Cara Memelihara Kucing Anggora Tepat Supaya Kucing Sehat!

  • Whatsapp
Cara Memelihara Kucing Anggora

Kucing masih menjadi peliharaan yang digemari oleh masyarakat, dan anggora merupakan salah satu jenis yang tersohor. Meskipun jenis ini memiliki harga yang tidak bisa dibilang murah, namun tetap saja masih banyak yang ingin menjadikan kucing ini sebagai binatang peliharaan. Apalagi cara memelihara kucing anggora bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Namun bukan berarti dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi kucing terkenal sebagai binatang yang sensitif. Jadi kalau salah sedikit saja pemeliharaannya, maka kemungkinan kucing akan mengalami stress. Terutama untuk kucing jenis anggora ini, harus berhati-hati dalam pemeliharaannya jangan asal dan harus selalu diawasi.

Cara Memelihara Kucing Anggora

Seperti yang tadi dikatakan kalau cara memelihara kucing anggora ini bukanlah sesuatu yang sukar untuk dilakukan. Tapi memang ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Kucing ini harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang. Jadi kalau memelihara hewan ini haruslah sudah berkomitmen sedari awal, jangan hanya sekedar ikut-ikutan saja.

1. Memberikan Kasih Sayang yang Berlebih

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau kucing ini termasuk yang memiliki perasaan peka dan sensitif. Apalagi jenis anggora seperti ini, perasaannya akan jauh lebih peka jika dibandingkan dengan kucing pada umumnya. Oleh karena itu salah satu cara memelihara kucing anggora adalah dengan curahan kasih sayang yang berlebih. Dengan begini kucing akan terhindar dari stress.

2. Perhatikan Kesehatan Bulunya

Kucing ini tersohor dengan keindahan bulu yang dimilikinya. Oleh karena itu hal yang pertama perlu diperhatikan adalah keindahan bulunya. Sisir dengan hati-hati secara berkala paling sedikit satu kali dalam satu minggu, atau dua kali. Pakailah sisir yang memang sesuai dan lakukan secara perlahan dan juga berhati-hati supaya tidak menyakiti kucingnya.

3. Memberi Makanan yang Bergizi

Makanan juga menjadi faktor penting yang dapat memastikan tumbuh kembang kucing berjalan dengan baik. Dalam hal ini pastikan kalau makanan yang diberikan hanya makanan bergizi. Selanjutnya sesuaikan juga tekstur makanan dengan usia kucing. Karena biasanya kalau untuk kucing new born tekstur makanannya jauh lebih lembut dibandingkan dengan kucing dewasa.

4. Memotong Kuku Rutin

Selain bulu bagian tubuh kucing lainnya yang juga harus dirawat adalah kukunya. Jangan sampai kukunya dibiarkan terlalu panjang. Karena selain tidak bersih, kuku yang terlalu panjang juga dikhawatirkan bisa melukai dirinya sendiri. Oleh sebab itu pastikan untuk rutin memotong kukunya. Apabila tidak berani melakukan sendiri, maka bisa membawanya ke Vet untuk penanganan.

5. Memperhatikan Kebersihan Telinganya

Lalu telinga kucing juga harus dibersihkan secara berkala. Meskipun pada kenyataannya kucing dapat membersihkan sendiri telinganya. Namun supaya lebih bersih ada baiknya untuk membantu dalam hal pembersihannya. Bersihkan saja bagian luar, dan jangan sesekali menyentuh bagian dalamnya apabila bukan ahli. Karena bisa saja hal itu justru melukai kucing dan membuat kucing tidak nyaman.

6. Jangan Malas Memandikan

Bukan rahasia umum kalau kucing dengan air akan sangat sulit untuk bersahabat. Oleh karena itu terkadang kucing jadi sulit untuk dibersihkan. Meskipun begitu ini bukan alasan untuk tidak memandikan kucing. Karena meskipun hewan ini dapat membersihkan badannya sendiri, namun tetap saja mandi dibutuhkan untuk mendapatkan kebersihan yang lebih maksimal.

7. Memberikan Mainan untuk Menghibur

Mood kucing itu seperti manusia, terkadang sangat sulit ditebak. Jadi demi menjaga kesehatan moodnya ada baiknya untuk memberikan mainan yang dapat menghibur kucing. Biasanya bola sulaman benang merupakan salah satu mainan favoritnya. Sebelum memberikan mainan ini perhatikan dulu beberapa hal seperti usia kucing, alerginya, dan beberapa faktor lain terkait dengan kesehatannya.

8. Menyediakan Kandang yang Layak

Terakhir adalah menyediakan kandang kucing yang sesuai. Misalnya untuk kucing yang baru lahir berikanlah kandang dengan bantalan yang lembut dan suhu yang hangat. Lalu untuk kucing yang badannya besar berikanlah kandang dengan ukuran yang sesuai. Ini merupakan salah satu cara memelihara kucing anggora yang sangat penting untuk diperhatikan, karena ini merupakan tempat tinggal kucing.

Jangan Sampai Salah dalam Melakukan Pemeliharaan

Dalam melakukan pemeliharaan kucing ini seperti yang sudah dikatakan sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar. Jangan sampai karena kesalahan pemeliharaan yang dilakukan, justru membuatnya celaka. Beberapa diantaranya seperti terlalu sering membawa kucing keluar, tanpa memperhatikan mood yang dimiliki oleh kucing.

Karena kalau terlalu sering untuk mengajaknya keluar, maka hewan ini rentan mengalami stress. Selain itu pada cara memelihara kucing anggora di atas disebutkan tentang kadang. Berikan kandang tidak hanya ukurannya saja yang layak, tapi juga kebersihannya. Karena kalau kandangnya kotor, maka bisa menyebabkan kucing menjadi tidak nyaman dan akhirnya justru kucing menjadi stress.

Memang seperti yang dikatakan sebelumnya kalau cara memelihara kucing anggora ini bukanlah sesuatu yang sukar untuk dilakukan. Tapi bukan berarti dapat dilakukan secara asal juga. Perhatikan beberapa hal, dan pastikan untuk selalu menjaga moodnya. Karena mood merupakan salah satu kunci pentingnya.

Related posts