa cacat, berarti tidak ada gangguan pada recycle bin serta perangkat yang digunakan. File tersebut posisinya sama dengan lainnya yang tak pernah terhapus, jadi bisa diubah dan disimpan kembali sebagaimana awalnya.

Demikian ringkas pembahasan mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop begitu menginspirasi. Artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi ketika menghadapi situasi serupa, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Berpikir dalam kondisi tenang lebih baik serta bisa menemukan solusinya itu.

Related posts