Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah yang Mudah Dilakukan

  • Whatsapp
Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Biasanya anak yang masih bersekolah belum punya pendapatan atau penghasilan untuk diri sendiri. Untuk mendapatkan uang bisa dengan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan sehingga uang tersebut bisa dikumpulkan dan menjadi tabungan untuk masa depan.

Inilah hal mudah yang dilakukan oleh anak sekolah dalam mengumpulkan tabungan. Jadi meskipun belum menghasilkan pendapatan sendiri tetap bisa mengumpulkan uang dan memiliki tabungan pribadi.

1. Mulai dari Nominal Kecil

Buat anak sekolah mendengar istilah lama-lama menjadi bukit tentu tidak asing lagi. Kalimat tersebut seakan memberikan sebuah petunjuk, bahwa memang dari hal kecil bisa menjadi sesuatu yang besar. Sama seperti menabung, bisa diawali dengan nominal kecil yang lama kelamaan jika dikumpulkan, nominal tersebut jadi semakin besar.

Dengan melakukan hal kecil secara rutin setiap hari, maka dalam satu bulan bisa menghasilkan tabungan yang banyak. Nominal kecil akan menjadi besar dan lebih besar lagi jika konsisten menjalaninya. Kunci dari sebuah keberhasilan menabung yaitu niat serta rutin melakukannya. Maka akan menuai hasilnya mendapatkan tabungan yang sangat banyak.

2. Batasi Pola Hidup Konsumtif

Salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yaitu dengan membatasi diri dan keluarga pada pola hidup konsumtif. Misalnya mengurangi uang jajan, tidak membeli makanan di luar sehingga uang yang ada benar-benar dimanfaatkan untuk hal yang penting.

Memang tidak mudah untuk membatasi diri tidak konsumtif, namun jika dilakukan dengan niat besar maka bisa melakukannya. Daripada uang yang didapatkan terbuang percuma hanya karena membeli barang tidak begitu penting, sebaiknya ditabung saja. Jadi impian memiliki banyak tabungan bisa terwujud dengan mudah.

3. Membawa Bekal Sendiri

Sering dapat uang saku untuk membeli sesuatu atau beli jajanan kesukaan, maka cobalah untuk berhemat dengan bekal. Membawa bekal sendiri akan lebih sehat dan bisa menyisihkan uang saku lebih efektif. Sehingga bisa menabung dan tidak membutuhkan jajanan di luar karena sudah ada bekal yang dibawa.

Bayangkan saja jika uang saku yang ada sebesar 10 ribu rupiah atau lebih dan menahan untuk tidak jajan. Maka dalam satu bulan bisa mengumpulkan lebih banyak uang dan bisa jadi tabungan yang lebih banyak lagi. Jadi jika dikalikan sebulan kemudian terkumpul bertahun-tahun, akan mendapatkan banyak simpanan yang sangat berguna untuk masa depan.

4. Membagi Uang Sesuai Kebutuhan

Lakukan perencanaan yang baik saat mempunyai jatah uang, misalnya dengan membuat skala prioritas. Yaitu membuat urutan mana yang penting atau tidak saat membeli sesuatu. Sehingga uang yang ada bisa dihitung dan tidak semuanya digunakan. Melakukan penyisihan uang artinya menabung untuk masa depan.

Saat akan membeli sesuatu harus berpikir apakah barang tersebut sudah sangat mendesak dibutuhkan atau tidak. Jika iya, maka carilah barang yang sama dengan harga lebih murah. Hal ini juga bisa menghemat budget sehingga uang bisa dibagi ke tempat lainnya dengan menyesuaikan kebutuhan mendesak atau tidak.

5. Menabung Resmi Atau Lewat Guru dan Orangtua

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah bisa melalui tabungan resmi dari pihak bank. Atau bisa juga dengan melalui guru lewat tabungan sekolah, bisa juga dititipkan ke Orangtua. Banyak cara menitipkan uang untuk menabung agar hasilnya semakin banyak dan berguna untuk masa depan.

Jika disimpan via bank, tabungan juga mendapatkan bunga dari bank. Jika dititipkan ke guru atau orangtua pun uang tabungan akan lebih aman dibandingkan disimpan sendiri. Saat menyimpan secara mandiri uang yang dimiliki biasanya tidak efektif karena saat butuh akan mengambil uang tabungan tersebut.

6. Bawa Air Minum Secara Pribadi Saat Bepergian

Hal ini penting sekali dilakukan saat bepergian, karena air minum merupakan hal penting dibawa agar melegakan tenggorokan. Jika saat bepergian tidak membawa air minum secara pribadi, maka harus mendapatkan air mineral dengan cara membeli. Tentu hal ini membuat keuangan jadi berkurang hanya karena pembelian air mineral.

Dengan persiapan yang baik dan membawa minum sendiri bisa lebih banyak menghemat. Jadi uang tidak digunakan dan bisa ditabung sebagai tambahan. Apalagi jika hal tersebut bisa dilakukan setiap hari, tentu akan menyisihkan banyak uang dalam satu minggu. Bahkan bisa dilakukan selama berbulan-bulan untuk menyimpan uang tabungan dari tidak membeli air mineral.

7. Cobalah Memiliki Penghasilan dari Kerja Sampingan

Sebagai orang yang ingin memiliki uang di masa depan dengan menabung, maka melakukan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah bisa dilakukan. Yaitu dengan berupaya mempunyai pekerjaan sampingan sehingga bisa menghasilkan uang untuk ditabung.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di sela waktu luang, bisa dengan membuat karya dan menjualnya. Menjual hasil makanan yang dibuat orang tua, membuka jasa pesan antar dan sebagainya. Dengan mendapatkan keuntungan dari yang dijual tersebut bisa menyisihkan uang untuk menambah tabungan.

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah bisa dilakukan dengan mudah karena hal tersebut bisa mempersiapkan masa depan. Dan uang tabungan bisa digunakan untuk berbagai macam hal penting lainnya, maka menabung bisa dilakukan rutin dan konsisten. Sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal serta bermanfaat di masa yang akan datang.

Related posts