cara-membuat-dompet-handphone-dari-kain-bekas-2

Cara Membuat Dompet Handphone DIY Sederhana dari Kain Bekas

Punya waktu luang sebanyak 30 menit? Dengan bahan kain bekas atau kain sisa dan sedikit bahan-bahan lainnya, kamu bisa punya dompet handphone yang lucu dan unik loh. Dompet handphone ini bisa berfungsi sebagai kantong customized untuk melindungi gadget kesayanganmu di dalam tas. Untuk memudahkan pengambilan, ada cantolan atau gantungan yang bisa kamu jepitkan di bagian resleting di dalam tas.

Kita juga punya banyak ide DIY lain yang bisa kalian simak dan praktikkan loh!
Penasaran dengan cara membuatnya? Simak tutorial singkat berikut:

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Gantungan kunci atau cantolan/hook. Umumnya bisa didapat di toko kerajinan tangan.
  • Sisa kain bekas yang sudah tidak dipakai. Pilih dalam motif yang sesuai seleramu.
  • Sedikit kain staplek alias sejenis kain keras yang juga tersedia di toko kerajinan tangan
  • Gunting dan setrika.
  • Benang dan jarum.

Cara Membuat:

cara-membuat-dompet-handphone-dari-kain-bekas-3

1. Ukur panjang dan lebar handphone yang kamu pakai. Kalau kamu menggunakan casing luar untuk handphone itu, ukur keseluruhan badan casing supaya nanti akan muat ke dalam dompet handphone.

2. Ukuran kain sisa yang kamu butuhkan adalah dua kali lebih besar dari ukuran handphone secara keseluruhan ditambah dengan sekitar 5-7 cm. Kelebihan itu nantinya akan menjadi bagian sisi kiri dan kanan dari dompet handphone tersebut. Gunting kain sesuai ukuran yang dibutuhkan. Contoh: Untuk iPhone 6s, panjangnya adalah 16 cm dan lebar 8 cm. Jadi kamu butuh kain sisa dengan ukuran sekitar 37cm x 21cm.

3. Gunting kain staplek menggunakan ukuran kain sisa yang sudah kamu buat sebelumnya. Cara menggabungkan kain staplek dengan kain biasa adalah dengan menggunakan setrika. Panaskan setrika lalu tempelkan kain sisa diatas kain staplek, lalu digosok.

4. Kamu akan mendapatkan sepotong kain sisa berbentuk persegi panjang. Lipat jadi dua bagian lalu setrika sekali lagi untuk “mengempiskan” penampilan dompet sekaligus merekatkan.

cara-membuat-dompet-handphone-dari-kain-bekas-1

5. Jahit salah satu bagian ujung sebagai bagian bawah dari dompet. Lalu lipat dua ke arah atas dan sisakan beberapa cm.

6. Jahit kedua sisi kiri dan kanan dompet sehingga bisa menjadi kantong untuk handphone.

7. Sebagai tambahan tempat cantolan kunci, gunting kain sisa sekitar 10×5 cm. Lipat menjadi dua dan jahitkan ke bagian atas dompet sebagai tempat untuk memasukkan ring gantungan kunci.

Nah, dompet handphone dari kain sisa berkat ketrampilan tanganmu pun sudah siap menemani aktivitasmu. Selain ampuh untuk memberikan perlindungan pada handphone, desain dan bentuknya yang unik tentu berbeda dengan dompet handphone yang dijual di pasaran.


Sumber: Crazy Little Projects: http://crazylittleprojects.com/2015/03/simple-phone-wallet-tutorial.html

Bagikan artikel ini http://blog.qlapa.com/csmi

Artikel Lainnya