Sangat Mudah, Ini Cara Mendapatkan Income Dari Youtube Yang Bisa Dilakukan!

  • Whatsapp

Era serba digital dan maraknya teknologi yang ada sekarang ini untuk mendapatkan sebuah penghasilan atau income memang terbilang mudah.  Terlebih ketika mampu memanfaatkan segala teknologi yang ada. Seperti halnya dengan melalui sebuah situs youtube yang memang memiliki banyak pengguna. Ternyata dari aplikasi youtube ini bisa menghasilkan uang dan dalam jumlah yang tidak bisa disangka sebelumnya.  Cara mendapatkan income dari youtube ini juga terbilang sangat mudah. 

Youtube yang mendominasi sebuah tayangan dengan berbagai tema ini dapat menghasilkan uang bahkan hingga ratusan juta.  Terlebih ketika memiliki banyak viewer. Akun yang mampu menjadi trending akan dengan mudah mendapatkan penghasilan ini. Penasaran seperti apa cara untuk mendapatkan income dari sebuah youtube ini,  simak ulasannya berikut!

1. Membuat Sebuah Channel Youtube

Langkah awal cara mendapatkan income dari youtube ini yaitu dengan membuat channel terlebih dahulu.  Untuk bisa membuat channel ini bisa dengan menggunakan akun Google baik untuk mendaftarnya maupun masuk aplikasi Youtube tersebut.  Pikirkan nama yang menarik untuk channel tersebut dan bagaimana konsep dari saluran yang akan dibuat.  

Karakter channel yang unik serta tidak pernah dibayangkan orang sebelumnya akan menjadikan kesempatan mendapatkan uang yang lebih banyak.  Hal tersebut dikarenakan masih sedikit saingan konten yang ada dan akan menarik jumlah pengunjung atau penonton dalam jumlah yang sangat banyak. 

2. Melakukan Monetisasi YouTube

Untuk melakukan hal ini cukup dengan memilih menu dan pilih account information yang biasanya berada di sebelah kanan atas.  Pilihlah creator studio dan memilih channel yang ada pada menu sebelah kiri. Klik status and features dan pilihlah enable monetisation.

3. Menghubungkan YouTube Channel Pada AdSense

Ketika telah melakukan monetisasi pada Youtube channel, perlu dilakukan penghubung kepada Adsense account yang akan menjadi sumber penghasilan.  Menghubungkan account pada AdSense ini nantinya akan ada sebuah fitur youtube analytic yang bisa menjadi tracking penghasilan yang ada. 

Adanya track penghasilan ini hanya bisa terbayarkan ketika telah melengkapi atau mengikuti youtube payment threshold yang telah disediakan.  Pastikan untuk memahami dengan benar kinerja dari AdSense ini agar mendapatkan income dari youtube bisa dilakukan dengan mudah. 

4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi Yang Ada Pada YouTube Channel

Fungsi monetisasi youtube ini bisa dengan mengikuti beberapa aturan seperti halnya Video harus user-friendly atau dalam artian konten yang dilakukan benar-benar karya sendiri. Hindari adanya plagiasi dari internet karena hak tersebut justru tidak akan menghasilkan apapun.  

Ketika telah melakukan monetisasi ini video yang ada juga harus memperhatikan terms of service dan juga community guidelines yang menjadi aturan dari youtube.  Ketika fitur ini telah diaktifkan, beberapa iklan bisa muncul pada video yang ada. 

5. Melakukan Conversion Rate Ke Sebuah Product Page

Ketika memiliki sebuah perusahaan atau produk tertentu,  youtube bisa dijadikan kesempatan saluran untuk meningkatkan conversion rate.  Buatlah sebuah video yang bagus dan juga menarik dengan menonjolkan soft promotion.  Setelah hal tersebut, bisa dengan menyisipkan link produk pada kolom deskripsi youtube video yang dibuatnya.  

Banyak para vlogger yang melakukan hal ini untuk menjual sebuah produk secara halus. Sebagai contoh dengan menyisipkan beberapa produk pada tayangan video tersebut. 

6. Melakukan Penjualan Video Pada Website Penjualan Video

Sebagai contoh dalam channel youtube memiliki sedikit cuplikan video atau dalam artian sebagai sarana menjual video di website komersial.  Di chanel tersebut diupload sebuah teaser dan nantinya mengarahkan penonton untuk membayar versi lengkap jika ingin melihat secara utuh. 

Dengan melakukan hal ini akan bisa mendapatkan penghasilan dari pihak komersial tersebut.  Pastikan untuk memiliki jumlah pengikut dan penonton yang banyak agar peluang mendapatkan income bisa lebih besar.  

7. Dengan Menarik Sponsorship

Cara mendapatkan income dari youtube yang lainnya yaitu dengan menarik sponsorship yang ada. Banyak kita lihat bahwa youtuber terkenal hampir semuanya dibubuhi dengan unsur sponsorship dan juga periklanan.  Aspek inilah yang dimanfaatkan oleh mereka untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini lebih dikenal dengan istilah endorse. 

Dengan melakukan kerja sama dengan brand ternama akan menjadikan pendapatan yang lebih besar.  Untuk bisa mencantumkan link produk bisa di dalam kolom deskripsi atau komentar teratas yang diberi pin.  

8. Bergabung dengan Rak Merchandise 

Dengan adanya kesempatan bergabung dalam rak merchandise ini,  maka bisa menjual pernak pernik terkait sebuah brand tertentu.  Dengan syarat telah berusia minimal 18 tahun dan juga memiliki subscriber lebih dari 10 ribu, bisa mengaktifkan fitur ini.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini cukup dengan login pada fitur youtube studio.  Pilihlah menu Monetization yang ada pada tab merchandise sebelah kiri.  Ikutilah beberapa petunjuk yang ditampilkan pada layar.

Dengan mengetahui cara mendapatkan income dari Youtube ini tentunya akan menjadikan kreativitas dan hasil karya mampu dijadikan sumber pendapatan.  Bahkan tidak tanggung-tanggung, jumlah pendapatan yang dimiliki mampu mencapai puluhan hingga ratusan juta. Semakin kreatif dan juga inspiratif, konten video yang ada akan berpeluang menjadikan kesuksesan di era digital ini. 

Related posts