Cara Membuat Barcode Maps di Ponsel dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Membuat Barcode Maps

Seseorang yang hendak menyelenggarakan pesta harus menyebarkan surat undangannya. Dalam surat undangan tersebut harus dilampirkan juga lokasi pestanya agar para undangan tidak tersasar. Kini, cara membagikan lokasi tersebut lebih mudah dengan menggunakan barcode maps. Maka dari itu, pentingnya mengetahui cara membuat barcode maps sendiri. 

Sekilas Mengenai Barcode Maps

Barcode maps merupakan kode QR yang berisi kode dan sandi untuk menunjukkan suatu lokasi. Fungsi dari barcode ini menggantikan denah lokasi Penggunaannya perlu melakukan scan pada barcode tersebut dari ponsel pribadinya agar mengetahui lokasi tersebut. 

Tampilan barcode hanya berisi kode berwarna hitam. Namun, barcode dapat di scan menggunakan aplikasi scan khusus dan otomatis barcode tersebut menunjukan lokasi tujuannya. Penggunanya ditunjukan jalan menuju lokasi yang dituju.. 

Dahulu berbeda, seseorang hanya menerima denah bila mendapat undangan pada tempat berbeda atau belum diketahui oleh penerima undangan. Bahkan, tidak jarang penerima undangan sering tersesat karena denah lokasi tersebut cukup membingungkan. Adanya barcode maps adalah solusi yang tepat karena dapat menunjukan jalan lebih  akurat. 

Kecanggihan teknologi membuat informasi mudah didapat oleh setiap orang dan lebih cepat menyebarkannya. Termasuk membagikan informasi alamat melalui barcode tersebut. Barcode bisa diperbanyak lalu dilampirkan bersama undangan tersebut sehingga membuat penerima undangan lebih cepat dan akurat mendapatkan informasi alamat.

Tahapan Barcode Maps Dibuat

Barcode maps kini bisa dibuat oleh setiap orang sendiri. Maka, seharusnya langkah-langkahnya diketahui. Informasi lokasi yang dibagikan lebih akurat bila membuatnya sendiri. khususnya untuk dibagikan pada undangan. Berikut cara pembuatannya penting diketahui, antara lain:

1. Barcode Generator Bisa Diunduh di Playstore

Gunakanlah perangkat lunak khusus membuat barcode tersebut dari Playstore, yang harus dilakukan agar cara membuat barcode maps lebih mudah. Perangkat lunak tersebut adalah Barcode generator. Ketikan barcode generator pada kolom pencarian Google Play Store. 

Google Play Store akan menampilkan ikon barcode generator, dan pilihan untuk install aplikasi. Maka, pilihlah tombol install dan tunggu proses pengunduhan hingga beberapa menit. Kecepatan proses install tergantung pada kekuatan sinyal internet yang tersedia. Semakin kuat sinyal tersebut maka proses install akan semakin cepat.   

2. Temukan Lokasi akan Dibagikan Melalui Google Maps

Barcode generator sudah diinstal sempurna ditandai ikon terdapat pada layar HP. Bila ikon tersebut muncul pada tampilan layar, maka aplikasinya bisa digunakan. Selanjutnya bukalah layanan peta Google yang biasa disebut Google maps sebagai cara membuat barcode maps yang praktis, karena barcode tersebut lebih mudah menunjukan jalan menuju lokasi. 

Pembuatan barcode didukung aplikasi penunjang yaitu Google maps karena akurasinya tinggi. Bahkan, dapat menunjukan lokasi pengguna sendiri pada saat itu. Lokasi yang akan dibagikan bisa diatur dengan menggunakan titik koordinat terdapat pada Google maps tersebut. 

3. Atur Lokasi Menggunakan Pinpoint

Pinpoint mengatur koordinat lokasi terdapat pada Google maps. Maka, cara membuat barcode maps harus menentukan koordinat Google maps dengan klik pinpoint pada peta lokasi di peta yang ditampilkan oleh Google maps tersebut. 

Pastikan, pengguna telah mengetik jalan yang tepat karena kesalahan dalam menuliskan alamat akan menghasilkan data tidak akurat karena tingkat akurasi pinpoint tinggi. Kesalahan sekecil apapun dalam menuliskan alamat dapat membuat pinpoint bergeser sehingga menghasilkan data yang tidak akurat.  

4. Klik Ikon Share

Selangkah lagi proses pembuatan barcode maps selesai, bila pinpoint telah ditentukan. Langkah selanjutnya yaitu klik ikon share yang terdapat pada pojok kiri atas dalam tiga titik. Ikon share tersebut lokasi lebih mudah dibagikan untuk penerima informasi tersebut. 

Dengan  klik ikon share, maka barcode bisa dibuat compact dan praktis untuk dibagikan pada semua kontak melalui nomor WA agar lebih praktis. Cara ini juga lebih praktis karena barcode tidak perlu dicetak. Link yang dibagikan tersebut bisa menjadi solusi untuk membagikan undangan virtual.  

5. Barcode Generator Harus Dipilih

Cara membuat barcode maps selanjutnya harus memilih barcode generator bila tempat yang dimaksud telah dibuat . Aplikasi ini dapat membuat alamat yang dibuat sebelumnya diubah sebagai kode batang sehingga lebih praktis menunjukan lokasinya melalui kode

Tampilan lokasi hanya berupa kode segi empat yang tidak bisa diketahui bila tidak dilakukan scan terlebih dahulu. Namun, kode tersebut lebih akurat bila penggunanya melakukan scanning pada kode tersebut karena nantinya akan menampilkan titik lokasi serta jalannya lebih akurat. 

6. Simpan Barcode pada Perangkat

Sebelum barcode dicetak dan diperbanyak, sebaiknya disimpan terlebih dahulu pada perangkatnya. Barcode sebagai pelengkap undangan, saat ini banyak digunakan karena tingkat akurasinya mencari tempat lebih baik dibandingkan denah lokasi. Itulah sebabnya, sebaiknya menggunakan barcode dan harus tahu cara membuat barcode maps tersebut.

Pembuat denah tersebut harus menyimpannya agar sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dicetak langsung. Penyimpanannya pun cukup mudah, yaitu dengan klik tombol save pada aplikasi barcode generator lalu otomatis tersimpan pada perangkat. 

Undangan yang dibagikan oleh seseorang harus melampirkan tempat diselenggarakan acara dengan akurat agar tamu yang diundang tidak tersesat. Dengan demikian, buatlah lokasi pada undangan yang praktis menggunakan barcode, maka cara membuat barcode maps harus diketahui. 

Related posts