Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Menarik

  • Whatsapp

CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup dan informasi diri yang akan dicantumkan saat melamar pekerjaan. Dengan melihat CV dari pelamar kerja maka perusahaan akan mengetahui informasi pelamar dengan jelas. Membuat CV bukanlah hal yang mudah dan bukan hal yang sulit. Untuk mengetahui cara membuat CV lamaran kerja yang menarik simak informasi di bawah.

Kenapa CV Harus Menarik?

Banyak pelamar yang melamar di perusahaan untuk posisi yang kosong dengan mencantumkan CV di lamaran kerjanya. CV sangat penting dan dibutuhkan oleh perusahaan, maka dari itu pelamar harus membuat CV yang menarik. HRD tidak akan membaca semua CV pelamar namun hanya melihat sekilas dan CV yang menarik akan mendapatkan perhatian lebih.

Kata – kata menarik saat membuat CV diperlukan sebagai kesan pertama yang baik ketika HRD membacanya. Hal ini memperlihatkan kepada HRD bahwa pelamar orang yang memiliki attitude yang baik. Jika pelamar hanya membuat CV tanpa melihat contohnya sudah pasti CV tersebut amburadul dan tidak menarik untuk HRD melanjutkan membacanya. Untuk itu ketahui cara membuat CV lamaran kerja yang menarik.

Dari CV yang diberikan akan memperlihatkan kepribadian pelamar seperti apa dan apa saja kelebihannya. Dengan melihat CV pelamar HRD akan mengetahui kemampuan pelamar dalam posisi yang dilamarnya. Dalam CV pelamar dapat menonjolkan kelebihan namun jangan berlebihan yang akan menjadikan boomerang terhadap pelamar.

Membuat CV yang menarik akan dipandang HRD sebagai orang yang tertata. Karena CV yang dibuatnya memiliki tata yang baik dalam meletakkan kategori kata yang cocok. HRD akan memandang hal ini sehingga memperlihatkan bahwa pelamar adalah orang yang rapi dan kreatif dalam melakukan kegiatan. Selain itu dari CV yang dibuat pelamar dapat memperlihatkan profesionalitas hal ini membuat HRD tertarik membacanya.

Tips Membuat CV Yang Menarik

CV adalah file penting yang harus diperlihatkan ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Dengan CV memperlihatkan karakter pelamar seperti apa. Karena sebuah tulisan adalah ilustrasi kepribadian seseorang yang baik atau buruk. Untuk pelamar kerja harus mengetahui cara membuat CV lamaran kerja yang menarik agar dilirik perusahaan.

1. Melakukan Job Research

Pertama yang harus dilakukan oleh pelamar kerja adalah meneliti pekerjaan yang sedang membuka lowongan. Dengan meneliti lowongan pekerjaan maka pelamar akan mengetahui persyaratan apa saja yang harus dimiliki pelamar. Apakah pendidikan pelamar sesuai atau adakah pengalaman yang dibutuhkan perusahaan. Sebelum membuat CV hal ini harus diperhatikan agar CV dapat dibuat dengan semenarik mungkin.

2. Ketahui Dengan Baik Daftar Riwayat Hidup

Ketahui dengan baik daftar riwayat hidup adalah cara membuat CV lamaran kerja yang menarik. Membuat CV harus memberikan informasi yang sesuai kenyataan dan pernah dijalani oleh pelamar. Ketahui daftar riwayat hidup dengan baik agar bisa mengisi CV sesuai urutan. Jika acak akan membuat HRD bingung dan menunjukkan bahwa pelamar tidak jelas. Hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah identitas diri, pendidikan, skill, pengalaman, pelatihan terbaru, dan hal lainnya tentang pelamar.

3. Mulai Membuat CV

Dalam membuat CV membutuhkan persiapan sebelumnya untuk melanjutkan pembuatannya maka pelamar sudah melihat berbagai contoh CV. Dengan melihat contoh bukan berarti pelamar harus mengikuti dengan sama persis. Buatlah semenarik mungkin mulai dari kata-kata dan desain yang tidak biasa dan juga tidak terlalu mencolok. Gunakan tema singkat, padat, dan jelas dalam CV yang akan dibuat.

4. Review CV Yang Telah Dibuat

Sebelum pelamar memasukkan CV yang telah dibuat ada baiknya melakukan review untuk melihat kesalahan yang ada. Kesalahan kecil yang ada akan memiliki pengaruh besar saat dibaca oleh HRD. Pastikan bahasa yang digunakan pada CV harus baku dan jelas agar mudah dipahami oleh yang membaca. Kesalahan dalam penulisan dapat dikoreksi terlebih dahulu sehingga CV menjadi perfect ketika dibaca HRD.

5. Menganalisa CV Yang Telah Dibuat

Tempatkan diri sebagai HRD yang sedang membaca CV tersebut, apakah Cv tersebut layak dan ada kekurangannya. Jika ada tandai terlebih dahulu dan lanjut menganalisis hal lainnya dengan baik. Dalam menganalisis CV yang ada maka pelamar harus konsisten jika salah maka salahkan jika benar ya benar. Jika tidak berhasil seorang diri, maka minta bantuan teman untuk melihat CV dan pelajari lagi kesalahannya hingga menghasilkan CV yang baik.

Itulah cara membuat CV lamaran kerja yang menarik agar dilirik perusahaan. Karena CV yang diterima perusahaan tidak semuanya dibaca secara detail, namun CV yang menarik akan dibaca secara lengkap. Membuat CV yang bagus adalah hal yang mudah dan juga hal yang sulit, sebagai pelamar harus mempelajari pembuatan CV yang benar. Sering membuat CV akan mengurangi kesalahan dan lancar dalam menata CV yang menarik.

Related posts