Cara Membuat NPWP Usaha Dagang dengan Beberapa Metode

  • Whatsapp

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang dinamai NPWP adalah suatu bentuk alat yang digunakan untuk transaksi perpajakan. Jika seseorang sudah wajib membayar pajak, maka harus mendaftarkan nomor ini, termasuk untuk orang yang memiliki usaha dagang. Cara membuat NPWP usaha dagang bisa dilakukan dengan dua metode berbeda.

Pertama bisa dilakukan secara online, dan yang kedua bisa secara offline. Dua cara ini pasti memiliki langkah yang berbeda-beda. Maka dari itu harus diketahui setiap detailnya dengan baik agar bisa dipraktikkan. Berikut adalah uraian mengenai dua metode pembuatan NPWP yang sudah dirangkum dengan baik:

Metode Pembuatan Secara Online

Jika ingin membuat NPWP secara online, maka ada beberapa langkah yang harus dipraktikkan. Agar prosesnya bisa berjalan dengan baik, maka setiap langkah harus diaplikasikan secara sistematis. Mulai dari kelengkapan persyaratan, hingga NPWP-nya terbuat. Jika semua sudah diaplikasikan dengan benar, maka kendala tidak akan ditemukan. Berikut adalah beberapa uraian langkahnya:

1. Lengkapi persyaratan yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Ada tiga jenis perusahaan yang termasuk dalam usaha dagang. Namun setiap jenisnya memiliki persyaratan yang hampir sama. Mulai dari identitas diri, akta pendirian usaha, surat pernyataan kegiatan, dan beberapa syarat lain yang mungkin dibutuhkan.

Jika usaha dagang yang dilakukan dalam bentuk kerja sama, maka harus menyertakan perjanjian kerja sama. Selain itu, diperlukan juga NPWP dari masing-masing anggota yang bekerja sama. Semua hal ini harus dilengkapi agar proses pembuatan bisa dilakukan dengan lancar tanpa harus mengulang proses karena suratnya tidak lengkap.

2. Membuat Akun

Setelah proses melengkapi berkas selesai, maka cara membuat NPWP usaha dagang bisa dilanjutkan dengan membuat akun di Ereg Pajak. Caranya mudah, pengguna hanya perlu masuk ke halaman http://ereg.pajak.go.id/daftar. Dengan masuk ke halaman ini, maka proses pendaftaran dan pembuatan bisa dilakukan.

Setelah masuk ke halaman tersebut, maka pengguna harus memasukkan alamat email yang masih bisa digunakan. Kemudian masukkan kode keamanan yang sudah diberikan oleh sistem. Terakhir, pencet tombol daftar di bagian bawah yang sudah disediakan oleh halaman Ereg Pajak tersebut agar bisa dimanfaatkan.

3. Tunggu Notifikasi

Jika sudah memencet tombol daftar, maka tunggu beberapa waktu hingga sistem mengecek data. Bila pendaftaran sudah berhasil, maka akan diberikan notifikasi pemberitahuan jika proses pendaftaran email-nya sudah selesai. Jika jaringan internet tidak terlalu lancar, maka proses ini membutuhkan beberapa waktu.

4. Aktivasi Ereg Pajak

Apabila sudah mendapat notifikasi, maka akun harus di aktivasi. Cara aktivasi yang dibutuhkan adalah dengan mengecek email pribadi. Jika ada email masuk dari Ditjen pajak, maka buka dan baca isi pesannya. Kemudian pencet link yang sudah tersedia dalam pesan untuk memulai proses aktivasi akun yang sudah dibuat.

5. Lengkapi Formulirnya

Jika sudah melakukan aktivasi, masuk lagi ke halaman utama Ereg Pajak dan isi formulir yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memiliki NPWP badan untuk karena NPWP yang dibutuhkan adalah untuk usaha dagang. Kemudian isi juga identitas dan berbagai hal lain. Setelah itu pencet tombol “Daftar” yang sudah tersedia.

6. Tunggu Persetujuan

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menunggu persetujuan. Jika disetujui, maka NPWP akan selesai dan dikirim antara 3 sampai dengan 14 hari. Namun jika ditolak, maka data yang dimasukkan dalam formulir harus dibenahi terlebih dahulu agar bisa diunggah ulang untuk pendaftaran baru.

Cara Pembuatan Offline

Jika merasa kesulitan untuk melakukan pembuatan NPWP secara online, maka cara offline bisa diterapkan. Langkah ini juga bisa dilakukan jika berada dekat dengan kantor yang menyediakan formulirnya. Namun, jika mengaplikasikan cara membuat NPWP usaha dagang ini maka harus siap antre di kantor terdekat.

Karena kantor pembuatan NPWP termasuk yang ramai dikunjungi, jadi pastikan datang lebih cepat. Pastikan juga sudah menyiapkan semua syarat yang dibutuhkan agar saat ditanya sudah ada yang perlu diserahkan. Kalau belum siap, bisa jadi harus kembali untuk mengambil berkas dan antre ulang. Berikut adalah beberapa langkah pembuatannya

1. Datangi Kantor Pajak

Jika ingin membuat NPWP, maka bisa langsung mendatangi kantor pajak di wilayah terdekat. Saat sudah antre dan sudah dipanggil, maka akan diberikan formulir yang harus diisi. Kemudian semua persyaratannya akan diminta untuk diserahkan. Jika sudah, maka bisa ditunggu atau ditinggal jika belum selesai dibuat.

2. Mendatangi Kantor Pos atau Kantor Ekspedisi

Apabila sedang berada di wilayah yang jauh dari kantor pajak, maka ada alternatif lainnya. Yaitu mendatangi kantor pos atau kantor ekspedisi terdekat. Setelah mendatangi kantornya, maka akan ada formulir yang harus diisi. Kemudian kirim ke kantor pajak beserta dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk prosesnya.

Semua cara membuat NPWP usaha dagang di atas bisa diaplikasikan dengan baik sesuai dengan langkah sistematis. Jika setiap langkah diikuti dengan baik, maka tidak akan ada kendala berarti yang terjadi. Pastikan juga untuk memenuhi setiap persyaratannya. Karena jika ada yang kurang, maka akan menghambat proses yang dibutuhkan.

Related posts